Aksesoris Rantai Jangkar

Rantai jangkar sebagai pengikat jangkar ke kapal, tentunya memiliki kedudukan yang sangat penting dalam proses penjangkaran. Panjang rantai jangkar yang dibutuhkan oleh sebuah kapal, tentunya juga sudah ditentukan dengan seksama oleh badan klasifikasi independen yang dipercaya untuk menentukan standarisasi perkapalan internasional.

Berikut adalah istilah dan ukuran dalam kelautan yang perlu diketahui :

  • Fathom adalah unit ukuran yang digunakan dalam Imperial dan US Customary System, yang dipakai khusus untuk mengukur kedalaman.
  • Satu fathom = 1.8288 meter.
  • Panjang rantai sebuah kapal adalah 100-200 fathoms, dikutip dari Imperial (admiralty) System Inggris, dan US Customery System (Navy).
  • Panjang satu length rantai jangkar ditentukan sebesar 15 fathoms, jika dibulatkan menjadi 27.5 meter.
  • Berarti panjang rantai kapal yang dibutuhkan, +/- minimal 7 lengths.

Tapi jika panjang rantai kapal yang dibutuhkan minimal 7 length, dengan panjang per length hanya 27.5 meter, bagaimana caranya agar bisa memenuhi kebutuhan panjang rantai kapal sepanjang minimal 100 fathoms atau 182.88 meter ?

Rantai harus disambung dalam sebuah instalasi.

Dan untuk menyambung rantai jangkar dalam sebuah instalasi, dibuituhkan aksesoris rantai jangkar. Apa saja yang termasuk aksesoris rantai jangkar ?

1. Kenter Shackle

Aksesoris Rantai Jangkar

Adalah aksesoris rantai jangkar, yang berfungsi sebagai penyambung rantai jangkar dengan rantai jangkar. Berbebntuk seperti angka delapan, dan mirip dengan matai rantai jangkar itu sendiri, dengan pin yang bisa dibuka di tengahnya.

2. Joining Shackle

Aksesoris Rantai Jangkar

Adalah aksesoris rantai jangkar, yang berfungsi sebagai penyambung rantai jangkar dengan

Adalah aksesoris rantai jangkar yang berfungsi menyambung rantai jangkar dengan rantai jangkar juga, sama seperti kenter shackle. Meski bentuk berbeda tapi fungsi sama. Pemakai memilih menyambung rantai dengan kenter atau joining, disesuaikan dengan kebiasaan dan bentuk sheave/alurnya pada winch rantai jangkar atau windlassnya .

3. Anchor Shackle

Aksesoris Rantai Jangkar

Adalah aksesoris rantai jangkar yang berfungsi sebagai penyambung rantai jangkar dengan jangkar. Posisinya adalah rantai swievel piece dengan joining atau kenter. Bentuknya mirip dengan joining shackle, hanya dimensi dan ukurannya yang berbeda.

4. Swievel Piece

Aksesoris Rantai Jangkar

Atau disebut juga kili-kili jangkar, merupakan aksesoris rantai jangkar yang tersusun dalam satu set, terdiri dari empat mata rantai berbeda bentuk dan ukuran, serta satu poros berputar, Swievel piece ini memungkinkan rantai jangkar bergerak mengikuti gerakan kapal yang disebabkan oleh gelombang tanpa kusut.

Aksesoris rantai jangkar PT Anugrah Sukses Marine

Aksesoris rantai jangkar PT Anugrah Sukses Marine diimpor langsung dari produsennya di China, dan masuk dengan sertifikat badan klasifikasi Lloyd yang bersifat general, artinya satu sertifikat, mensertifikasi jumlah aksesoris tertentu.

Dan untuk informasi lebih lengkap mengenai aksesoris rantai jangkar, kegunaanya, dan juga sertifikasinya, silahkan hubungi marketing kami di  021 691 9595 atau email kami marketing@asmarines.com

Jakarta, 23 Mei 2017

Disusun oleh: Winny P

Sumber : Wikipedia Fathom, Cable Length, dan materi training ASM