Faktor Kenaikan Harga Tali

harga tali

Harga Tali dengan bahan baku plastik seperti PE (Polyethylene), PP (Polypropylene), dan PVC (Polyvinyl Carbon), dipengaruhi oleh beberapa faktor utama seperti, kenaikan harga bahan baku, fluktuasi kurs dollar, serta supply and demand dunia yang berubah sesuai kondisi dan situasi global.

Faktor pertama dan utama dari kenaikan harga tali di dunia, adalah kenaikan bahan baku plastik seperti Polyproplene, yang bisa dibilang sangat terasa dampaknya sejak bulan desember 2016, meski sebetulnya kecenderungan naik ini sudah dimulai pada tahun 2002 silam. Hal ini disebabkan oleh pengaruh harga minyak dunia yang flukuatif, sementara salah satu bahan pembuat utama unsur plastik, atau bijih plastik adalah minyak mentah. Sehingga fluktuasi harga minyak, pasti akan sangat berdampak pada harga benda yang dibuat dari bijih plastik, salah satunya adalah tali, atau fiber rope.

Tingkat fluktuasi kurs dollar yang cenderung meninggi dibanding dengan tahun 2016, juga memberikan sumbangan yang cukup besar pada angka kenaikan harga tali. Beberapa faktor seperti bencana alam yang terjadi di USA, seperti badai Harvey di Houston misalnya, pun mempengaruhi volume suplai dari beberapa pabrik pemasok bahan baku disana, menyebabkan kelangkaan di pasaran, yang berdampak pada menurunnya angka produksi bahan plastik, dan selanjutnya memicu kelangkaan barang dan kenaikan harga.

Faktor eksternal lain yang juga berdampak pada kenaikan harga tali adalah peraturan pemerintah. Pada pertengahan tahun 2017, pemerintah Republik Rakyat China, telah memberlakukan aturan taat lingkungan yang sangat ketat kepada pabrik-pabrik pemasok bahan baku PP, sehingga berdampak pada kelangkaan pasokan bahan baku yang sekali lagi, memicu kenaikan harga tali.

Seiring dengan kegiatan ekonomi yang meningkat pesat disaat sekarang, permintaan akan produk plastik, khususnya tali, juga akan semakin meningkat. Dengan semua faktor yang sudah disebutkan di atas, bisa disimpulkan, kalau kenaikan harga tali, sebagai salah satu produk plastik yang banyak dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari, adalah hal yang tidak terhindarkan. Satu-satunya tindakan yang bisa diambil sebagai penyeimbang dalam hubungan supply and demand, adalah meningkatkan mutu dalam produksi barang plastik, khususnya tali. Dari segi pengguna tentunya perlu lebih mencermati perkembangan zaman dan lebih selektif dalam memilih produk yang sesuai dengan yang dibutuhkan. Pastikan harga produk plastik khususnya harga tali sesuai dengan mutu yang ditawarkan.

Jakarta, 17 Oktober 2017