Hydrostatic Release Unit / HRU

Inflatable liferats (ILR) seharusnya dilengkapi HRU (Hidrostatic Release Unit). HRU bekerja apabila ILR dikedalaman 4 meter dari permukaan laut, maka pisau yang ada di HRU akan memutuskan ikatan ILR pada kapal, sehingga ILR tersebut muncul ke permukaan laut dan kemudian mengembang dengan sendirinya.

Sekoci atau perahu penyelamat adalah perahu tegar (rigid) atau mengembang (inflatable) yang dirancang untuk menyelamatkan nyawa manusia jika terjadi masalah di laut. Sekoci umumnya merujuk pada kendaraan yang dibawa olehkapal yang lebih besar untuk digunakan oleh penumpang dan awak kapal dalam keadaan darurat.

Inflatable liferats (ILR) Adalah rakit penolong yang dapat dikembangkan pada saat dilempar kelaut secara automatis rakit jenis ini disebut juga sebagai Inflatable liferaft(ILR). Perangkat rakit penolong ini merupakan perangkat keselamatan yang umum digunakan dikapal-kapal modern karena kepraktisan dalam penggunaan, ruang yang terpakai kecil serta mempunyai kapasitas angkut yang besar (ada yang berkapasitas 6, 10, 15, 20 dan 25 orang).

Rakit ini akan muncul kepermukaan laut dalam kondisi terkembang bila berada 4meter dibawah permukaan laut/kapal telah tenggelam. Seperti halnya perahu bermotor Rakit penolong kembung juga dilengkapi dengan makanan dan minuman.

Untuk mengembangkan rakit ini digunakan gas CO2 yang disimpan dalam suatu tabung. Tabung gas ini akan terbuka secara automatis dan mengisi balon/rakit penolong ini bila dilemparkan kedalam air.

Hal yang harus diperhatikan saat membeli Hydrostatic Release Unit adalah material. Kami menjual Hydrostatic Release Unit dengan bahan stainless steel sehingga lebih tahan lama. Selain Hydrostatic Release Unit kami juga menjual alat keselamatan kapal lainnya seperti sekoci / liferaft, life jacket, ring buoy dan masih banyak lagi.