Jenis Webbing Sling

Apa itu webbing sling ?

Apa fungsi dari webbing sling ?

Apa saja jenis webbing sling ?

Pertanyaan tersebut diatas, mungkin seringkali ditanykan oleh mereka yang baru mulai mengenal atau menemui bidang konstruksi dan lifting. Maka penjelasan berikut semoga bisa membantu para pelaku kegiatan lifting, ataupun purchasing yang baru memulai.

Jenis Webbing Sling

Arti kata webbing sling

Webbing sling berasala dari kata webbing dan sling. Webbing berarti jalinan atau anyaman , dan sling adalah alat pengumban, atau bisa juga diartikan sebagai alat angkat. Jadi webbing sling berarti alat angkat yang dibuat dari jalinan atau anyaman serat.

Dan dengan memiliki arti kata webbing sling tersebut, maka kita bisa menarik kesimpulan kalau fungsi dari webbing sling adalah sebagai alat untuk mengangkat , atau lifting.

Untuk pertanyaan selanjutnya, apa jenis webbing sling ?

Berdasarkan bahan pembuatannya, jenis webbing sling terbagi menjadi 2 :

  1. Polyester
  2. Nylon

Jenis webbing sling dengan bahan polyester memiliki sifat :

  • Lebih tahan acid/asam.
  • less stretch atau tidak terlalu lentur (7%) sehingga lebih mudah dikendalikan, terutama saat pengerjaan lifting ditempat sempit.

Sedangkan jenis webbing sling dengan bahan nylon memiliki sifat:

  • Lebih tahan alkali
  • More stretch (10%), lebih lentur, sehingga tahan hentakan.

Jenis webbing sling dengan bahan polyester lebih banyak digunakan di Eropa dan Asia, sedangkan jenis webbing sling dengan bahan nylon lebih banyak digunakan di Amerika.

Meski kedua jenis webbing sling memiliki perbedaan bahan, tetapi diluar sifat yang telah disebutkan sebelumnya, dalam hal fungsi, ketahanan terhadap panas, dan penampilan, baik jenis webbing sling polyester, maupun jenis webbing sling dari nylon keduanya sama.

Jenis webbing sling PT Anugrah Sukses Marine

PT Anugrah Sukses Marine sebagai salah satu penyuplai barang kebutuhan rigging ataupun lifting, saat ini juga merupakan distributor webbing sling berkualitas dengan merk Technotex yang berasal dari Belanda. Webbing sling Technotex PT Anugrah Sukses Marine dibuat dari bahan polyester berkekuatan tinggi ( High Tenacity Polyester ) yang tidak memerlukan tambahan bahan kimia hanya untuk membuatnya kaku, karena sudah kaku sesuai dengan sifat polyester berkualitas membentuknya. Jenis webbing sling yang di jual PT Anugrah Sukses Marine juga sesuai standar Eropa, yaitu memiliki safety factor 7:1, yang menambah keamanan saat penggunaannya.

Untuk informasi selanjutnya mengenai jenis webbing sling yang dijual oleh PT Anugrah Sukses Marine, kami persilahkan untuk menelpon kami di 021 691 9595 atau email kami di marketing@asmarines.com

Jakarta 15 Juni 2017

Ditulis oleh Winny P

Materi :

  • Materi Training ASM