Daftar Kegunaan Alat Alat Rigging 

Bagi krew dan operator yang setiap hari bekerja dengan sling, barang barang rigging sudah tidak asing lagi. Barang barang rigging banyak macam dan kegunaannya. Salah satu contohnya adalah shackle atau sering disebut segel. Shackle (segel) banyak digunakan di kapal untuk menyambung sling untuk menarik tongkang. Di industri pertambangan atau pengeboran minyak shackle (segel) banyak digunakan untuk menyambung sling saat mengangkat atau mengikat. 

Berikut beberapa jenis barang rigging berikut kegunaannya untuk memberi gambaran singkat tentang jenis dan kegunaan alat alat rigging:

 

Shackle (bahasa Indonesia: segel) adalah alat serba guna yang banyak dipakai untuk menyambung alat yang satu ke alat lain. Segel banyak dipakai untuk menyambung sling.

Wire Clip (bahasa Indonesia: klem seling atau kuku macan) digunakan untuk membuat mata pada wire rope atau kawat seling.

Turnbuckle (bahasa Indonesia: jarum keras atau spanskrup) digunakan untuk mengatur ketegangan sling baik sling rantai maupun sling wire rope.

Thimble atau Causan (bahasa Indonesia: puki anjing) berfungsi untuk melindungi mata wire rope.

Hammerlock atau Connecting Link (bahasa Indonesia: segel kupu kupu atau sambungan rantai) berfungsi untuk menyambung mata rantai ke alat lain seperti segel, ring atau hook.

Ring berfungsi menyatukan kaki sling untuk aplikasi mengangkat (lifting). Bisa digunakan untuk wire rope sling, chain sling, maupun webbing sling.

Hook (bahasa Indonesia: ganco atau kait) berfungsi untuk mengkait barang yang akan diangkat.

Socket diterminasi di ujung wire rope sehingga wire rope tersebut dapat disambung dengan rigging lain.

Loadbinder (bahasa Indonesia: kancip) berfungsi untuk mengencangkan rantai atau wire rope pada aplikasi mengikat (lashing).

Swievel (bahasa Indonesia: kili kili) fungsinya supaya sling yang digunakan tidak kusut.

Eye Bolt: berfungsi sebagai tempat menyambung barang yang akan diangkat dengan sling.

 

PT. Anugrah Sukses Marine adalah importir dan distributor yang menjual berbagai alat rigging seperti shackle, hook, wire clip, thimble, dan lain lain dengan harga murah. Alat rigging yang kita jual beragam mulai dari yang ekonomis dari RRT sampai berkualitas dari Crosby (USA).

Untuk katalog alat rigging silahkan klik disini

Untuk mendapatkan harga alat alat rigging silahkan klik disini

 

Sumber: Wikipedia.org