Tali Tambat Kapal / Mooring Rope

Tali tambat merupakan salah satu alat yang digunakan untuk menahan kapal dan bangunan terapung lain dari arus, angin ataupun gelombang yang terjadi diperairan, Kapal atau perahu dikatakan tertambat apabila telah terikat ke obyek tetap seperti dermaga atau obyek terapung seperti dermaga apung. Untuk menambatkan kapal ke dermaga digunakan tali-temali.

Sebagai distributor yang menjual berbagai jenis tali kapal kami menawarkan beberapa alternatif tali tambat untuk menambat kapal anda sbb:

1) Wire Rope. Keuntungan wire rope adalah punya kekuatan atau breaking load yang tinggi, tetapi kekurangan wire rope ada 3 yaitu yang pertama bisa berkarat, yang kedua stretch properties atau kemampuan menahan gentakan yang kurang baik. Kekurangan ketiga wire rope sebagai tali tambat adalah faktor berat sehingga sulit digunakan di lapangan.

2) Alternatif kedua tali tambat adalah tali PP Monofilament. Keuntungan tali PP Monofilament sebagai tali tambat adalah harga yang murah, tidak menyerap air, dan tahan bahan oli dan bahan kimia. Keuntungan PP Mono adalah tidak menyerap air sehingga berat saat kering dan basah sama. Sifat ini menguntungkan karena membuat PP Mono mudah digunakan crew dilapangan. Karena faktor harga yang murah, tali PP Monofilament banyak digunakan untuk menambat terutama kapal kapal kecil dan sedang.

3) Tali PP Multifilament. Harga sedikit lebih mahal dari tali PP Monofilament. Keuntungan tali PP Multifilament adalah punya ketahanan gesek dan gentakan yang lebih baik daripada PP Monofilament. Kekurangan PP Multi adalah sedikit menyerap air sehingga sedikit lebih berat saat basah.

4) Tali Nylon. Walau harga yang tinggi dan talinya yang berat Nylon tetap menjadi andalan tali tambat terutama untuk kapal kapal besar. Keuntungan nylon dibanding PP Mono dan PP Multi adalah breaking load yang tinggi, ketahanan terhadap gesek dan gentakan yang sangat baik. Tiga keuntungan ini membuat tali nylon lebih awet dan menjadi andalan tali tambat kapal kapal besar.

Banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih tali tambat: breaking load, ketahanan gesek, ketahanan gentakan, kemudahan user dalam memakai, dan lainnya.

Kami berpengalaman puluhan tahun menjual berbagai jenis tali tambat kepada para pemilik kapal. Untuk harga tali tambat kapal dan informasi lain silahkan hubungi PT. Anugrah Sukses Marine di (021) 6919595.