MEMPERPANJANG USIA PEMAKAIAN WIRE ROPE ATAU KAWAT SLING

 

Dimanapun wire rope digunakan, baik di atas kapal, di oil rig, di tambang, maupun di pabrik, usia wire rope tergantung dari 4 hal yaitu penyimpanan, penanganan, pemakaian, dan pemeliharaan. Kami harap tips tips perawatan wire rope berikut dapat membantu customer memperpanjang usia pakai wire rope sehingga meningkatkan efisiensi operasional dan menghemat budget.

 

1) Penyimpanan Wire Rope

 Wire rope harus disimpan ditempat yang kering, terlindung dari sinar matahari langsung dan air hujan, idealnya didalam ruangan dengan ventilasi yang baik.

Supaya tidak mudah berkarat, hindarkan wire rope dari tempat tempat korosif seperti tempat yang sering terkena cipratan air laut dan tempat yang banyak uap bahan kimia. Jangan simpan wire rope dekat pipa air panas, boiler atau tempat lain yang banyak uap panas karena dapat menghilangkan lubrikasi wire rope.

Jika harus disimpan diluar ruangan, wire rope harus ditutupi terpal atau plastik tahan air supaya tidak cepat berkarat. Jangan biarkan wire rope bersentuhan langsung dengan tanah, tataki dengan pallet atau simpan di haspel.

Simpan wire rope di tempat yang bersih. Hindari tempat yang berdebu, banyak pasir dan kerikil. Debu, pasir dan kerikil dapat menempel di permukaan wire rope sehingga merusakkan wire rope dan peralatan saat digunakan.

Gulung wire rope dengan baik dan hindari tempat yang banyak lalu lintas kendaraan supaya wire rope tidak terlindas kendaraan yang lalu lalang.

Jika wire rope harus disimpan untuk waktu yang lama, keringkan, bersihkan dengan baik, beri lubrikasi, dan tutup dengan pelindung.

 

2) Handling wire rope

Wire rope harus ditangani dengan hati hati. Penanganan yang tidak benar dapat mengakibatkan kink (gambar 2) dan hati wire rope patah dan keluar (gambar 3).

Kink terjadi saat kita mengulur wire rope dari gulungan, ada kalanya wire rope membentuk lingkaran atau loop (gambar 1). Jika saat loop terjadi kita secara sengaja atau tidak menarik wire rope maka kink akan terjadi.

 

gambar1

gambar 1: Loop

 

gambar2

Gambar 2: Kink

 

gambar3

Gambar 3: Wire Rope dengan core patah & keluar

 

Kink dan hati wire rope yang keluar adalah kerusakan permanent yang tidak bisa diperbaiki, supaya wire rope masih bisa dipakai, bagian tersebut harus dipotong dan dibuang.

 

gambar4

Gambar 4: cara mengulur wire rope yang benar dan salah

 

Gambar 4 menunjukkan cara mengulur wire rope yang benar dan salah. Penanganan wire rope yang benar mencegah terjadinya kink dan hati wire rope keluar sehingga menambah usia pakai wire rope.

Tips tambahan saat menangani wire rope:

  1. Jangan menyeret wire rope di permukaan yang kotor, berdebu, banyak pasir dan kerikil karena dapat menempel dan merusak wire rope dan peralatan saat dipakai.
  2. Saat memindahkan wire rope dengan forklift, pastikan garpu forklift tidak menusuk body wire rope karena dapat merusak strand dan wire.

 

3)      Pemakaian Wire Rope

Supaya usia wire rope optimal, cek untuk memastikan peralatan tempat wire rope bekerja dalam kondisi prima. Pastikan drum dan sheave ukurannya sesuai, tidak terlalu besar atau kecil. Drum dan sheave yang terlalu kecil memberikan stress tambahan kepada wire rope.

Tabel berikut menunjukkan diameter drum & sheave yang ideal untuk berbagai konstruksi wire rope.

 

Selain ukuran yang pas sheave dan drum yang baik adalah: permukaannya halus, tidak berkarat, tidak ada bagian yang terkikis akibat penggunaan berulang ulang, dan dapat berputar dengan baik.

 

Saat menggulung wire rope ke dalam drum atau winch, lapisan pertama sangat penting karena memberi dukungan pada wire rope di lapisan lapisan berikutnya. Lapisan pertama harus digulung rapat dengan tegangan (tension) yang tepat yaitu 5-10% dari WLL.

Jika lapisan pertama digulung terlalu ketat dimana strand wire rope saling mengunci, permukaan wire rope akan mendapat gesekan berlebih. Sebaliknya, jika strand wire rope digulung terlalu longgar, wire rope dapat terselip sehingga menggentak saat digunakan. Wire rope yang digulung dengan tegangan kurang mengakibatkan lapisan pertama tergencet lapisan berikut (Drum Crushing).

Gambar berikut menunjukkan wire rope yang digulung secara tepat (Gambar 5), terlalu ketat (Gambar 6), terlalu longgar (Gambar 7), dan tidak cukup tegangan (Gambar 8)

 

gambar5

Gambar 5: wire rope digulung secara tepat

 

gambar6

Gambar 6: wire rope digulung terlalu ketat

 

Gambar 7: wire rope digulung terlalu longgar

 

gambar8

Gambar 8: lapisan pertama digulung tanpa cukup tegangan

 

Setelah memasang wire rope baru pada peralatan, jaga supaya tidak langsung menggunakannya pada kapasitas dan kecepatan penuh, berikan waktu pada wire rope untuk menyesuaikan diri. Operasikan pada beban dan kecepatan rendah beberapa kali lalu tingkatkan beban dan kecepatan secara bertahap. Beban yang disarankan sekitar 10% dari WLL.

Wire rope harus dioperasikan oleh operator berpengalaman. Untuk memperpanjang usia wire rope hindari: Memberi beban berlebihan, mengoperasikan pada kecepatan tinggi, memberi gentakan. Gentakan terjadi akibat: mengangkat atau menurunkan beban tiba tiba, menambah atau menurunkan kecepatan secara drastis.

4)      Perawatan wire rope

Supaya tahan lama wire rope harus dibersihkan dan diberikan lubrikasi secara berkala.

Wire rope dibersihkan dengan cara disikat dengan sikat kawat untuk membersihkan dari kotoran, pasir dan kerikil yang menempel.

Setelah dibersihkan berikan lubrikasi pada wire rope. Lubrikasi membantu wire rope menahan karat, menjaga wire rope tetap flexible, dan mengurangi gesekan yang terjadi antar wire dan strand.

Lubrikasi dapat diberikan dengan 3 cara:

  1. Diteteskan
  2. Diaplikasikan menggunakan kuas
  3. Disemprotkan

 

Tempat ideal untuk memberikan lubrikasi pada wire rope adalah titik titik tempat wire rope ditekuk contohnya di sheave dan drum supaya lubrikasi bisa menyerap ke bagian dalam.

Demikian tips tips perawatan wire rope semoga berguna dan membantu memperpanjang usia wire rope anda.

PT. Anugrah Sukses Marine adalah importir yang menjual berbagai jenis wire rope (kawat sling). Kami adalah agen resmi dari wire rope Kiswire Korea untuk daerah Indonesia. Selain wire rope Korea kami juga menjual wire rope RRT (China) dan Bluestrand wire rope dengan harga murah. 

Untuk tips pemesanan wire rope silahkan klik disini

Untuk katalog wire rope silahkan klik disini

Untuk harga wire rope silahkan klik disini