Kapasitas Wire Rope Sling

Jika pada artikel sebelumnya kita membahas tentang breaking load wire rope, kali ini kita akan membahas tentang kapasitas wire rope sling.

Perbedaan antara wire rope dan wire rope sling: wire rope sling adalah wire rope yang sudah diterminasi. Ada beberapa jenis terminasi pada wire rope. Untuk jelasnya silahkan membaca Pemesanan Wire Rope Sling.

Pada dasarnya ada 3 hal yang mempengaruhi kapasitas wire rope sling:

1) Ukuran diameter wire rope. Semakin besar ukuran diameter wire rope yang digunakan, semakin tinggi breaking load.

2) Jenis Terminasi. Wire rope yang ujungnya sudah diterminasi mengurangi kapasitas wire rope. Dalam dunia rigging dikenal namanya wire rope termination efficiency. Termination efficiency rating menunjukkan berapa besar sisa kapasitas wire rope sling setelah ujungnya diterminasi. Setiap jenis terminasi punya efek yang berbeda terhadap breaking load wire rope. Contohnya wire rope yang dianyam atau di hand splice ukuran 7/8" keatas termination efficiency ratingnya adalah 80% yang berarti setelah wire rope tersebut ujungnya dianyam wire rope sling tersebut hanya boleh digunakan untuk mengangkat beban 80% dari SWLnya. 

3) Banyaknya kaki yang digunakan untuk menarik atau mengangkat. Semakin banyak kaki yang digunakan, semakin tinggi kapasitas wire rope sling tersebut.

4) Sudut angkat. Semakin kecil sudut angkat wire rope sling terhadap beban, semakin besar efeknya mengurangi kapasitas wire rope sling. Contoh wire rope sling 2 kaki kapasitas 2 ton dipakai untuk mengangkat barang dengan sudut 90, maka kapasitasnya adalah 2 ton. Wire rope sling yang sama jika digunakan untuk mengangkat dengan sudut 30 maka kapasitasnya adalah sekitar 1 ton.

PT. Anugrah Sukses Marine sudah berpengalaman puluhan tahun menfabrikasi wire rope sling sesuai spesifikasi dan kebutuhan customer. Untuk harga wire rope sling dan informasi lain silahkan hubungi kami di (021) 6919595.