Cathodic Protection

Cathodic protection atau proteksi cathodic adalah teknik yang digunakan untuk mengendalikan karat pada logam atau metal dengan cara menjadikan permukaan logam tersebut sebagai katode dari sel elektrokimia. (Sumber: Wikipedia.org)

Cara kerja cathodic protection adalah kita memasang logam lain yang lebih reaktif terhadap karat disekitar logam yang akan kita lindungi contohnya pelat kapal atau pipa sehingga jika terjadi proses korosi, logam yang lebih reaktif tadi akan bereaksi terhadap karat terlebih dahulu sehingga melindungi logam lain.

Karena sifatnya yang terkonsumsi oleh karat, maka sistem ini sering disebut juga sebagai sacrificial anode.

Logam yang banyak dipakai dalam proses cathodic protection ini adalah zinc, aluminium, dan magnesium.

Satu hal yang harus diperhatikan zinc, aluminium atau magnesium yang digunakan dalam proses cathodic protection ini tidak boleh sembarang zinc atau aluminium. Zinc dan aluminium yang digunakan harus mengandung komposisi tertentu dan mengikuti standard yang sudah ditentukan.

Cathodic protection digunakan pertama kali pada tahun 1852 oleh Sir Humphry Davy yang merupakan seorang perwira Angkatan Laut Inggris saat dia meletakkan besi pada bagian luar kapal berlapis tembaga yang terendam air. Besi yang cenderung lebih korosif dibanding tembaga menjadi lebih cepat berkarat dan menurunkan laju korosi pada tembaga. (Sumber: Wikipedia.org)

Selain Sir Humphry Davy, pionir awal penggunaan sistem cathodic protection dalam melindungi logam adalah Tony Wilson dari Inggris dan Robert Walton dari Amerika. Mereka mendirikan perusahaan Wilson Walton yang diambil dari nama belakang mereka.

Karena kualitas dan inovasinya Wilson Walton sekarang adalah salah satu merek Cathodic protection ternama di dunia.

PT. Anugrah Sukses Marine adalah importir yang menjual cathodic protection Wilson Walton berupa zinc anode dan aluminium anode yang sudah banyak dipakai pemilik kapal untuk melindungi kapal mereka.

Untuk harga dan informasi tentang zinc dan aluminium anode silahkan menghubungi marketing kami di marketing@asmarines.com atau telp di (021) 6919595.

Untuk katalog produk dapat diklik di link dibawah:

Zinc Anode

Aluminium Anode