Hawser / Tali Hawser

Hawser adalah tali berukuran besar yang biasa digunakan diatas kapal untuk keperluan menarik (towing) dan menambat (mooring).

PT. Anugrah Sukses Marine adalah importir dan distributor yang menjual tali hawser di Indonesia.

Kami menjual dua jenis hawser:

1) Tali hawser dari fiber rope.

2) Tali hawser dari steel cable atau sering disebut wire rope.

 

Tali Hawser Fiber Rope

Kami menjual beberapa jenis fiber rope yang dapat digunakan sebagai tali hawser di kapal:

1) Tali hawser Polypropylene Monofilament (PP Monofilament).

Tali hawser PP Monofilament adalah tali hawser yang paling banyak digunakan karena harganya yang paling ekonomis. Selain faktor harga yang ekonomis, tali ini juga tidak menyerap air sehingga mengambang di laut dan tidak menjadi berat saat basah.

2) Tali Hawser Polypropylene Multifilament (PP Multi).

Tali hawser Polypropylene Multifilament harganya sedikit lebih mahal dibanding tali hawser polypropylene monofilament. Walaupun breaking loadnya keduanya sama, tetapi tali hawser PP Multi lebih tahan gesek dan tahan gentakan dibanding PP Mono sehingga usia pakainya lebih lama.

3) Tali Hawser 100% Nylon.

Tali hawser Nylon harganya paling mahal dibanding tali hawser PP Mono dan PP Multi. Tetapi nylon adalah salah satu serat buatan paling kuat yang dibuat manusia sehingga tali hawser nylon punya breaking load yang lebih tinggi. Selain keuntungan tadi, tali hawser nylon juga punya ketahanan gesek dan ketahanan terhadap gentakan yang sangat baik sehingga tali hawser ini sangat ideal untuk aplikasi di kapal besar dan di laut lepas dimana kondisi ombak dan angin kuat.

4) Tali Hawser Mix Rope.

Tali hawser mix rope adalah tali campuran serat polyester dibagian luar dan serat polypropylene di bagian dalam. Tali ini punya keuntungan antara lain ketahanan gesek yang baik dan melting point yang lebih tinggi sehingga ideal digunakan pada kapal kapal tangker.

Tali hawser fiber yang kami jual merk Dong Yang dan Manho dari Korea, kami ready stock mulai ukuran 40mm (cir 5”) s/d 144mm (cir 14”).

Konstruksi terdiri dari 8 strand atau 8 lilitan. Setiap coil panjangnya kurang lebih 220 Mtr dan di setiap ujung dilengkapi mata yang dilindungi terpal sehingga dapat langsung dipakai untuk aplikasi mooring (menambat) dan towing (menarik kapal).

 

Hawser Wire Rope

Selain tali hawser dari fiber rope, kami juga menjual tali hawser dari material steel wire rope atau kawat sling.

Kami adalah agen resmi hawser steel wire rope dari pabrik terkemuka seperti Kiswire dan Manho dari Korea, Blue Strand dari Inggris untuk wilayah di Indonesia.

Kami menjual hawser steel wire rope berbagai konstruksi seperti 6x36 (WS) IWRC, 6x24, 6x29, 6x19 mulai ukuran 20mm keatas yang banyak dipakai untuk aplikasi hawser, mooring line, towing line, anchor line dan lainnya.

Workshop kami dilengkapi mesin mesin dari Inggris didukung operator berpengalaman sehingga dapat menbuat hawser sesuai dengan panjang dan spesifikasi sesuai dengan kebutuhan customer.  

Hawser steel wire rope yang kami jual dapat dilengkapi dengan sertifikat pabrik dan sertifikat uji tarik.

Banyak pihak yang menjual tali hawser baik tali hawser fiber rope dan steel wire rope yang bekas, banci, dan tidak sesuai spesifikasi customer. Untuk memastikan operasi yang aman dan usia hawser yang tahan lama, pastikan anda mendapatkan hawser anda dari vendor yang terpercaya.

Untuk harga tali hawser dan informasi lainnya tentang tali hawser, silahkan hubungi marketing kami.