BAGAIMANA MEMASTIKAN JANGKAR & RANTAI JANGKAR YANG ANDA TERIMA BARU?

Banyak pemilik kapal mengeluh jangkar dan rantai jangkar yang mereka terima tidak baru sehingga cepat rusak. Berikut empat langkah yang dapat dilakukan untuk mengubah rantai jangkar bekas menjadi baru dan hal hal yang harus diperhatikan oleh pemilik kapal untuk memastikan rantai jangkar yang mereka beli baru dan berkualitas.

Empat langkah yang sering dilakukan untuk “menyulap” jangkar dan rantai jangkar bekas menjadi baru:

1) Bersihkan dari kotoran dari jangkar atau rantai jangkar.

2) Sikat permukaan yang berkarat.

3) Tambal bagian yang somplak.

4) Ambil sertifikat lama dan ketrek nomornya di permukaan jangkar atau rantai jangkar tersebut.

 

Hal hal yang bisa anda lakukan untuk memastikan jangkar dan rantai jangkar yang anda terima baru:

1) Beli dari vendor yang dapat dipercaya.

2) Cocokkan nomor sertifikat dengan barang.

3) Survey barang dan gudang vendor sebelum membeli. Pastikan jangkar tidak ada yang somplak, rantai jangkar tidak berkarat, mata rantai tidak ada yang retak, somplak, atau bengkok. Cek bagian dalam ujung mata rantai, perhatikan tanda tanda rantai pernah dipakai seperti banyaknya goresan atau body rantai yang termakan.

4) Pastikan segel penyambung masih kokoh, tidak retak dan tidak terkikis.

5) Ukur dimensi rantai jangkar, pastikan ukuran barang yang anda terima sesuai. Jangkar dan rantai jangkar bekas biasanya ukurannya mengecil karena karat.

6) Gunakan jasa surveyor pihak ketiga seperti BKI untuk memastikan barang anda benar benar baru, asli dan sesuai spesifikasi.

Semoga tips dan informasi diatas berguna untuk memastikan jangkar dan rantai jangkar yang anda terima baru dan berkualitas.