SEGEL / SHACKLE

PT. Anugrah Sukses Marine adalah distributor dan importir alat-alat kapal resmi yang menjual segel atau bisa juga disebut dengan shackle dalam bahasa inggrisnya. Segel / Segel ini dibuat dari bahan Mild Steel / Malleable Steel dan ada juga shackle yang dibuat dari bahan baku Carbon Steel yang lebih kuat.

Tidak semua segel atau shackle dapat digunakan untuk aplikasi Lifting dan Towing. Hanya segel atau shackle dengan bahan carbon steel lah yang boleh digunakan untuk aplikasi lifting dan towing. Ini dikarenakan segel atau shackle dengan bahan carbon steel berkarakteristik memiliki nilai breaking load, sedangkan segel atau shackle yang menggunakan bahan Mild Steel berkarakteristik tidak mempunyai breaking load. Hal ini yang membuat Segel atau Shackle berbahan Mild Steel tidak diperbolehkan untuk aplikasi Lifting dan Towing.

Penggunaan Segel pun berbeda-beda pada media kaitnya, contohnya :

  1. Wire Rope, penggunaan shackle pada wire rope dikhususkan pada shackle omega yaitu shackle yang berbentuk seperti lambang omega. Hal ini dikarenakan bentuk dari shackle omega yang lebar memungkinkan satu atau 2 wire rope dapat masuk. Untuk gambar dari shackle omega ini dapat anda lihat pada gambar berikut ini :
  2. Segel / Shackle Omega

  3. Rantai, penggunaan shackle pada rantai dikhususkan pada shackle tipe Dee "D" yaitu shackle yang berbentuk seperti huruf D. Hal ini dikarenakan bentuk dari shackle Dee ini disesuaikan dengan lekuk dari rantai sehingga saat rantai digunakan untuk mengangkat, rantai tersebut tidak bergoyang dan bergesekan dengan shackle tersebut.
  4. Segel / Shackle Dee

  5. Webbing, sedangkan untuk penggunaan pada webbing dikhususkan pada shackle omega karena bentuknya yang lebih sehingga memungkinkan webbing dapat masuk. Tetapi banyak perusahaan manufaktur membuat desain khusus untuk shackle yang digunakan pada webbing.
  6. Segel / Shackle Omega

Note: penggunaan shackle omega pada webbing sling tidaklah sembarangan, yaitu ukuran shackle yang digunakan harus lebih besar dari ukuran lebar synthetic sling. Jarak ujung synthetic sling yang tertekuk dengan shackle maksimal di sudut 45°. Berikut adalah penjelasan gambarnya :

Segel / Shackle Sudut Webbing