TALI TAMBANG UNTUK KAPAL

Seperti kita ketahui bersama, jenis tali tambang saat ini sangatlah banyak dan beragam. Untuk itu banyak sekali orang-orang yang salah bertanya kepada kami untuk jenis-jenis tali tambang yang tidak kita jual. Jadi pada artikel kami kali ini, kami ingin memfokuskan tentang artikel tali tambang untuk kapal yang tentunya kami sangat profesional pada bidang perkapalan ini. Selain telah menggeluti bidang perkapalan ini selama puluhan tahun, kami juga menjual beberapa jenis tali tambang untuk kapal yang nantinya dapat menjadi informasi tambahan untuk anda yang membaca artikel ini.

Aplikasi pada bidang perkapalan seperti kita tahu semua tentunya membutuhkan alat-alat berukuran besar dan juga berbobot berat, sehingga hal-hal yang berhubung dengan keamanan kerja sangatlah dibutuhkan di bidang ini. Semua peralatan yang digunakan untuk aplikasi di bidang perkapalan ini harus melalui proses inspeksi dan juga harus memiliki sertifikat asli, sehingga peralatan yang digunakan tersebut dapat dipertanggung jawabkan masalah keamanannya.

Dalam hal ini yang akan kita bahas adalah tali tambang untuk kapal yang tentunya berukuran besar dan juga berbobot berat. Tidak semua tali tambang bisa masuk atau cocok untuk digunakan pada aplikasi di bidang perkapalan, untuk itu pada artikel kami kali ini kami akan membahas tentang jenis tali tambang untuk kapal tersebut yang tentunya harus bersertifikat dan telah melalui uji inspeksi dari pihak terkait.

Beberapa jenis tali tambang untuk kapal yang perlu anda ketahui yaitu diantaranya adalah :

  1. Tali Manila
  2. Tali PP Mono dan PP Multi
  3. Tali PE
  4. Tali Nilon 100%
  5. Mix Rope

Untuk kegunaannya sendiri, kelima jenis tali tambang untuk kapal tersebut banyak digunakan untuk aplikasi-aplikasi yang ada di bidang perkapalan yaitu diantaranya :

  • Lashing
  • Mooring
  • Towing
  • Lifting
  • Pembuatan Tangga Kapal

Dan perlu anda ketahui, setiap jenis tali tambang untuk kapal yang telah kami sebutkan diatas memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Dan tentunya karakteristik tersebut mempengaruhi fungsi dari tali tambang tersebut nantinya akan digunakan untuk aplikasi apa.

Untuk karakteristik dari Kelima jenis tali tambang untuk kapal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

KARAKTERISTIK TALI TAMBANG UNTUK KAPAL

Jenis Tali tambang untuk kapal yang pertama yaitu Tali tambang tali manila. Jenis Tali tambang tali manila ini adalah tali terbaik untuk digunakan pada kapal sehari-hari. Tali Manila ini dapat meregang lebih kurang 25% dari panjang aslinya. Karena sifatnya yang menyerap air, tali manila banyak digunakan untuk membuat tangga di Kapal, dan juga dibuat jala-jala.

Jenis tali tambang untuk kapal yang kedua yaitu tali PP Mono dan PP Multi. Jenis tali tambang tali PP ini mempunyai bahan dasar yang sama yaitu serat polypropylene. Yang membedakan keduanya adalah proses produksi dan ukuran serat yang dihasilkan dari proses produksi kedua tali tambang tipe ini. Tali Tambang tipe PP mono memiliki ukuran serat lebih besar dibandingkan serat tali tambang tipe PP Multi. Secara fisik Tali PP mono mempunyai permukaan lebih kasar dan benangnya lebih besar, sedangkan PP multi memiliki permukaan yang lebih halus. Untuk kegunaannya sendiri di bidang perkapalan, tali PP ini banyak digunakan untuk aplikasi Mooring, Towing dan juga Lifting.

Jenis tali tambang untuk kapal yang ketiga yaitu Tali Tambang tipe Tali Nilon. Tali nilon ini memiliki kekuatan yang superior, yang artinya sangat kuat untuk digunakan pada aplikasi tarik dan angkat. Tali Nilon ini banyak digunakan pada berbagai industri seperti perkapalan, dok, manufaktur, transportasi, otomaotif, oil & gas, logging, perikanan, crane, konstruksi, bongkar muat, dll. Sedangkan pada bidang perkapalan sendiri, tai nilon ini khusus digunakan untuk aplikasi berat seperti Lifting dan juga Towing.

Jenis tali tambang untuk kapal berikut yaitu Tali PE. PE rope atau tali PE adalah tali yang terbuat dari material Polyethylene atau PE. PE rope atau tali PE dibuat dengan cara mengekstrusi plastik Polyethylene menjadi serat / filament lalu serat dipiling menjadi strand, lalu tiga atau empat strand dipilin kembali membentuk PE rope. Tali ini banyak digunakan pada bidang perkapalan untuk aplikasi Lashing.

Jenis tali tambang untuk kapal yang terakhir yaitu tali tambang mix rope. Tali Tambang Mix Rope adalah tali tambang yang terbuat dari campuran serat High Tenacity Polyester yarn dibagian luar dan High Tenacity Polypropylene fiber di bagian dalam. Dengan campuran kedua High Tenacity material ini menjadikan tali tambang mix rope menjadi tali yang kuat dengan nilai breaking load yang tinggi serta memiliki ketahanan terhadap gesekan dan UV yang baik. Jenis tali mix rope ini tidak mudah meleleh dan tahan terhadap bahan kimia acid dan alkali sehingga membuat tali lebih tahan lama untuk digunakan. Dengan campuran Polypropylene dan Polyester ini juga menjadikan tali Mix Rope lebih ringan dan harga lebih ekonomis dibandingkan tali yang terbuat dari 100% serat Polyester. Sedangkan untuk fungsinya sendiri pada bidang perkapalan, tali tambang mix rope ini banyak digunakan untuk aplikasi mooring, towing, Tug Assist Line dan juga Tie Up lines.

Naah.. setelah anda tahu tentang apa saja jenis-jenis tali tambang untuk kapal dan juga fungsi-fungsi dari kelima jenis tali tambang untuk kapal tersebut, tentunya anda dapat menentukan tali tambang apa yang sesuai dengan kebutuhan anda di Lapangan. Jika anda memiliki pertanyaan seputar kelima tali tambang yang kami jual tersebut, jangan ragu untuk menghubungi staff marketing ataupun staff technical kami di nomor 021 691 9595

hubungi asmarines