Tali Tambat

Tali tambat atau sering disebut tali mooring adalah tali yang dipakai di laut untuk menambat kapal atau bangunan terapung lainnya. Tali tambat sering disebut sebagai mooring rope atau mooring line.

Karena aplikasinya yang berat dan penting dibutuhkan tali tambat dengan karakteristik sebagai berikut:

1) Breaking load yang tinggi

2) Kemampuan menahan gesekan atau abrasi yang baik

3) Stretch resistance yang baik

Untuk aplikasi tali tambat (mooring line), PT. Anugrah Sukses Marine menyediakan dua solusi yaitu:

1) Tali tambat dengan bahan serat sintetis atau fiber rope

2) Tali tambat dengan bahan steel wire rope atau tali baja

 

Tali Tambat Fiber Rope

Tali tambat dengan bahan sintetis atau fiber rope memberikan tiga buah keuntungan dibandingkan tali tambat steel wire rope yaitu:

1) Harga lebih ekonomis

2) Tidak berkarat

3) Lebih ringan sehingga lebih aman dan mudah diaplikasikan

4) Lebih flexible sehingga lebih tahan terhadap gentakan

PT. Anugrah Sukses Marine adalah importir dan distributor tali tambat merk Dong Yang dan Manho dari Korea. Kami menjual berbagai jenis tali tambat sbb:

1) Tali tambat PP Mono

Tali tambat PP Mono paling banyak digunakan para pemilik kapal karena harganya yang murah dan mudah didapat. Tali ini juga menjadi favorite para crew kapal karena sifatnya yang tidak menyerap air sehingga tidak menjadi berat saat digunakan. 

2) Tali tambat PP Multi.  

Tali tambat PP Multi sedikit lebih mahal dibanding tali tambat PP Mono. Walaupun breaking loadnya keduanya sama, tetapi tali tambat PP Multi lebih tahan gesek dan gentakan dibanding tali tambat PP Mono sehingga dari segi usia tali PP Multi lebih tahan lama.  

3) Tali tambat Nylon 100%.

Tali tambat nylon lebih berat dan harganya lebih mahal dibanding tali PP Mono dan PP Multi. Tali tambat nylon memberikan beberapa keuntungan seperti: Breaking load yang tinggi, ketahanan gesek yang baik dan stretch property yang tinggi sehingga tahan terhadap gentakan.  Karena karakteristik diatas tali tambat nylon masih menjadi pilihan utama para pemilik kapal yang membutuhkan tali kuat dan tahan lama untuk dipakai di kondisi yang berat.

4) Tali Tambat Mix Rope.

Tali tambat mix rope adalah tali tambat yang diproduksi dari campuran serat polyester dibagian luar dan serat polypropylene di bagian dalam. Tali ini punya keuntungan antara lain ketahanan gesek yang baik dan melting point yang lebih tinggi sehingga ideal digunakan pada kapal kapal tangker.

Tali tambat yang dijual PT. Anugrah Sukses Marine asalnya dari Korea merk Manho dan Dong Yang. Kami menjual tali yang asli berkualitas sesuai spesifikasi.

Tali tambat kami jual mulai ukuran 40mm (Cir 5”) sampai 144mm (Cir 14”). Tali tambat kami jual per coil, dimana panjang percoil kurang lebih 220 Mtr dan pada kedua ujung dilengkapi mata untuk aplikasi menambat (mooring) dan menarik (towing).

 

Tali Tambat Steel Wire Rope

Sebagai alternatif tali tambat dengan bahan fiber rope, kami juga menjual tali tambat dengan material steel wire rope atau kawat sling. Dibandingkan tali tambat dengan fiber rope, tali tambat menggunakan steel wire rope mempunyai beberapa keuntungan yaitu:

1) Breaking load lebih tinggi

2) Lebih tahan gesek

3) Lebih tahan panas

Berbeda dengan tali tambat fiber rope yang dijual percoil dengan panjang standard 220 Mtr, spesifikasi tali tambat steel wire rope dapat disesuaikan dengan kebutuhan customer di lapangan dalam segi panjang dan ukuran mata.

Workshop kami dilengkapi mesin mesin dari Eropa dan operator yang berpengalaman puluhan tahun menfabrikasi tali tambat steel wire rope sesuai kebutuhan customer.

 

Pemilihan Tali Tambat Fiber Rope vs Steel Wire Rope

Pemilihan Tali tambat fiber rope vs steel wire rope sangat bergantung pada kondisi di lapangan.

Tali tambat steel wire rope banyak dipakai jika breaking load yang ingin dicapai untuk menambat tidak dapat terpenuhi oleh fiber rope.

Yang kedua adalah temperature di lapangan. Jika temperature di lapangan tinggi maka steel wire rope lebih banyak dipilih karena steel wire rope dapat menahan temperature lebih tinggi.  

Untuk aplikasi mooring yang non permanen seperti di kapal orang banyak memilih tali tambat fiber rope karena ringan dan mudah dipindahkan. Untuk aplikasi permanen yang lebih permanen seperti oil rig customer banyak memilih steel wire rope.

Banyak orang tidak bertanggung jawab yang menjual tali tambat yang bekas, palsu, banci, dan tidak sesuai spesifikasi. Untuk memastikan anda mendapatkan tali tambat bermutu belilah dari vendor yang terpercaya.

Untuk harga tali tambat dan informasi lainnya tentang tali tambat silahkan hubungi marketing kami.