Pastikan Wire Rope Yang Anda Terima Baru

Banyak pemilik kapal dan pemilik crane mengeluh bahwa wire rope yang mereka beli bekas sehingga baru sebentar dipakai sudah harus diganti. Berikut hal hal yang sering dilakukan untuk mengubah wire rope bekas menjadi wire rope baru dan hal hal yang dapat diperhatikan untuk memastikan wire rope yang kita beli dalam kondisi baik.

Alasan utama kenapa wire rope bekas tidak aman digunakan adalah walaupun dari luar wire rope kelihatan masih bagus dan kuat mungkin pada bagian dalam sudah mengalami kerusakan terutama di bagian core akibat karat dan gesekan sehingga wire rope tidak lagi mempunyai dukungan yang baik untuk menahan beban.

Tiga langkah “menyulap” wire rope bekas menjadi baru:

  1. Bersihkan dari debu, kotoran, dan karat.
  2. Cuci lubrikasi lama dari permukaan wire rope dengan menggunakan bensin atau solar.
  3. Beri lubrikasi baru pada permukaan wire rope.

 

Hal hal yang harus diperhatikan untuk memastikan bahwa wire rope yang anda terima baru:

Pertama tama, jika anda membeli wire rope Korea seperti wire rope Kiswire, pastikan ID tape dibagian dalam dalam kondisi baik. Wire rope sudah lama dipakai, ID tape dibagian dalam biasanya menjadi kotor dan beruba warna menjadi hitam.

Kedua, ukur diameter luar wire rope untuk memastikan ukuran sesuai. Wire rope bekas diameter bagian luar biasanya mengecil karena Stretch dimana diameter wire rope mengecil karena diberi beban secara terus menerus.

Terakhir, cek wire dibagian luar untuk memastikan wire tidak ada yang rusak dan patah.

Semoga informasi diatas bermanfaat untuk memastikan anda mendapat wire rope yang baru, berkualitas sehingga aman digunakan dan menunjang kegiatan operasional anda.

 

PT. Anugrah Sukses Marine adalah importir yang menjual berbagai jenis wire rope (kawat sling). Kami adalah agen resmi dari wire rope Kiswire Korea untuk daerah Indonesia. Selain wire rope Korea kami juga menjual wire rope RRT (China) dan Bluestrand wire rope dengan harga murah.