Anchor Chain / Rantai Jangkar

Anchor Chain atau sering disebut rantai jangkar adalah rantai yang dipakai dikapal untuk menarik dan menurunkan jangkar. Yang membedakan rantai jangkar dengan rantai pada umumnya adalah di bagian tengah rantai jangkar terdapat palang sehingga mata rantai jangkar seperti membentuk angka 8.

Anchor Chain / rantai jangkar yang dipakai dikapal umumnya berbeda ukuran tergantung besar kapal dan ukuran jangkar yang digunakan. PT. Anugrah Sukses Marine menjual anchor chain mulai ukuran 12.5mm sampai 87mm ready stock. Untuk ukuran yang lebih besar, kami dapat membantu anda untuk indent.

Masalah yang banyak ditemui para pemilik kapal di Indonesia menyangkut pembelian anchor chain / rantai jangkar adalah rantai jangkar bekas yang diaku penjual sebagai rantai jangkar baru. Para pemilik kapal sering mengeluh rantai jangkar yang baru dibeli sudah aus atau bahkan putus. 

Beberapa hal yang bisa dilakukan pembeli rantai jangkar adalah:

1) Memastikan membeli dari vendor yang terpercaya.

2) Survey barang dan vendor sebelum membeli rantai jangkar.

3) Memastikan rantai jangkar datang dengan sertifikat.

4) Mencocokkan nomor sertifikat dengan barang.

5) Mengukur dimensi mata rantai jangkar. Rantai jangkar bekas biasanya ukuran diameter sudah mengecil.

 

Dalam pemakaian, rantai jangkar butuh segel penyambung. Berikut adalah beberapa aksesoris yang dibutuhkan saat membeli rantai jangkar:

1) Kenter Shackle. Digunakan untuk menyambung rantai jangkar yang satu dengan yang lain

2) Joining Shackle. Sebagai alternatif rantai jangkar, untuk menyambung rantai jangkar yang satu dengan yang lain.

3) Swievel Piece atau kili kili. Dipasang dekat jangkar fungsinya supaya rantai jangkar di atas kapal tidak kusut saat jangkar melintir terkena ombak atau angin.

4) Anchor Shackle atau sering disebut segel jangkar berfungsi menyambung swievel ke jangkar.

 

PT. Anugrah Sukses Marine adalah importir yang menjual rantai jangkar di Indonesia. Kami menjual rantai jangkar asli baru dilengkapi sertifikat Llyod Register (LR) mulai ukuran 12.5mm sampai 87mm. Jika customer membutuhkan sertifikat syahbandar dapat kami bantu untuk proses. Anchor chain atau rantai jangkar yang kami jual panjangnya 27.5 Mtr per length dan dilengkapi satu buah kenter shackle.

Selain anchor chain, PT. Anugrah Sukses Marine juga menjual jangkar kodok, wire rope, tali tambang dan lainnya. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi marketing kami.