MEMPERPANJANG USIA PEMAKAIAN TALI TAMBANG & TALI KAPAL

Tali tambang dipakai di kapal untuk berbagai keperluan, mulai dari mengikat (lashing), menambat (mooring), menarik (towing), sampai membuat tangga dan jala jala kapal. Untuk memperpanjang usia pemakaian tali di kapal bergantung pada 3 hal yaitu: penyimpanan tali, penanganan tali, dan pemakaian tali.

 

Tips tips perawatan tali tambang berikut kami harapkan dapat membantu para pemakai dan pemilik kapal memperpanjang usia tali mereka.

1) Penyimpanan tali tambang

Hal pertama yang penting untuk memperpanjang usia tali tambang adalah penyimpanan yang benar. Tali tambang harus disimpan jauh dari sinar matahari langsung idealnya di ruang tertutup dengan ventilasi cukup untuk mencegah tali menjadi lembab. Simpan tali tambang ditempat yang bersih dan kering. Tataki bagian bawah tali dengan pallet.

Jauhkan tali dari sumber panas seperti kompor, tungku, boiler, mesin las atau sumber panas yang lain.

Jauhkan tali dari bahan kimia seperti asam dan basa (acid dan alkali).

 

2) Penanganan tali tambang

Hal kedua adalah penanganan. Jangan menyeret tali pada permukaan yang kasar. Hindarkan tali tambang anda dari sudut dan benda benda tajam.

Sebelum mengangkat atau memindahkan, pastikan tali tambang tidak tersangkut sesuatu seperti paku, baut, besi, cantolan lain yang bisa merusak strand tali.

Jika menggunakan forklift untuk memindahkan tali, pastikan garpu forklift tidak merusak body tali. Jangan mengangkat tali dengan cara menusuk tali, angkat menggunakan forklift atau tali pembungkus tali.

 

3) Pemakaian tali tambang

Hal hal yang harus diperhatikan saat menggunakan tali:

  • Pastikan peralatan dalam kondisi baik. Cek pastikan winch, drum, chock, bitts bebas karat dan halus permukaannya. Pastikan drum dapat berputar dengan baik.
  • Pastikan ukuran drum tidak terlalu kecil, min 8 kali diameter tali
  • Lindungi tali dari sudut sudut tajam
  • Jika ada serat atau strand tali yang keluar, usahakan untuk dianyam atau dimasukkan kembali supaya tidak tersangkut peralatan lain saat pemakaian.

 

Demikian tips tips perawatan tali tambang, sekali lagi semoga berguna dan dapat memperpanjang usia operasional tali anda.

PT. Anugrah Sukses Marine adalah importir dan distributor yang menjual tali kapal, tali tambang, dan tali plastik dengan harga murah. Kami menjual tali Polypropylene Monofilament (PP Mono rope) dan tali Polypropylene Multifilament (PP Multi rope) merk Manho dan Dong Yang dari Korea untuk aplikasi menambat (mooring rope), menarik (towing rope) dan mengikat (lashing rope). Selain itu kami juga menjual tali bendera dari Korea, tali PE (HDPE) lokal dan tali manila merk Gurita lokal.

 

Untuk melihat katalog tali tambang atau tali kapal silahkan klik disini

Untuk harga tali tambang dan tali kapal murah silahkan klik disini