Zinc Anode & Aluminium Anode Kondisi Pemakaian Optimal

 

Anode adalah metal seperti zinc (timah), aluminium, atau magnesium yang digunakan untuk melindungi besi terhadap karat.

Anode dapat bekerja karena zinc, aluminium, dan magnesium sifatnya lebih reaktif terhadap korosi dibanding besi sehingga jika dipasang berdampingan, karat akan menyerang anode terlebih dahulu.

Karena sifatnya yang termakan, maka setelah periode waktu tertentu anode harus diganti untuk memastikan perlindungan yang maksimal.

Saat ini ada 2 asumsi yang salah dari para pemilik kapal tentang pemakaian anode. Banyak pemilik kapal berasumsi bahwa anode yang bagus adalah anode yang 100% habis terpakai karena menandakan anode bekerja sempurna.

Asumsi diatas valid tetapi tidak 100% benar. Anode yang habis memang bagus karena menunjukkan anode bekerja dengan baik. Tetapi anode yang habis sama sekali tidak sepenuhnya baik karena berarti ada periode waktu tertentu dimana kapal sama sekali tidak terlindungi oleh anode.

Asumsi kedua yang salah adalah: anode yang tidak habis adalah anode yang jelek.

Sebelum menilai hal tersebut ada baiknya kita membahas dua hal yang mempengaruhi konsumsi anode:

1)      Lokasi dipasangnya anode.

Anode yang dipasang di lokasi tertentu cenderung lebih cepat habis contohnya di area dekat baling baling kapal karena adanya putaran air yang besar. Anode yang dipasang dibagian bawah lambung kapal juga cenderung lebih cepat habis terutama jika muatan kapal penuh.

2)       Kondisi perairan yang dijalani kapal.

Kapal yang banyak beroperasi di laut, anodenya pasti akan lebih cepat termakan dibanding kapal yang banyak beroperasi di sungai karena kondisi laut lebih korosif.

Pada prakteknya anode tidak bekerja sendiri dalam melindungi kapal anda. Cat adalah perlindungan pertama anode sifatnya perlindungan kedua.  Untuk memaksimalkan perlindungan kapal anda, percayakan pembelian cat dan anode anda kepada vendor yang terpercaya.

PT. Anugrah Sukses Marine adalah importir yang menjual anode merk Wilson Walton yang banyak dipakai pemilik kapal diseluruh dunia melindungi kapal mereka dari karat.

Untuk informasi dan harga silahkan hubungi kami di marketing@asmarines.com atau (021) 6919595.

Untuk katalog silahkan klik di link dibawah:

Zinc Anode & Aluminium Anode