JENIS HOOK

Hook adalah salah satu jenis alat rigging yang digunakan sebagai alat bantu lifting, towing dan juga lashing. Mungkin ini adalah arti secara umum dari hook itu sendiri yang bnyak diketahui orang-orang bnyak. Tapi apakah anda tau jenis hook itu sendiri? Jadi yang perlu anda tau disini yaitu hook itu memiliki jenis hook yang beragam yang masing-masing jenis hook tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Hal-hal tersebut akan kami coba untuk bahas pada artikel kami kali ini. Jadi karena hook ini fungsinya adalah untuk mengangkat, menarik dan juga mengikat maka tentunya hook tersebut haruslah dapat menjadi pengait dari segala macam jenis barang atau objek kaitnya. Sedangkan jika hook hanya memiliki satu jenis bentuk yang sama, tentunya hook tersebut tidak akan bisa mengkaitkannya dengan beberapa jenis objek kait. Untuk itu para produsen hook mencoba untuk membuat jenis hook yang berbeda-beda dan kebanyakan memang dibedakan dari bentuk pengaitnya sendiri.

Beberapa jenis hook yang saat ini banyak digunakan dan banyak beredar di pasaran Indonesia yaitu diantaranya :

  1. Sling Hook
  2. Grab Hook
  3. Foundry Hook
  4. Sorting Hook
  5. Barrel Hook
  6. Sliding Chocker Hook
  7. Anchor Line Hook
  8. Swivel Hook
  9. Twisted Hook
  10. Clamp Hook / Tractor Hook
  11. Shurlock Hook

Jadi ada 11 jenis hook yang memang saat ini banyak beredar di Pasaran dunia dan juga pasaran Indonesia. Tapi kalian tau ga apa saja fungsi dari masing-masing jenis hook tersebut? Kalo kalian belum tau, maka kami akan coba jelaskan beberapa fungsi dari masing-masing jenis hook yang telah kami sebutkan diatas.

 

 

11 JENIS HOOK

Jenis hook pertama yang akan kami jelaskan yaitu jenis hook Sling Hook. Sling Hook biasa digunakan untuk wire rope sling ataupun chain sling. Sedangkan untuk aplikasinya sendiri, sling ini biasa digunakan pada general industry yang artinya semua industri yang menggunakan atau membutuhkan wire rope sling ataupun chain sling untuk aplikasinya.

Untuk jenis hook yang kedua yaitu Grab Hook. Grab hook ini hanya cocok digunakan pada sling rantai ataupun rantai saja. Karena memang grab hook ini dibuat khusus untuk penggunaan pada rantai saja. Grab hook ini digunakan sebagai pemendek rantai agar rantai tersebut ukurannya menjadi sesuai dengan kebutuhan user. Sedangkan pengaplikasiannya, grab hook ini bisa digunakan juga pada berbagai industri yang menggunakan rantai sebagai alat bantunya.

Lanjut pada jenis hook yang ketiga yaitu foundry hook. Foundry hook biasa digunakan pada aplikasi pengecoran. Sehingga untuk pengaplikasiannya sendiri biasa digunakan ada industri konstruksi karena memang industri ini cenderung pada aplikasi-aplikasi yang bersifat pengecoran gedung ataupun rumah.

Jenis hook yang keempat yaitu Sorting Hook. Sorting hook adalah hook yang digunakan khusus pada aplikasi pengangkatan pipa-pipa. Bentuknya sendiri didesain khusus untuk penggunaan pada pipa, sehingga jenis hook ini tidak akan cocok untuk digunakan pada aplikasi selain menggunakan pipa. Untuk industri dalam penggunaan sorting hook ini bervariasi, asalkan ada aplikasi yang membutuhkan pemasangan pipa-pipa besar, tentunya sorting hook ini akan menjadi pilihan utama untuk penggunaannya.

Kelima, jenis hook selanjutnya yaitu barrel hook. Barrel hook digunakan pada aplikasi pengangkatan drum-drum atau bisa juga disebut dengan barrel dalam bahasa inggrisnya. Dan barrel hook ini juga digunakan untuk aplikasi yang menggunakan drum-drum dalam kebutuhannya.

Selanjutnya kita masuk pada poin yang keenam. Jenis hook yang keenam ini adalah sliding chocker hook. Jenis hook ini digunakan untuk mengikat atau mengunci barang yang akan diangkat dengan posisi choker. Posisi choker adalah posisi dengan mencekik atau mengikat. Jadi hook ini tidak didesain untuk penggunaan langsung pada objek angkat. Tapi hook ini digunakan untuk mengikat sling saja untuk posisi choker ini. Untuk penggunaannya sendiri, jenis hook ini banyak digunakan pada aplikasi pada industri-industri berat yang lebih kearah pada aplikasi lifting. Jadi hook ini hanya cocok digunakan pada aplikasi lifting saja.

Poin yang ketujuh yaitu anchor line hook. Jenis hook yang satu ini biasa digunakan untuk winch line dalam aplikasi menambat kapal. Jadi seperti fungsinya, aplikasi yang cocok untuk penggunakan jenis hook yang satu ini ya tentunya aplikasi pada industri perkapalan.

Lanjut lagi untuk poin yang ke delapan yaitu swivel hook. Swivel hook ini dirancang dengan penyambung yang memiliki poros, sehingga dapat berputar saat mengangkat barang. Putaran tersebut berfungsi untuk menstabilkan atau menyeimbangkan beban saat berputar dan juga mempertahankan bentuk wire rope agar tidak cepat rusak. Hook ini juga biasa digunakan pada aplikasi aplikasi lifting.

Selanjutnya jenis hook yang kesembilan yaitu twisted hook. Twisted hook ini memiliki bentuk penyambung yang agak sedikit berputar. Fungsi dari hook ini sendiri yaitu untuk aplikasi logging atau aplikasi lifting dan lashing pendistribusian kayu.

Untuk jenis hook yang ke sepuluh yaitu clamp hook atau tractor hook. Hook jenis ini bisa digunakan bersamaan dengan shackle. Jadi hook ini biasa digunakan untuk penyambung atau penghubung shackle. Dan untuk aplikasinya sendiri, hook ini biasa digunakan pada traktor ataupun truk pengangkut kayu pada aplikasi logging. Hook ini dapat digunakan untuk aplikasi lashing ataupun towing pada kayu-kayu yang ingin didistribusikan.

Finally jenis hook yang terakhir yaitu shurlock hook. Jenis hook ini di desian dengan memiliki pengunci otomatis. Jadi pengunci ini fungsinya untuk mencegah slipnya objek angkat saat diangkat, sehingga kemungkinan objek angkat terjatuh karena slip itu sedikit sekali dan hampir tidak sama sekali. Karena memiliki pengunci, jadi kegunaan dari shurlock hook ini cocok digunakan pada aplikasi lifting.

 

Oke temen-temen. Gimana?? udah pada jelas ya tentang apa saja sih jenis hook ini? dan apa aja sih fungsinya. Kami sudah memberikan semua bocorannya nih ke kalian. Jika kalian masih kurang jelas tentang fungsi utama dan kebutuhan kalian akan hook. Kalian bisa hubungi marketing staff kami di 021 691 9595. Semua jenis hook yang kami jual adalah hook asli dari produsen aslinya di luar negeri sehingga memiliki sertifikat dan juga terjamin kualitas dan kekuatannya.

hubungi asmarines