JENIS WIRE CLIP

Pada artikel kami sebelumnya, kami telah membahas tentang jenis-jenis alat rigging yang diproduksi oleh seluruh produsen rigging di dunia. Dan pada artikel ini, kami akan lebih menspesifikkan atau memfokuskannya pada tiap jenis alat rigging tersebut. Pada artikel ini kami akan membahas tentang jenis wire clip untuk anda yang baru memulai pekerjaan di dunia rigging, perkapalan, pertambangan dan aplikasi berat lainnya.

Tetapi walaupun begitu, artikel ini juga bisa digunakan sebagai tambahan informasi bagi anda yang sudah terjun pada bidang rigging, perkapalan dan lainnya yang membutuhkan wire clip sebagai salah satu alat bantunya. Tetapi seperti biasa, sebelum kami membahas tentang jenis wire clip yang ada saat ini terlebih dahulu kami akan menjelaskan sedikit tentang apa itu wire clip dan kegunaannya.

Wire Clip adalah salah satu dari beberapa jenis alat rigging yang memiliki fungsi untuk menahan ujung wire rope yang ditekuk membentuk mata kait. Pertemuan antara tekukan wire tersebut ditahan oleh beberapa wire clip agar ujung wire rope tidak kembali kebentuk semulanya yang lurus. Mungkin bahasa kami sedikit membingunkan, jadi kami akan memberikan kepada anda gambar agar pandangan anda terhadap penjelasan kami semakin jelas.

Jenis Wire Clip

Dari gambar diatas anda tentunya sudah memiliki gambaran bagaimana atau apa fungsi dari wire clip ini. Jadi kami jelaskan lagi sedikit yaitu dengan menekuk ujung wire rope kemudian diikat dengan satu buah wire clip dan seterusnya.

Sebagai tambahan informasi untuk anda bahwa Wire Clip ini tidak boleh digunakan hanya satu buah saja untuk pemasangannya pada mata wire rope. Sesuai dengan standard pemasangannya ( standard internasional ), wire clip harus dipasang pada terminasi wire rope sebanyak minimal 3 seperti gambar diatas.

Sedangkan keuntungan menggunakan wire clip ini sendiri untuk membuat wire rope sling anda yaitu :

  • Pemasangannya tidak permanen sehingga lebih flexible.
  • Mata sling bisa anda buka lagi dan wire rope anda kembali pada bentuk semula.

Kerugian dari terminasi menggunakan Wire Rope clip ini adalah Termination Efficiency ratingnya hanya 80%. Maksudnya adalah jika kekuatan angkat sebuah wire rope adalah 1 Ton, maka saat diterminasi menggunakan Wire Rope Clip kekuatannya berkurang menjadi 800Kg.

Jadi tentunya semua alat-alat rigging yang anda gunakan intinya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, jadi untuk penggunaannya tentunya harus sesuai dengan standard internasional. Kami menghimbau kepada pengguna alat rigging untuk mempelajari terlebih dahulu penggunaan alat rigging mereka sesuai dengan standardnya untuk meminimalisir bahkan meniadakan prosentase kecelakaan kerja.

Setelah kita tau tentang wire clip dan kegunaannya, maka setelah ini kita akan membahas apa saja sih jenis wire clip yang ada saat ini atau yang diproduksi di seluruh dunia saat ini??. Kami akan coba menjawabnya pada poin-poin berikut.

 

JENIS WIRE CLIP

Jenis wire clip yang ada saat ini sangat beragam, dan setiap jenis wire clip tersebut memiliki keunggulannya masing-masing untuk digunakan pada aplikasi tertentu. Jadi bagi anda pengguna wire clip, anda harus tau fungsi utama yang dimiliki tiap-tiap jenis wire clip yang ada. Agar nantinya penggunaan wire clip anda lebih maksimal dan lebih aman tentunya untuk digunakan pada aplikasi anda. Beberapa jenis wire clip yang umum digunakan di Indonesia diantaranya :

  1. Forged Us Wire Clip
  2. Bulldog Wire Clip
  3. Fist Grip Wire Clip

Jenis wire clip yang pertama yaitu forged US yang sangat umum digunakan di Indonesia. Dan yang kedua adalah bulldog wire clip yang memiliki badan lebih besar dan tebal sehingga memiliki daya tahan lebih baik. Dan yang trakhir adalah wire clip jenis fist grip yang didesain untuk pemasangan cepat yang dapat dipasangkan dengan dua tangan sekaligus saat mengencangkan bautnya.

Setiap jenis wire clip tersebut sebenarnya kegunaannya adalah sama yaitu untuk kebutuhan lashing, towing dan aplikasi ringan lainnya. Tetapi yang membedakan adalah daya tahan mereka saat digunakan untuk aplikasi tersebut, karena setiap jenis alat rigging pasti memiliki durasi pemakaian.

Jadi pilihlah jenis wire clip yang cocok untuk kebutuhan anda di Lapangan secara bijak. Dan jika anda ingin mencari wire clip dengan kualitas terbaik, silahkan hubungi staff marketing kami di 021 - 691 9595.

hubungi asmarines