PETUNJUK PEMASANGAN & PENGGUNAAN CONNECTING LINK

Sebelum anda menggunakan connecting link untuk menyambung rantai dengan alat rigging, anda diharuskan terlebih dahulu untuk mengerti petunjuk pemasangan dan juga petunjuk penggunaan dari Connecting Link itu sendiri. Hal ini diharapkan agar nantinya user tidak salah dalam melakukan penginstalan connecting link dan juga agar user tidka salah dalam penggunaan connecting link itu sendiri yang nantinya dapat berakibat fatal dan merugikan orang-orang disekitarnya saat Chain Sling / Sling Rantai digunakan untuk mengangkat.

Dengan anda mengetahui petunjuk pemasangan dan penggunaan dari connecting link, secara otomatis anda sudah mengurangi resiko kecelakaan kerja yang tentunya merugikan anda sendiri dan orang lain. Berikut adalah penjelasan tentang pemasangan dan penggunaan dari connecting link yang sesuai dengan standard internasional :

PETUNJUK PEMASANGAN CONNECTING LINK

Petunjuk Pemasangan Connecting Link Awal

  • Siapkan Connecting Link yang sudah dibongkar rangkaiannya, dan juga rantai yang akan disambung dengan connecting link tersebut.
  • Masukkan salah satu bagian connecting link kedalam lubang rantai sehingga terkait.
  • Gabungkan connecting link yang atas dengan yang bawah hingga lubang sambungnya bertemu (Lihat gambar dibawah ini).

Petunjuk Pemasangan Connecting Link Kedua

  • Setelah kedua lubang sambungnya bertemu, pasangkan penghubungnya / assembynya pada bagian tengah connecting link tersebut hingga lubang sambungnya bertemu ( lubang sambung connecting link dan lubang sambung assembly)
  • Pasangkan pengunci connecting link pada lubangnya dengan menggunakan alat bantu seperti palu atau alat bantu lainnya yang aman.

Petunjuk Pemasangan Connecting Link Terakhir

Diharapkan user dapat lebih memahami dengan melihat gambar yang dicantumkan diatas.

 

PETUNJUK PENGGUNAAN CONNECTING LINK

Setelah anda dapat memasang connecting link dengan baik dan benar, hal yang perlu anda pahami selanjutnya adalah cara penggunaan dari connecting link itu sendiri. Hal ini dimaksudkan agar user dapat memahami hal-hal apa saja yang boleh dan hal-hal apa saja yang tidak boleh dilakukan pada saat pengaplikasian connecting link untuk mengangkat atau menarik barang dengan sling rantai. Berikut adalah petunjuk penggunaan dari connecting link yang sesuai dengan standard internasional :

  • Connecting link dan rantai yang akan dihubungkan harus memiliki ukuran yang sama, tidak boleh lebih kecil atau lebih besar.
  • Jangan menjadikan connecting link sebagai pengganti master link.

Petunjuk Penggunaan Connecting Link satu

  • Jangan menggabungkan rantai kedalam satu connecting link dan menghubungkannya dengan alat rigging lain ( contoh : Hook, Shackle, dll )

Petunjuk Penggunaan Connecting Link dua

  • Jangan mengaitkan hook pada connecting link untuk membentuk posisi choker ( contoh : posisi choker untuk mengangkat pipa ).

Petunjuk Penggunaan Connecting Link tiga

 

Jika anda ingin bertanya lebih detail dan ingin melakukan pemesanan, silahkan hubungi marketing staff kami di 021 - 6919595 atau email ke marketing@asmarines.com

Jika anda ingin mengetahui informasi lain tentang petunjuk penggunaan alat-alat rigging lainnya, silahkan kunjungi artikel kami disini