Breaking Load Wire Rope

Wire Rope atau kawat sling adalah alat yang banyak digunakan di kapal dan pabrik untuk menarik dan mengangkat barang. Karena fungsinya tersebut breaking load atau kapasitas wire rope sangatlah penting dalam menentukan usia pakai wire rope tersebut.

Breaking load atau kapasitas wire rope ditentukan oleh beberapa hal:

1) Konstruksi wire rope. Konstruksi wire rope beragam mulai dari 1x19, 6x7, 7x19, 6x12, 6x24, 6x25, 6x29, 6x36, 6x37 sampai wire rope khusus seperti 19x7, 35x7 Non Rotating dan lainya. Konstruksi wire rope berbeda karena aplikasi dan kebutuhan di lapangan. Wire rope konstruksi tertentu lebih padat daripada wire rope konstruksi lain contohnya wire rope 6x36 (WS) IWRC, 6x29 (FI) IWRC lebih padat dibanding wire rope konstruksi 6x37 IWRC sehingga breaking load wire rope 6x36 dan 6x29 lebih tinggi dibanding wire rope 6x37. Untuk informasi lebih detil silahkan pelajari catalog wire rope.

2) Proses khusus seperti compacting membuat breaking load wire rope lebih tinggi. Compacting adalah proses memadatkan wire rope yang bisa dilakukan dengan menarik wire rope melewati dies khusus atau memukul wire rope dengan mesin sehingga isinya lebih padat. Wire rope yang melewati proses compacting isinya lebih padat sehingga breaking loadnya lebih tinggi dibanding wire rope biasa.

3) Core. Core adalah hati atau inti wire rope. Wire rope dililit mengelilingi core. Core wire rope bisa terbuat dari tali (HC atau FC) atau baja (IWRC). Wire Rope dengan core IWRC breaking loadnya lebih tinggi dibanding wire rope dengan core tali.

4) Grade. Grade wire rope menentukan kapasitas wire yang dipakai untuk membuat wire rope. Saat ini grade wire rope dibagi 4 yaitu:

PS (Plow Steel) 170 kgf/mm2
IPS (Improved Plow Steel) 180 kgf/mm2
EIPS (Extra Improved Plow Steel) 190 kgf/mm2
EEIPS (Extra Extra Improved Plow Steel) 200 kgf/mm2

Semakin tinggi grade suatu wire rope semakin tinggi juga breaking loadnya.

Demikian adalah beberapa hal yang mempengaruhi breaking load suatu wire rope. Dalam aplikasi usia wire rope sangat tergantung pada:

1) Kondisi peralatan

2) Pengetahuan operator

3) Penyimpanan dan perawatan

Untuk catalog wire rope, harga wire rope, dan informasi lain silahkan hubungi kami di (021) 6919595