Wire Rope Pengganti Rantai Jangkar

Wire Rope Sebagai bahan dasar tali jenis ini adalah benang/kabel baja.Benang-benangnya pejal dan jumlah benang untuk tiap-tiap kardil berkisar antara 19 – 61 benang. Tali kawat baja terdiri dari 6 kardil dan ditengahnya teras (hati) sebagai pengisi rongga dan mencegah gesekan diantara kardil kardilnya serta mencegah kerusakan bagian dalam. Teras dari kawat baja untuk tali-tali pintalan silang digunakan dikapal sebagai tali-tali tegak (laberang) karena lebih kuat dan kaku.

Sehari hari wire rope banyak digunakan dalam berbagai aplikasi contohnya di crane untuk mangangkat atau lifting, di industri kayu untuk menarik dan mengikat kayu, untuk elevator dan masih banyak lagi. Di industri perkapalan wire rope banyak dipakai untuk mengikat barang, menarik kapal, dan juga mengangkat. Selain tiga aplikasi diatas, wire rope juga bisa digunakan untuk menggantikan fungsi rantai jangkar sebagai pengikat jangkar. Berikut adalah panduan wire rope sebagai alternatif rantai jangkar mengikat jangkar kapal.

Wire rope dapat digunakan sebagai pengganti rantai jangkar pada kapal ukuran tertentu yaitu sebagai berikut :

  • Panjang kapal kurang dari 30 m, dua set wire rope dapat digunakan sebagai pengganti rantai jangkar.
  • Untuk panjang kapal antara 30m – 40 m salah satu rantai jangkar dapat digantikan oleh wire ropes.
  • Panjang wire rope harus 1,5 kali dari persyaratan panjang untuk jenis penggunaan rantai kapal dengan batas kekuatan tarik dan beban putus sama dengan rantai.

PT. Anugrah Sukses Marine adalah distributor peralatan kapal yang menjual berbagai jenis wire rope, jangkar, rantai jangkar untuk kebutuhan kapal anda. Untuk harga wire rope dan informasi lain silahkan hubungi kami di (021) 6919595.