Bagaimana Memilih Tambang Yang Tepat ?

Sama seperti barang lain di dunia, tambang atau tali adalah barang yang pada penggunaannya juga perlu untuk disesuaikan dengan kebuthan. Karena memilih tali atau tambang yang sesuai, akan membuat aplikasi lebih aman, nyaman, dan memberikan hasil yang diharapkan.

Karena itu, mengetahui sekilas tentang tali atau tambang, juga sangat perlu supaya kita bisa membandingkan, mana tali yang cocok kita pakai, mana yang tidak. Berikut uraian singkat tentang beberapa jenis tali yang umum untuk membantu kita memilih :

1. Tali Tambang HDPE

Tambang

Tali Tambang HDPE, banyak ditemukan dalam kehidupan sehari - hari untuk pemakaian di rumah tangga untuk jemuran, mengikat, bahkan untuk kerajinan tangan. Sedangkan dalam perdagangan atau dunia kerja, tali ini dipakai untuk mengikat, membuat tenda, membuat rumpon dalam budidaya laut, dan masih banyak lagi. Harga tali HDPE sangat bersahabat, dan dapat ditemukan dengan mudah, karena banyak yang menjual tambang jenis ini .

2. Tali Tambang Polypropylene

Tambang

Tali Tambang Polypropylene adalah tali tambang plastik dengan serat polypropylene sebagai pembentuknya. Biasanya ditemukan dalam dua jenis tali tambang, yaitu PP Monofilament dan PP Multifilament. Penggunaan secara umum biasanya untuk mengikat atau membuat jala - jala, juga pada aplikasi logging dan diperkebunan kelapa sawit. Sedangkan untuk penggunaan di kapal, tali ini biasanya dipakai untuk mengikat, menambat, dan menarik kapal. Karena banyak yang menjual tambang jenis ini juga, maka sulit menemukannya. Terutama pada perusahaan - perusahaan yang memang mengkhususkan diri pada penyediaan alat - alat kapal. Tambang jenis ini juga memiliki harga yang cukup bersahabat.

3. Tali Tambang Manila

Tambang

Tali atau tambang manila adalah salah satu tambang yang terbuat dari serat alami, yaitu dari serat tumbuhan pisang manila. Sifat tambang manila yang bisa mengetat saat seratnya makin kering menjadi kelebihannya, karena sekali tambang manila mengikat, maka simpul yang dihasilkan akan terus mengetat.

Pemakaian tambang manila dalam kehidupan sehari-hari bisa ditemukan pada wahana bermain alam, jembatan gantung, olahraga tarik tambang, bahkan dalam dekorasi kerajinan tangan. Umumnya menemukan tambang jenis ini tidak terlalu sulit, namun harus pada penjual tambang yang mengkhususkan diri menjual tambang atau tali tali khusus. Harga tambang manila juga cukup bersahabat meski tidak semurah tambang HDPE.

4. Tali Tambang Polyester

Tambang

Tali Tambang Polyester adalah tali tambang dengan serat yang memiliki beberapa kelebihan, yaitu sangat fleksibel, tahan panas, kuat, tahan sinar matahari, dan tahan terhadap gesekan. Karena kelebihannya tersebut, tali tambang polyester juga dikenal sebagai salah satu tali tambang dengan harga yang mahal, maka penggunaannya juga lebih terbatas. Biasanya ditemukan pada pemakaian di laut atau diatas kapal. Penjual tambang jenis ini juga terbatas dan tidak terlalu mudah ditemui.

5. Tali Tambang Nilon

Tali Tambang Nilon juga merupakan salah satu tali tambang termahal. Memiliki kelebihan sebagai salah satu serat terkuat dengan daya tahan terhadap matahari yang paling baik, dan tahan gesekan, fleksibel, namun memiliki kelemahan dalam berat. Tali tambang nilon termasuk tali tambang terberat dan termahal, itulah sebabnya oemakaiannya pun hanya pada bidang tertentu, seperti pada kapal . Tali nilon ini bisa ditemukan pada penjual tambang khusus untuk kapal .

6. Dan lain - lain

Berdasarkan uraian singkat diatas, utnuk memilih tali tambang yang benar, sesuaikan pilihan tali anda dengan :

  • Harganya, dan
  • Pemakaiannya

Tali tambang PT Anugrah Sukses Marine

Saat ini PT Anugrah Sukses Marine menjual tambang dengan berbagai jenis dan tingkatan harga. Mulai dari HDPE dan Manila yang berasal dari produsen lokal yang cukup dikenal kredibilitasnya, hingga tali tambang yang diimpor dari produsen yang juga kredibel di luar negeri.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi marketing di 021 691 9595, atau kirimkan email di marketing@asmarines.com.

 

Jakarta, 15 September 2017

 

Ditulis oleh Winny P