FUNGSI WEBBING SLING

Pada awalnya, webbing sling pertama kali diproduksi tentu memiliki suatu maksud dan tujuan, yaitu salah satunya adalah fungsi dari webbing sling itu sendiri. Fungsi dari webbing sling yang dapat menggantikan wire rope sling dan chain sling membuat webbing sling mulai diproduksi besar-besaran. Tetapi informasi yang kita butuhkan tentunya bukan hanya itu, maka kami akan menjelaskan beberapa fungsi dari webbing sling itu sendiri, yang gunanya agar anda lebih mengetahui tentang product knowledge seputar webbing sling yang kami jual.

Sejarah dari webbing sling berawal dari pembuatan sebuah webbing yang banyak membantu manusia diberbagai aspek pekerjaan dan hobi mereka. Webbing sendiri adalah anyaman / tenunan kain yang kuat dan dibuat berbentuk datar atau pipih dan juga berbentuk tabung dengan ukuran lebar yang berbeda-beda, tergantung dari kekuatan yang ingin diaplikasikan pada webbing tersebut.

FUNGSI WEBBING SLING ( WEBBING PIPIH )

Fungsi Webbing Sling Webbing Pipih

 

FUNGSI WEBBING SLING ( WEBBING TABUNG )

Fungsi Webbing Sling Webbing Tabung

Awalnya Webbing dibuat dengan menggunakan bahan katun yang tipis dan halus. Tetapi seiring perkembangan zaman, bahan pembuat webbing disempurkan dan diproduksi menggunakan Nylon, Polypropelene dan juga polyester sehingga webbing tersebut dapat memiliki nilai breaking load yang lebih tinggi yang tentunya semakin dapat membantu kebutuhan manusia. Sampai pada tahun 1970an, webbing sling disempurnakan lagi dengan membuatnya menggunakan bahan kevlar yang kekuatannya lebih kuat dibandingkan dengan baja.

Dengan berbagai macam serat yang digunakan untuk membuat webbing tersebut, tentunya membuat fungsi dari webbing ini semakin beragam. Dan berkat dari fungsi webbing yang beragam ini, pekerjaan manusia tentunya akan semakin mudah.

Sebelum kami membahas tentang fungsi webbing sling, terlebih dahulu kami akan membahas sedikit tentang fungsi dari webbing sebagai tambahan pengetahuan untuk anda. Karena hal ini juga berkaitan erat dengan fungsi webbing sling ini sendiri, sehingga nantinya anda tidak perlu mencari tau kembali fungsi-fungsi dari webbing sebenarnya.

Dalam Aplikasinya Webbing banyak digunakan pada berbagai aplikasi di bidang kegiatan atau bidang pekerjaan yang berbeda-beda pula. Apa sajakah fungsi webbing ini dikehidupan kita sehari-hari :

  1. Penggunaan Webbing pada tali parasut untuk mengikat manusia atau orang dengan parasutnya. Dalam aplikasi ini webbing biasa digunakan oleh orang-orang dibidang militer yang menggunakan parasut sebagai alat bantunya. Selain itu webbing juga digunakan di bidang pariwisata yang menggunakan parasut sebagai alat bantunya. Dan yang terakhir adalah fungsi webbing pada penggunaan parasut pada aplikasi di Pesawat Terbang.
  2. Penggunaan Webbing pada sabuk pengaman pada setiap kendaraan ( mobil, truk, kereta, pesawat, dll ). Dalam aplikasi ini webbing digunakan pada kebanyakan bidang transportasi yang menggunakan sabuk pengaman sebagai pelengkap prosedur keamanan kendaraan tersebut.
  3. Packaging / Lashing Cargo untuk mengikat Cargo atau barang-barang paket. Dalam aplikasi ini, webbing digunakan pada bidang Cargo / pengiriman barang. Selain itu aplikasi ini juga digunakan pada bidang transportasi untuk mengirim barang seperti pada cargo pesawat, truk, kareta api, dll. Dan aplikasi Lashing Cargo yang lain adalah di bidang Logging, yaitu Lashing pada kayu log untuk dikirim ke pabrik pengolahan kayu. Pada aplikasi ini webbing biasa digunakan bersamaan dengan ratchet strap dan juga webbing sling.
  4. Safety Webbing untuk alat keamanan seperti safety harness, pengikat kasur gantung. Dalam aplikasi ini, webbing biasa digunakan pada bidang pariwisata yang menggunakan safety harness atau alat ikat apapun untuk keamanan wahana pariwisatanya. Dan selain itu aplikasi ini juga digunakan dibidang Climbing / panjat tebing baik di alam terbuka ataupun di tempat latihan panjat tebing.
  5. Lifting Equipment untuk mengangkat barang. Pada aplikasi ini webbing banyak digunakan di bidang perkapalan, yaitu digunakan untuk mengangkat benda sebagai pengganti wire rope sling dan chain sling. Aplikasi lain yang menggunakan webbing sebagai alat lifting yaitu pada bidang konstruksi, yaitu digunakan untuk mengangkat beban untuk kebutuhan konstruksi bangunan rumah, gedung bertingkat, jembatan dan lain-lain. Webbing sling digunakan pada aplikasi ini.

FUNGSI WEBBING SLING YANG UTAMA

Dari kelima fungsi webbing diatas, dapat disimpulkan bahwa fungsi webbing sling yang utama adalah :

  1. Lashing
  2. Lifting

Kenapa fungsi webbing sling yang utama adalah digunakan pada aplikasi lashing dan lifting?? tentunya ada beberapa pertanyaan yang keluar dipikiran anda. Jawabannya adalah karena fungsi webbing sling yang berkaitan dengan aplikasi Lashing dan Lifting ini erat hubungannya pada mata webbing sling yang berada dimasing-masing bagian ujung webbing sling yang digunakan sebagai alat kait baik itu hook, atau alat kait lainnya.

Berikut ini adalah beberapa gambar fungsi webbing sling pada aplikasi lashing dan lifting :

Fungsi Webbing Sling untuk Lashing 1

Fungsi Webbing Sling untuk Lashing 2

Fungsi Webbing Sling untuk Lifting 1

Fungsi Webbing Sling untuk Lifting 2

 

Untuk pemesanan webbing sling atau jika anda ingin menanyakan seputar harga webbing sling yang kami jual, silahkan hubungi marketing staff kami di 021 -  6919595 atau email langsung ke marketing@asmarines.com