Jangkar Kodok / Stockless Hall Type Anchor

Jangkar adalah alat tambat kapal ke dasar perairan, di laut, sungai ataupun danau sehingga tidak berpindah tempat karena hembusan angin, arus ataupun gelombang. Jangkar dihubungkan dengan rantai yang terbuat dari besi ke kapal dan dengan tali pada kapal kecil, perahu. Jangkar didesain sedemikian sehingga dapat tersangkut di dasar perairan. Jangkar biasanya dibuat dari bahan besi cor.

Jangkar kodok dikembangkan pada akhir abad 19, jangkar jenis kodok merupakan awal penting untuk perkembangan jenis jangkar pada abad saat itu. Jangkar kodok atau Stocless anchor merupakan jenis jangkar haluan yang banyak digunakan pada kapal – kapal ukuran besar. Jangkar haluan adalah jangkar utama yang digunakan untuk menahan kapal di dasar laut dan selalu siap terpasang pada lambung kiri dan kanan haluan kapal, jangkar haluan ini beratnya sama. Jangkar haluan cadangan merupakan jangkar yang selalu siap sebagai pengganti apabila salah satu hilang, jangkar haluan cadangan ini ditempatkan di bagian muka dekat haluan, agar selalu siap bilamana diperlukan.

Jangkar tipe kodok ini memiliki tiang jangkar yang dapat bergerak Jangkar type ini sangat efektif bekerjanya, pada saat jangkar diturunkan maka bagian lengan akan bergerak kearah bawah dikarenakan adanya engsel pada bagian mahkota jangkar (crown), lengan dapat bergerak dengan sudut mencapai 45 derajat. Dengan posisi demikian maka bagian lengan jangkar akan menancap ke dasar laut lebih efektif. Sehingga pada saat tertarik oleh rantai jangkar dengan posisi tiang jangkar sejajar dasar laut maka jangkar akan semakin menancap. Untuk melepas dan mengangkat jangkar, posisi rantai jangkar ditarik tegak dan saat tiang jangkar pada posisi kearah tegak maka lengan jangkar akan terungkit sehingga cengkeraman jangkar lepas dan jangkar ditarik keatas.

PT. Anugrah Sukses Marine adalah distributor yang menjual jangkar kodok berbagai ukuran. Untuk harga jangkar dan informasi lain silahkan hubungi kami di (021) 6919595. Selain jangkar kami juga menjual rantai jangkar, sekoci, tali kapal, wire rope, OWS dan lainnya.