JENIS JANGKAR

Jangkar adalah perangkat penambat kapal ke dasar laut, sungai maupun danau yang membuat kapal tidak dapat berpindah tempat karena hembusan angin, arus ataupun gelombang saat jangkar tersebut diturunkan dari Kapal. Jangkar terdiri dari beberapa jenis jangkar yang memiliki fungsi yang berbeda, tetapi semua jenis jangkar dihubungkan dengan rantai yang terbuat dari besi ke kapal atau beberapa perahu kecil menggunakan tali sebagai pengikat jangkar tersebut.

Semua jenis jangkar tidak dapat berdiri sendiri, melainkan harus digabungkan atau dipasangkan bersamaan dengan perlengkapan lainnya. Perlengkapan jangkar ini merupakan sistem penanganan jangkar pada saat kapal sedang melakukan pergantian atau peremajaan jangkar.

JENIS PERLENGKAPAN JANGKAR

Jumlah dan ukuran semua jenis jangkar yang digunakan untuk sebuah kapal ditentukan berdasarkan peraturan dari biro klasifikasi seperti BKI, LR, ABS, dll yang sudah merupakan standard Internasional dalam setiap penggunaannya pada kapal. Begitu juga dengan perlengkapan yang digunakan sebuah kapal dalam menggunakan dan menyimpan jangkarnya pada kapal tersebut.

Jenis / macam dari perlengkapan jangkar tersebut diantaranya :

  • Hawse Pipe ( Tabung Jangkar )

Jenis Jangkar Perlengkapan jangkar Hawse Pipe

Hawse Pipe adalah bahawa sebuah pipa logam kuat yang dilalui Tali / Rantai Jangkar. Diameter dan tebal tabung hawse pipe ini tergantung dari diameter mata rantai jangkar. Sedangkan bahan yang digunakan untuk tabung rantai jangkar ( hawse Pipe ) ini terbuat dari besi tuang, baja tuang atau plat baja.

Panjang Tabung rantai jangkar ( hawse pipe ) ini disesuaikan dengan kebutuhan yang tergantung pada peletakan kemiringan tabung rantai jangkar, agar gesekan rantai dengan ujung tabung dapat diminimalisir sekecil mungkin. Hawse pipe ini juga dirancang sedemikian rupa agar jangkar saat diturunkan atau dinaikkan tidak sampai menggeser lambung haluan

 

  • Chain Pipe ( Tabung Rantai )

Jenis Jangkar Perlengkapan jangkar Chain Pipe

Chain Pipe ( tabung rantai ) adalah sebuah tabung / lubang di Geladak yang terbuat dari besi yang fungsinya untuk dilewati rantai ( Jalannya rantai ) saat jangkar diangkat ataupun diturunkan, agar rantai tidak kusut atau melilit.

 

  • Chain Controller

Jenis Jangkar Perlengkapan jangkar Chain Controller

Chain Controller yaitu sebuah alat yang digunakan untuk mengontrol rantai yang dijulurkan dan ditarik oleh kapal agar rantai saat turun kedasar laut tidak terlalu menjulur panjang didalam air, sehingga membahayakan kapal dan benda / hewan lain yang berada disekitarnya.

 

  • Chain Stopper

Jenis Jangkar Perlengkapan jangkar Chain Stopper

Chain stopper adalah sebuah alat yang terbuat dari besi / baja yang berfungsi untuk menghentikan laju rantai saat dijulurkan agar jangkar tidak terlepas dari kapal.

 

  • Eye Plate

Jenis Jangkar Perlengkapan jangkar Eye Plate

Eye Plate pada kedua sisi haluan kapal berfungsi untuk menurunkan dan menaikkan jangkar yang menggunakan windlass.

 

Dari kelima jenis perlengkapan jangkar tersebut, dapat anda lihat tempat-tempat atau lokasi dimana alat-alat tersebut dipasangkan pada kapal.

Jenis Jangkar Posisi Perlengkapan jangkar

 

JENIS JANGKAR YANG KAMI JUAL

Setelah anda mengetahui sedikit tentang jenis perlengkapan jangkar yang perlu anda perlukan, tentunya yang anda perlukan sekarang adalah jangkar itu sendiri. Untuk itu PT. Anugrah Sukses Marine menjual beberapa jenis jangkar yang anda butuhkan dengan berbagai ukuran dengan harga jangkar yang dapat anda bedakan dengan distributor jangkar yang lain.

Jenis jangkar yang kami jual diantaranya :

  • Jangkar Kodok
  • Jangkar Danforth

JENIS JANGKAR ( JANGKAR KODOK )

Jangkar kodok atau bisa juga anda sebut dengan Stockless Hall Achor adalah jangkar yang memiliki lengan dan badan yang dihubungkan dengan engsel dan tidak dilengkapi tongkat. Dalam menurunkan jangkar ini biasa digunakan mesin jangkar atau windlass, dan jangkar ini disimpan didalam tabung jangkar ( hawse pipe ) yang sebelumnya sudah kami jelaskan diatas. Jenis Jangkar kodok ini adalah salah satu jangkar yang paling populer, karena dirancang agar sesuai dengan lubang penyimpanan jangkar pada kebanyakan jenis kapal. Jangkar kodok ini digunakan umumnya pada kapal konvensional atau kapal komersil dan kapal pengangkut.

Berikut ini adalah gambar dari jenis jangkar kodok yang kami jual :

Jenis Jangkar Jangkar Kodok

 

JENIS JANGKAR ( JANGKAR DANFORTH )

Jenis Jangkar yang kedua yang kami jual adalah jangkar danforth. Jangkar Danforth adalah jenis jangkar yang memiliki daya cengkeram lebih baik dibandingkan dengan stockless anchor. Jangkar ini menggunakan sistem tradisional dalam cara kerjanya, dan dibuat berdasarkan Danforth Standard Anchor. Jangkar jenis ini didesain dengan penambat yang terbuat dari baja berkekuatan tinggi dan pegangan yang kuat dan besar. Namun karena adanya tongkat jangkar, maka kedua lengan jangkar tidak dapat menancap kedasar laut. Selain hal tersebut tiang jangkar tidak dapat langsung masuk kedalam Hawse Pipe ( Tabung Jangkar ) di Kapal. Jangkar jenis ini biasanya dipakai oleh kapal-kapal jenis khusus dengan ukuran panjang kapal sampai dengan 100 ft.

Berikut adalah gambar dari jenis jangkar danforth yang kami jual :

Jenis Jangkar Jangkar Danforth

 

Jika anda membutuhkan kedua jenis jangkar yang kami jual ini ataupun salah satu dari jenis jangkar ini, anda dapat menghubungi marketing staff kami di nomor 021 - 691 9595. Kami adalah distributor resmi alat-alat kapal yang salah satunya menjual 2 jenis jangkar ini. Kami sangat yakin dengan harga yang kami tawarkan kepada anda, karena harga yang kami dapat adalah harga langsung dari supplier kami di Luar Negeri, sehingga tidak melalui pihak ketiga, keempat dan seterusnya yang tentunya akan mempengaruhi harga dari jangkar tersebut.

Jika anda ingin mengetahui lebih detail tentang jangkar, silahkan kunjungi artikel website kami di :