Rantai Baja

 

Baja adalah logam paduan, logam besi sebagai unsur dasar dengan beberapa elemen lainnya, termasuk karbon. Kandungan unsur karbon dalam baja berkisar antara 0.2% hingga 2.1% berat sesuai grade-nya. Elemen berikut ini selalu ada dalam baja: karbon, mangan, fosfor, sulfur, silikon, dan sebagian kecil oksigen, nitrogen dan aluminium. Selain itu, ada elemen lain yang ditambahkan untuk membedakan karakteristik antara beberapa jenis baja diantaranya: mangan, nikel, krom, molybdenum, boron, titanium, vanadium dan niobium. Dengan memvariasikan kandungan karbon dan unsur paduan lainnya, berbagai jenis kualitas baja bisa didapatkan. Fungsi karbon dalam baja adalah sebagai unsur pengeras dengan mencegah dislokasi bergeser pada kisi kristal (crystal lattice) atom besi. Baja karbon ini dikenal sebagai baja hitam karena berwarna hitam

Penambahan kandungan karbon pada baja dapat meningkatkan kekerasan (hardness) dan kekuatan tariknya (tensile strength), namun di sisi lain membuatnya menjadi getas (brittle) serta menurunkan keuletannya (ductility).

Meskipun baja sebelumnya telah diproduksi oleh pandai besi selama ribuan tahun, penggunaannya menjadi semakin bertambah ketika metode produksi yang lebih efisien ditemukan pada abad ke-17. Dengan penemuan proses Bessemer di pertengahan abad ke-19, baja menjadi material produksi massal yang membuat harga produksinya menjadi lebih murah. Saat ini, baja merupakan salah satu material paling umum di dunia, dengan produksi lebih dari 1,3 miliar ton tiap tahunnya. Baja merupakan komponen utama pada bangunan, infrastruktur, kapal, mobil, mesin, perkakas, dan senjata. Baja modern secara umum diklasifikasikan berdasarkan kualitasnya oleh beberapa lembaga-lembaga standar.

PT. Anugrah Sukses Marine adalah importir dan distributor yang menjual berbagai macam rantai. Rantai yang kami jual banyak digunakan untuk aplikasi di berbagai industri seperti perkapalan, penangkapan ikan, konstruksi, perkebunan, transportasi, dan masih banyak lagi.

 

jenis rantai baja yang kami jual adalah:

1) Rantai jangkar. Sering disebut anchor chain atau rantai palang. Rantai jangkar kami sediakan mulai ukuran 12.5mm sampai 87mm, grade U2 dan U3 dilengkapi sertifikat dari Llyod.

2) Rantai Crosby. Kami menjual rantai baja Crosby spectrum 80 dan spectrum 100 dari Amerika. Rantai Crosby kami jual mulai ukuran 6mm sampai 24mm. Rantai Crosby dijual dalam bentuk drum atau meter.

3) Rantai Thiele. Thiele adalah rantai baja dari Jerman. Kami menjual rantai Thiele grade 80 yang banyak digunakan untuk aplikasi mengangkat / lifting.

 

Berikut adalah contoh rantai baja yang kami jual :