SLING WIRE ROPE / WIRE ROPE SLINGS

Sling wire rope / wire rope slings adalah bagian dari wire rope, yang maksudnya adalah wire rope yang dipotong dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan, dan kemudian masing-masing kedua ujungnya diterminasi untuk dibuatkan mata sebagai alat kait alat-alat lain seperti alat rigging, dll.

Mata sling wire rope bisa dibuat menggunakan tangan manusia ataupun dengan mesin. Teknik pembuatan sling wire rope memiliki sebutan yang berbeda, yang fungsinya tentunya untuk membedakan beberapa jenis mata sling wire rope tersebut. Beberapa teknik pembuatan mata sling wire rope tersebut diantaranya :

  1. Teknik Anyam yaitu teknik pembuatan mata sling wire rope dengan menggunakan tangan yang dibantu dengan alat penusuk yang fungsinya untuk menganyam atau merajut layaknya jarum.
  2. Terminasi yaitu teknik pembuatan mata sling wire rope dengan menggunakan mesin splice atau mesin press yang mata wire rope tersebut di press menggunakan ferrule.
  3. Teknik Clamp yaitu teknik pembuatan mata sling wire rope dengan menggunakan tangan yang dibantu dengan baut dan wire clip untuk mengikat wire rope sehingga membentu mata sling wire rope.
  4. Teknik Socket yaitu teknik pembuatan mata sling wire rope manual yang dibuat dengan menggunakan alat tambahan yang dinamakan socket, socket tersebut diisi dengan cairan khusus agar mengeras dan mengunci wire rope dengan socket agar tidak bisa terlepas.

Dari keempat teknik tersebut tentunya memiliki masing-masing keunggulan dan juga kelemahan. Selain memiliki keunggulan dan kelemahan yang berbeda-beda, keempat jenis mata sling wire rope tersebut pun digunakan untuk aplikasi yang berbeda-beda pula. Untuk gambar dan penjelasan dari keempat teknik pembuatan mata sling wire rope tersebut, akan kami jelaskan pada poin-poin dibawah ini :

 

TEKNIK ANYAM SLING WIRE ROPE

Teknik Anyam Sling Wire Rope

Seperti yang sudah kami jelaskan pada poin diatas, sling wire rope dengan teknik anyam adalah sling wire rope yang dibuat dengan dianyam manual oleh manusia dengan menggunakan alat anyam khusus untuk wire rope.

 

TEKNIK TALURIT SLING WIRE ROPE

Teknik Talurit Sling Wire Rope

Sedangkan sling wire rope dengan teknik talurit adalah teknik pembuatan sling wire rope dengan mesin press yang menggunakan perantara ferrule untuk mengunci mata wire rope agar tidak terlepas.

 

TEKNIK CLAMP SLING WIRE ROPE

Teknik Clamp Sling Wire Rope

Teknik yang ketiga adalah teknik pembuatan sling wire rope dengan teknik clamp, yaitu menggunakan wire clip atau wire clamp untuk mengunci mata wire rope tersebut. Untuk pembuatan sling wire rope dengan teknik clamp ini dibutuhkan wire clip untuk mengunci dan thimble / timbel untuk melindungi mata sling wire rope tersebut.

 

TEKNIK SOCKET SLING WIRE ROPE

Teknik Socket Sling Wire Rope

Yang terakhir adalah teknik pembuatan sling wire rope dengan menggunakan socket. Teknik pembuatan sling wire rope ini dilakukan secara manual dengan tangan, yaitu dengan membuka struktur wire rope paling atas, dan kemudian masukkan kedalam socket dan isi dengan cairan pengeras untuk mengunci wire rope dan socket agar tidak terlepas.

 

SLING WIRE ROPE

Sling wire rope / wire rope slings banyak digunakan untuk aplikasi mengangkat dan menarik barang. Selain sling dari bahan wire rope ada alternatif lain yaitu chain sling dan webbing sling. Dibanding chain dan webbing sling, sling wire rope punya keunggulan yaitu diantaranya :

  • harga yang relatif lebih murah.
  • mudah didapat dan dibuat.
  • bisa dibuat panjang
  • bisa digulung dalam winch.

Selain keuntungan diatas sling wire rope atau wire rope slings punya kekurangan yaitu:

  • Bisa berkarat.
  • Susah diinspeksi terutama bagian core atau bagian dalam.
  • Membuat barang kotor karena terdapat gemuk.

Pemakaian dan perawatan sling wire rope / wire rope slings sangat penting untuk memastikan. Hal hal yang harus diperhatikan untuk meningkatkan keamanan operasional :

  1. Pastikan membeli sling wire rope / wire rope slings dari penjual yang terpercaya.
  2. Cek pastikan sling wire rope yang diterima dalam keadaan baik dan sesuai spesifikasi. Hal yang harus dicek: sling wire rope baru, tidak berkarat, tidak ada kawat yang keluar, diameter dan panjang sesuai permintaan.
  3. Minta sertifikat.
  4. Simpan wire rope sling ditempat yang aman, tidak terkena matahari langsung, taruh ditempat terlindung dari air, baik air hujan, maupun genangan air.
  5. Beri gemuk atau lubrikasi jika tidak dipakai.
  6. Jangan dipakai melebihi beban yang seharusnya.

PT. Anugrah Sukses Marine adalah distributor sling wire rope / wire rope slings terpercaya. Kami diberi kepercayaan oleh pabrik terkemuka dunia seperti Manho, Blue Strand dan Kiswire untuk merepresentasikan produk mereka di Indonesia. Sehingga kami berhasil menjadi distributor resmi sling wire rope dari Manho, Blue Strand ( Bridon ), Kiswire, Teufelberger, dll yang melayani pembelian diseluruh Indonesia.

Kami dapat menjamin bahwa sling wire rope yang kami jual adalah sling wire rope yang asli, baru dan tentunya bersertifikat, sehingga anda tidak perlu khawatir untuk bertransaksi dengan kami. Jika anda membutuhkan jasa untuk pembuatan sling wire rope, kami menyediakan fasilitas pembuatan sling wire rope dengan teknik apapun ( anyam, talurit, socket, clamp ) yang tentunya untuk fokus pelayanan kepada para customer kami. Kami menyediakan mesin press bagi anda yang ingin membuat sling wire rope dengan teknik talurit. Selain itu kami juga memiliki karyawan yang telah memiliki pengalaman puluhan tahun dalam pembuatan sling wire rope secara manual baik dengan teknik anyam, socket dan clamp, sehingga anda tidka perlu jauh-jauh mencari jasa pembuatan sling wire rope diluaran sana.

Selain menyediakan jasa pembuatan sling wire rope, kami juga menyediakan mesin tes tarik / tes bed bagi anda yang membutuhkan sertifikat tes tarik. Kami menyediakan mesin tes tarik dengan kapasitas 200 Ton yang ada di Gudang kami, sehingga anda dapat melihat langsung prosesnya dan tentunya sertifikat yang kami keluarkan pun sudah tentu pasti sesuai dengan apa yang telah di tes tarik dengan mesin tes tarik tersebut.

Dapatkan sling wire rope / wire rope slings yang aman dipakai. Untuk informasi silahkan hubungi marketing kami.