TALI TAMBANG / TALI KAPAL

Tali tambang / tali kapal adalah kumpulan lapisan linear, benang atau helai yang bengkok atau dikepang bersama dalam rangka untuk menggabungkan mereka ke dalam bentuk yang lebih besar dan lebih kuat. Tali tambang / tali kapal memiliki kekuatan tarik sehingga dapat digunakan untuk mengangkat ataupun menarik benda dan kendaraan. Kelemahan dari Tali tambang / tali kapal ini adalah tidak dapat menekan benda atau mendorong benda.

Pada awalnya, manusia menggunakan akar-akaran dan serat tanaman dalam membuat tali tambang / tali kapal ini. Seiring perkembangan jaman, mereka mengembangkan tali-tali sederhana tersebut dengan menggunakan beberapa utas serat serta memilinnya agar menyatu. Teknologi pembuatan tali tambang / tali kapal ini diperkirakan sudah dikenal manusia sejak beberapa ribu tahun yang lalu.

Pada jaman dahulu, tali tambang / tali kapal ini dibuat dari bahan-bahan seperti serat pohon kurma, linen, rerumputan, papyrus, kulit atua bulu-bulu binantang. Cara membuat tali tambang / tali kapal tersebut pun sangat sederhana, yaitu dengan cara mengeringkan serat-serat atau bulu tersebut dan kemudian dibasahi terlebih dahulu sebelum dibuat menjadi tali.

Tali Tambang Tali Kapal

 

JENIS TALI TAMBANG / TALI KAPAL

Saat ini bahan untuk membuat tali tambang dibagi menjadi 2 yaitu bahan alami (natural fiber) dan bahan buatan (synthetic fiber). Yang termasuk bahan alami untuk tali adalah serat yang diambil dari tumbuhan, kebanyakan tumbuhan abacca dan sisal. Tali tambang / Tali kapal dari bahan alami contohnya tali jute, tali sisal, dan tali manila.

Tali tambang / tali kapal dari serat synthetic biasanya terbuat dari bahan baku plastik seperti Polypropylene, Polyethylene, Nylon, dan Polyester.

Tali tambang / tali kapal yang terbuat dari bahan alami seperti manila dan sisal mempunyai keuntungan yaitu harga jualnya murah dan seratnya kasar. Karena keuntungan kedua, tali tambang dari bahan alami banyak digunakan untuk membuat tangga di kapal.

Selain keuntungan diatas, tali alami punya kelemahan yaitu tidak tahan lembab dan breaking load tidak tinggi. Karena kekurangan kekurangan ini, dan tuntutan pemakaian tali yang lebih tinggi maka tali dari bahan sintetik diciptakan.

Tali tambang dari serat sintetis punya keuntungan yaitu: Tahan air, tahan oli, dan bahan kimia, kekuatan yang lebih tinggi, dan tahan gentakan sehingga banyak dipakai di kapal untuk aplikasi yang butuh kekuatan tinggi seperti menambat (mooring) dan menarik (towing line).

Untuk penjelasan dari masing-masing jenis tali tambang / tali kapal diatas, akan kami jelaskan pada poin dibawah ini :

 

TALI TAMBANG / TALI KAPAL TIPE TALI PP ( POLPROPYLENE )

Tali tambang / tali kapal tipe tali PP ( Polypropylene ) yang kami jual terdiri dari 2 tipe yaitu diantaranya :

  • Tali Tambang Polypropylene Monofilament ( PP Mono )
  • Tali Tambang Polypropylene Multifilament ( PP Multi )

Kedua tali tambang / tali kapal tipe tali PP ini mempunyai bahan dasar yang sama yaitu serat polypropylene. Yang membedakan keduanya adalah proses produksi dan ukuran serat yang dihasilkan dari proses produksi kedua tali tambang / tali kapal tipe ini.

Tali Tambang / Tali Kapal tipe PP mono memiliki ukuran serat lebih besar dibandingkan serat tali tambang / tali kapal tipe PP Multi. Secara fisik Tali PP mono mempunyai permukaan lebih kasar dan benangnya lebih besar, sedangkan PP multi memiliki permukaan yang lebih halus.

Tali Tambang Tali Kapal PP Mono dan PP Multi

 

TALI TAMBANG / TALI KAPAL TIPE TALI MANILA

Tali tambang / tali kapal tipe tali manila adalah tali terbaik untuk digunakan pada kapal sehari-hari. Tali Manila ini dapat meregang lebih kurang 25% dari panjang aslinya. Secara garis besar proses produksi tali tambang tipe ini adalah dengan cara dipilin menjadi yarn, dan yarn tersebut dipilin kembali menjadi strand dengan jumlah 3 atau 4 strand, lalu dipilih kembali membentuk tali. Karena sifatnya yang menyerap air, tali manila banyak digunakan untuk membuat tangga di Kapal, dan juga dibuat jala-jala.

Tali Tambang Tali Kapal Manila

 

TALI TAMBANG / TALI KAPAL TIPE TALI NILON

Tali Tambang / Tali kapal tipe Tali Nilon ini memiliki kekuatan yang superior, yang artinya sangat kuat untuk digunakan pada aplikasi tarik dan angkat. Tali Nilon ini banyak digunakan pada berbagai industri seperti perkapalan, dok, manufaktur, transportasi, otomaotif, oil & gas, logging, perikanan, crane, konstruksi, bongkar muat, dll.

Selain memiliki kekuatan yang superior, tali tambang tipe tali nilon ini juga memiliki permukaan yang halus dan lembut, tetapi tidak membuatnya rentan terhadap gesekan. Walaupun tali ini halus dan lembuat, tetapi kemampuannya dalam hal gesekan sangatlah kuat. kelebihan lainnya adalah tahan terhadap sinar UV, zat-zat kimia dan tidak membusuk. Karena daya tahan dari tali nilon ini, tali ini menjadi sangat berguna untuk pekerjaan apapun dan dalam situasi apapun..

Tali Tambang Tali Kapal Tali Nilon

 

PT. Anugrah Sukses Marine adalah distributor yang menjual berbagai tali tambang dan tali kapal terlengkap dengan berbagai macam ukuran dan tipe. Kami adalah agen tali tambang / tali kapal Dong Yang dan Manho dari Korea untuk wilayah Indonesia. Selain itu kami juga agen tali tambang manila dari Gurita. Untuk harga berbagai tali tambang silahkan hubungi kami di (021) 6919595.