Tipe Jangkar Kapal

Berikut adalah beberapa tipe jangkar kapal yang umum:

1) Jangkar AC14, banyak dipakai untuk kapal komersil dan aquaculture

2) Jangkar Hall, Spek, Byers, dan Union banyak dipakai untuk kapal kapal pengangkut dan komersil

3) Jangkar Danforth banyak dipakai untuk kapal komersil dan boat

4) Jangkar Stevin dan Flipper Delta sering disebut high holding power anchor karena kemampuan menahan beban yang tinggi banyak digunakan untuk offshore aplikasi seperti oil rig

5) Jangkar Pool - kapal pesiar

6) Jangkar Baldt banyak digunakan untuk kapal angkatan laut Amerika

 

Tipe Jangkar Anchor

 

Pembahasan :

1. Jangkar AC14

Jangkar tipe AC14 adalah jenis jangkar stockless High Holding Power, yang artinya anda dapat mengurangi 25% dari berat yang biasanya diperlukan untuk jangkar konvensional . Jangkar tipe AC14 ini adalah jangkar yang paling serba guna dibandingkan dengan semua jenis jangkar lain. Jangkar AC14 ini digunakan pada industri perkapalan dan perairan. Jangkar ini memiliki nilai efisiensi yang lebih tinggi dari jangkar sebelumnya karena user dapat menurunkan beratnya sesuai dengan yang dibutuhkan ( asal tidak terlalu besar atau berbeda jauh dengan berat jangkar sebenarnya ).

Kenapa jangkar ini paling serba guna diantara jangkar lain? Karena jangkar ini mempunyai kekuatan cengkram yang sangat tinggi. Jangkar ini di design dengan penambat besar dan tajam kebawah, sehingga hal inilah yang membuat jangkar tipe AC14 ini paling serba guna. Walau di dalam tanah yang tak berkarang sekalipun, jangkar ini masih dapat menambat kapal. Hal ini dikarenakan besarnya penambat saat masuk kedalam tanah, sehingga kedalaman dari jangkauan penambat inilah faktor yang dapat menambat kapal tersebut.

2. Jangkar Hall

Jangkar tipe Hall adalah jenis jangkar stockless bow. Jangkar ini digunakan umumnya pada kapal konvensional atau kapal komersil dan kapal pengangkut.

3. Jangkar Spek

Jangkar tipe Spek adalah jangkar yang didesign sesuai dengan ukuran tempat penyimpanan jangkar pada kapal. Jangkar jenis ini dulu paling umum digunakan, khususnya pada kapal konvensional atau kapal komersil dan kapal pengangkut. Jangkar ini biasa tersedia dari ukuran 80Kg sampai dengan 15 ton

4. Jangkar Byers

Jangkar tipe Byers adalah jenis jangkar konvensional stockless anchor. Jangkar ini digunakan umumnya pada kapal konvensional atau kapal komersil dan kapal pengangkut. Jangkar ini biasa tersedia dari ukuran 20Kg sampai dengan 20 ton.

5. Jangkar Union

Jangkar tipe Union ini jenisnya sama dengan jangkar Byers yaitu termasuk dalam jenis jangkar konvensional stockless anchor.  Jangkar ini digunakan umumnya pada kapal konvensional atau kapal komersil dan kapal pengangkut. Jangkar ini biasa tersedia dari ukuran 20Kg sampai dengan 20 ton.

6. Jangkar Danforth

Jangkar tipe Danforth ini merupakan jenis jangkar yang memilik daya cengkeram lebih baik dibanding dengan Stockless Anchor. Jangkar ini memakai sistem tradisional dalam cara kerjanya, dan dibuat berdasarkan Danforth Standard Anchor. Jangkar jenis ini di design dengan penambat yang terbuat dari baja berkekuatan tinggi dan pegangan yang kuat dan besar,  namun karena adanya tongkat jangkar maka kedua lengan jangkar tidak dapat menancap kedasar laut. Selain hal tersebut tiang jangkar tidak dapat langsung masuk ke Hawse Pipe (urlup jangkar) dikapal. Jangkar jenis ini biasanya dipakai oleh kapal-kapal jenis khusus dengan ukuran panjang kapal sampai 100 ft.

7. Jangkar Stevin

Jangkar tipe Stevin ini adalah jenis jangkar high holding power Anchor. jangkar ini asli buatan (design) Vryhof yang dulunya mengalahkan semua jangkar yang ada pada saat itu. Meskipun pada awalnya jangkar ini hanya dirancang untuk industri offshore saja, tetapi ternyata jangkar tipe Stevin ini telah melayani berbagai aplikasi selain pada industri pengerukan.

8. Jangkar Flipper Delta

Jangkar tipe Flipper Delta ini adalah jenis jangkar High Holding Power Anchor, jangkar ini didesign untuk kebutuhan industri offshore karena memiliki high holding power capacity. Kelebihan dari jangkar tipe Flipper Delta ini yaitu memiliki efisiensi yang sangat baik dalam hal berat dan holding powernya, selain itu konstruksinya halus dan bagus untuk berbagai jenis tanah. Kelebihan lainnya yaitu mudah dilakukan bongkar pasang agar memudahkan dalam pengirimannya saat pembelian jangkar ini.

9. Jangkar Pool

Jangkar tipe Pool ini banyak dikatakan orang jangkar yang paling indah dibandingkan dengan jangkar lainnya. Mungkin hal ini adalah salah satu alasan mengapa banyak kapal pesiar dan Yacht besar menggunakan jangkar tipe ini sebagai penambat. Tetapi hal ini tidak berarti bahwa jangkar ini tidak digunakan di kapal pembawa kargo. Malah sebaliknya, beberapa pengirim container terbesar di dunia melengkapi semua kapal mereka dengan jangkar jenis ini.

Penambat pada jangkar tipe Pool ini dibuat dengan dua lempengan baja yang dilas bersamaan, hal ini yang membuat Penambat dari Jangkat ini berlubang. Tetapi konstruksi ini justru membuat jangkar memiliki resistensi yang besar terhadap kekuatan tariknya. Jangkar ini juga di design agar dapat masuk dalam wadah penyimpanan jangkar pada kapal.

10. Jangkar Baldth

Jangkar tipe Baldt ini adalah jenis jangkar Conventional Stockless Anchor. Dibuat pertama kali pada tahun 1901, Tetapi Jangkar jenis ini telah digunakan untuk kapal Angkatan Laut Amerika pada saat era Perang Dunia sejak tahun 1945. Akhirnya pada tahun 1954 Jangkar ini mulai didistribusikan untuk industri Offshore.

 

PT. Anugrah Sukses Marine adalah Distributor dan Supplier Alat-alat kapal yang menjual jangkar dengan tipe jangkar kapal jangkar kodok dan jangkar danforth. Untuk tipe jangkar kapal lainnya, seperti yang telah kami sebutkan diatas, dapat anda pesan secara indent karena kami tidak menyediakannya di Gudang kami. Tapi jangan khawatir, karena kami selalu bisa mendatangkan barang dengan kebutuhan khusus anda demi pencapaian kepuasan para pelanggan / customer kami. Segera hubungi marketing staff kami di 021 - 691 9595.