CARA MERAWAT RANTAI

Bagi anda pengguna rantai yang selalu rutin anda gunakan pada kehidupan anda sehari-hari, baik itu dalam pekerjaan anda atau dalam keseharian anda, tentunya sangat membutuhkan informasi tentang cara merawat rantai anda agar memiliki durable yang lebih lama. Sehingga tentunya alokasi dana anda untuk membeli rantai yang baru dapat ditekan, sehingga dana tersebut dapat anda gunakan untuk kebutuhan anda yang lain.

Selain dapat menekan biaya, tentunya jika anda tau cara merawat rantai yang benar, anda juga dapat mengurangi bahkan meniadakan kecelakaan kerja baik itu dirumah maupun di tempat kerja anda. Karena apa? tentunya karena rantai yang anda gunakan selalu terjaga kualitasnya. Pada artikel kami kali ini, kami akan berbagi beberapa informasi yang bisa anda aplikasikan pada rantai anda nantinya, sehingga anda dapat merawat rantai anda sendiri tanpa harus menyuruh orang lain yang tentunya dapat menambah biaya. Selain itu kami juga akan membahas sedikit tentang ciri rantai yang sudah tidak layak pakai, sehingga jika anda menemukan beberapa faktor tersebut nantinya di Lapangan, anda sudah harus membuang rantai yang anda miliki tersebut, karena jika tidak demikian tentunya akan dapat membahayak orang-orang yang bekerja di sekitar rantai yang anda gunakan tersebut.

 

CARA MERAWAT RANTAI YANG BENAR

Setiap barang tentunya membutuhkan perawatan yang dimaksudkan untuk memanjangkan usia pakai dari barang tersebut. Hal ini tentunya dapat dikaitkan juga dengan perawatan rantai. Dengan mengetahui cara merawat rantai yang benar, anda akan mendapatkan banyak keuntungan yaitu diantaranya :

  • Menekan biaya pembelian rantai baru.
  • Mengurangi jumlah kecelakaan kerja.
  • Menambah umur rantai menjadi lebih lama.
  • Menghindari pengaratan yang dapat berdampak pada alat lain yang terbuat dari besi jika bersentuhan.

dari beberapa faktor tersebut tentunya anda mungkin tertarik dengan artikel cara merawat rantai yang benar pada artikel kami kali ini. Karena dengan membaca artikel ini, tentunya akan menambah pengetahuan anda nantinya dan dapat anda infokan juga pada kerabat dan teman kerja anda, sehingga semakin banyak yang mengetahui informasi tentang cara merawat rantai yang benar ini.

Apa saja sih cara merawat rantai yang benar untuk menambah durasi pemakaian rantai anda?? tentunya anda penasaran dong. Langsung aja kalo gitu akan kami infokan pada beberapa poin dibawah ini. Berikut adalah cara merawat rantai yang benar sesuai dengan pengalaman yang sudah kami dapatkan bertahun-tahun lamanya dalam bidang kerja kami ini :

  1. Cat ulang rantai sebelum rantai terlihat berkarat, sehingga rantai anda akan bebas dari karat.
  2. Lapisi dengan lapisan anti karat secara rutin, seperti galvanis, stainless ataupun oli dan gemuk.
  3. Cek secara berkala sambungan rantai yang anda miliki agar anda dapat mengontrol rantai anda.
  4. Hindari pemakaian rantai yang bergesekan langsung dengan benda.
  5. Jangan menggunakan rantai untuk kapasitas yang pas ataupun melebihi nilai WLLnya, usahakan beban yang anda angkat atau tarik harus dibawah nilai WLLnya.
  6. Jangan gunakan sling rantai untuk mengangkat atau menarik dengan sudut lebih dari 90°.

Nah poin-poin tersebut adalah beberapa cara merawat rantai yang benar yang dapat anda terapkan pada penggunaan rantai di tempat anda bekerja maupun dirumah anda. Dengan anda mengaplikasi poin-poin yang telah kami sampaikan diatas, tentunya kami harapkan rantai yang anda miliki dapat lebih awet untuk anda gunakan.

Ingat..!! jangan terlalu memaksakan kekuatan rantai yang anda miliki, karena akan dapat membahayakan diri anda dan orang-orang di lingkungan sekitar anda juga. Kami tidak dapat menjamin kekuatan rantai yang anda miliki jika anda terlalu memaksakan kekuatan rantai yang anda miliki dan sangat tidak kami sarankan juga. Untuk itu berhati-hatilah selalu dalam mengaplikasikan rantai yang anda miliki atau yang perusahaan anda miliki.

 

CARA MENGETAHUI RANTAI YANG SUDAH TIDAK LAYAK

Sesuai dengan apa yang sudah kami sampaikan pada paragraf paling atas, bahwa selain kami memberikan beberapa informasi tentang cara merawat rantai yang benar, kami juga akan memberikan kepada anda semua tentang cara mengetahui rantai yang sudah tidak layak pakai, sehingga rantai tersebut harus segera anda buang. Karena apa?? tentunya karena dapat membahayakan lingkungan kerja anda dan membahayakan karyawan atau orang-orang yang bekerja disekitarnya.

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan jika anda memiliki sebuah rantai untuk membantu pekerjaan anda dirumah ataupun di pekerjaan anda, agar anda dapat meminimalisasi kerugian dan jumlah kecelakaan kerja di tempat anda. Berikut adalah beberapa poin tentang cara mengetahui rantai yang sudah tidak layak pakai untuk anda ketahui bagi anda yang memiliki rantai dirumah atau ditempat kerja anda :

  1. Rantai tampak berkarat hampir diseluruh bagian rantai, kurang lebih jika anda ukur yaitu rantai tersebut berkarat lebih dari 60% total keseluruh panjang rantai.
  2. Sambungan mata rantai sudah ada yang terbuka.
  3. Mata rantai yang sudah berbentuk lonjong ( tidak seperti bentuk aslinya ).
  4. Ada mata rantai yang retak atau gompal.

Jadi poin-poin diatas adalah hal-hal yang perlu anda ketahui untuk melihat rantai yang sudah tidak layak pakai, sehingga harus cepat-cepat anda buang, karena akan dapat membahayak prang-orang disekitar rantai tersebut saat rantai tersebut digunakan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda semua, dan jika anda membutuhkan rantai yang asli dan berkualitas bagus anda dapat menghubungi marketing staff kami di nomor 021 - 691 9595.

Kami adalah distributor resmi untuk produk alat-alat kapal yang salah satunya adalah rantai. Kami menjual rantai dari luar negeri dengan merk dagang yang bervariasi seperti :

  • Crosby
  • Thiele
  • Toplink
  • PWB

Rantai yang kami jual adalah rantai asli dan berkualitas yang tentunya tidak perlu anda ragukan lagi kualitasnya, karena kami selalu menjual barang dengan sertifikat yang mendampingi barang tersebut, sehingga barang yang kami jual dapat dijamin kekuatan dan keasliannya. Dan dengan anda memiliki rantai yang bersertifikat, tentunya anda dapat bekerja dengan aman dan nyaman tanpa perlu takut dengan inspeksi yang dilakukan pihak inspektor lapangan.

hubungi asmarines