FUNGSI HOOK

PT. Anugrah sukses marine adalah distributor dan importir alat-alat kapal yang menjual alat-alat kapal yang asli dan berkualitas. Apa yang dimaksud dengan asli dan berkualitas disini? yang kami maksud asli dan berkualitas adalah alat-alat kapal yang memiliki sertifikat resmi yang membawanya datang langsung dari luar negeri. Jadi anda akan mendapatkan alat-alat kapal yang asli dan berkualitas jika anda bertransaksi dengan kami.

Kami adalah distributor resmi yang ditunjuk langsung oleh produsen alat-alat kapal dluar negeri sana. Sehingga kami pun memiliki surat resmi tanda sebagai distributor resmi di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Tapi bukan itu bahasan utama yang menjadi topik dari artikel ini. Yang akan kami bhas disini adalah fungsi hook. Apa itu hook? Hook adalah salah satu jenis alat rigging yang digunakan sebagai alat bantu angkat, tarik dan juga ikat. Jadi hook ini adalah alat bantu yang tidak berdiri sendiri. Hook harus disambungkan pada sling baik itu sling rantai, wire rope ataupun tali.

Jika hook ini sudah disambungkan dengan sling tersebut, maka hook ini sudah dapat digunakan untuk mengangkat, menarik dan juga mengikat barang. Hook sendiri memiliki bentuk seperti alat kait berbentuk seperti tangan bajak laut atau seperti simbol "tanda tanya" terbalik. Untuk lebih jelasnya tentang bentuk dari hook ini, anda dapat melihatnya pada gambar dibawah ini :

 

Seperti yang dapat anda lihat, hook diatas berbentuk seperti tanda tanya terbalik yang bagian bawahnya lah yang digunakan sebagai pengait.

Nah setelah kita semua tau tentang fungsi hook, maka bahasan selanjutnya adalah bagaimana cara memasang hook ini pada sling. Jadi tentunya kalian juga harus mempelajari tentang tata cara memasang hook pada sling ini dengan baik dan benar. Jadi jika secara logika, hook yang memiliki penyambung berbentuk lingkaran kenapa bisa tersambung dengan rantai yang juga berbentuk lingkaran. Keduanya sama-sama tidak memiliki celah untuk saling bisa dimasukkan. Jadi gimana ya cara menyambungkan hook ini pada sling rantai??

Jawabannya adalah dengan menggunakan alat tambahan yang dinamakan dengan connecting link atau hammerlock. Connecting link ini adalah alat rigging khusus yang memang memiliki fungsi sebagai penyambung atau penghubung antara rantai dengan alat rigging lainnya. Jadi cara pemasangan hook dengan sling rantai ini cukup mudah. Anda tinggal membuka connecting link menjadi 2 bagian. Dan mengaitkan bagian pertama dengan lubang hook, kemudian mengaitkan lubang kedua dengan rantai. Setelah itu pasang kembali connecting link ke bentuk semulanya. Dan alhasil rantai dan hook anda akan sudah dapat terhubung dengan kuat sehingga sudah bisa digunakan untuk aplikasi angkat dan juga tarik. Berikut adalah gambar sling rantai yang terhubung dengan hook menggunakan connecting link sebagai penghubungnya.

 

Dan hal kedua yang akan kita bahas selanjutnya adalah bagaimana menyambungkan hook dengan wire rope sling. Karena seperti kasus rantai dan hook yang sama-sama berbentuk lingkaran. Hal yang sama disini juga terjadi pada mata wire rope sling yang juga berbentuk lingkaran yang tidak punya sela untuk dimasukkan pada lingkar penyambung hook.

Jawabannya adalah dengan menyambungkan hook pada wire rope terlebih dahulu sebelum wire rope tersebut dibuat menjadi wire rope sling. Jadi wire rope sling yang sudah jadi tidak akan bisa disambungkan dengan hook kalian, melainkan kalian harus sudah menyambungkannya dari awal pembuatan wire rope sling kalian. Untuk itu kalian memang sudah harus merencanakannya terlebih dahulu tentang kebutuhan kalian akan wire rope sling kalian. Apakah kalian membutuhkan shackle dapat pengangkatannya?? ataukah dengan hook??. Jika dengan hook maka kalian harus melakukan cara tersebut terlebih dahulu.

Jadi gimana temen-temen? udah pada jelas ya apa yang sudah kami jelaskan tentang fungsi hook ini dan juga cara pemasangannya?. Jika kalian tertarik untuk membeli hook dan wire rope, kalian bisa menghubungi marketing staff kami di 021 691 9595. Kami juga menyediakan alat pembuat wire rope sling dan bisa anda lihat langsung proses pembuatannya, sehingga kalian tenang aja. Kalian ga perlu repot-repot mikirin cara bikin wire rope sling kalian sendiri. Percayakan kebutuhan alat-alat kapal kalian hanya di www.asmarines.com.

hubungi asmarines