Jangkar Kapal

Menurut Wikipedia Jangkar adalah perangkat penambat kapal ke dasar perairan, di laut, sungai ataupun danau sehingga tidak berpindah tempat karena hembusan angin, arus ataupun gelombang. Jangkar kapal dihubungkan dengan rantai yang terbuat dari besi ke kapal dan dengan tali pada kapal kecil, perahu. Jangkar kapal didesain sedemikian sehingga dapat tersangkut di dasar perairan. Jangkar kapal biasanya dibuat dari bahan besi cor.

Jangkar sekarang sudah menjadi simbol untuk berbagai kegiatan maritim atau kelautan. Untuk itu Jangkar merupakan peranan penting pada sebuah kapal.

SEJARAH JANGKAR

Jangkar bermula dari sebuah batu besar yang digunakan nelayan untuk menampat kapalnya atau perahunya saat di perairan laut. Sedangkan orang Yunani kuno membuat jangkar dari karung yang berisi pasir dan kayu Log dan diisi lagi dengan Timah sebagai pemberatnya. Seiring perkembangan jaman, akhirnya pada abad ke-19 pembuatan jangkar ini disempurnakan hingga menjadi sempurna. Dengan perhitungan yang akurat, jangkar dibuat agar dapat menambat secara otomatis saat jangkar dilepaskan dari Kapal masuk kedalam air laut. Setelah sampai pada dasar laut dan kapal bergeser, penambat yang ada pada jangkar akan masuk kedalam tanah sampai pada akhirnya kapal tertambat dengan sempurna.

 

 

Ditinjau dari kegunaan, maka jangkar beserta perlengkapannya harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  • Jangkar-jangkar diatas kapal harus memenuhi persyaratan mengenai berat, jumlah dan kekuatannya
  • Panjang, berat dan kekuatan rantai jangkar harus cukup
  • Rantai jangkar harus diikat dengan baik dan ditempatkan sedemikian rupa sehingga dapat di lepaskan dari sisi luar bak rantainya.
  • Peralatan jangkar termasuk bentuknya, penempatannya dan kekuatannya harus sedemikian rupa hingga jangkar itu dengan cepat dan mudah dilayani
  • Harus ada jaminan, agar pada waktu mengeluarkan rantai, dapat menahan tegangan-tegangan dan sentakan-sentakan yang timbul.

Gaya yang bekerja pada Jangkar:

  • Pada waktu kapal berlabuh (membuang jangkar) pada kapal bekerja gaya-gaya sebagai berikut :
  • Gaya tekanan angin yang ada pada batas di atas permukaan air, di sini diperhitungkan super structure dan deck house
  • Gaya tekanan air pada bagian bawah
  • Gaya energi yang ditimbulkan oleh gelombang. System gaya dalam keadaan setimbang bila jumlah gaya luar T yang terdapat pada lubang rantai jangkar C akan sama besarnya dengan gaya tarik dari jangkar A sebesar TO dengan catatan arah TO terletak di bidang horizontal. Keseimbangan tidak akan terjadi kalau rantai di titik A membentuk sudut dengan bidang horizontal.

Walau bentuk dan tampilan sama, tidak semua jangkar diproduksi sama, dapatkan jangkar berkualitas dan bersertifikat dari PT. Anugrah Sukses Marine. Selain jangkar kami juga menjual rantai jangkar, wire rope, tali kapal, dan lainnya. Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami di (021) 6919595.

Untuk pemesanan jangkar kapal dan lebih detailnya tentang yang kami jual silahkan kunjungi http://www.asmarines.com/pemesanan-jangkar-kapal,-rantai-jangkar-and-aksesoris