JENIS ALAT RIGGING

Pada artikel ini kami akan coba untuk membahas jenis alat rigging yang saat ini banyak digunakan pada aplikasi-aplikasi yang ringan, menengah hingga aplikasi yang berat. Tetapi sebelum kami menjelaskan apa saja jenis alat rigging yang ada pada saat ini, terlebih dahulu kami akan menjabarkan sedikit tentang Rigging itu sendiri.

Dengan mengetahui apa itu rigging, tentunya wawasan anda akan semakin luas dan informasi-informasi yang saat ini belum anda ketahui dapat tersampaikan pada artikel kami ini. Hal-hal positif mengenai pengetahuan tentunya sangat penting bagi kita, karena teknologi saat ini terus menerus berkembang dan manusia diwajibkan untuk mengikutinya. Dengan cara apa kita dapat mengikuti perkembangan zaman ini?? salah satunya adalah dengan membaca informasi-informasi yang belum diketahui dan juga informasi-informasi baru yang terus diupdate didunia internet.

Langsung aja pada pokok pembicaraan kita.. apa itu rigging?? Rigging adalah  Suatu metode yang digunakan untuk mendukung pelaksanaan pekerjaan. Pekerjaan tersebut yang dimaksud adalah Mooring, Towing, Lifting dan Lashing. Sedangkan Alat rigging sendiri adalah alat-alat yang digunakan untuk mendukung pekerjaan tersebut. Alat-alat ini bisa anda namakan dengan alat bantu ataupun aksesoris.

Sedangkan untuk aplikasi-aplikasi atau bidang pekerjaan yang menggunakan metode Rigging ini tentunya juga perlu kami jelaskan. Ada beberapa aplikasi atau bidang pekerjaan yang tidak lepas dengan metode Rigging ini, karena memang metode rigging ini adalah faktor penting yang menjadi alat bantu untuk aplikasinya. Beberapa bidang pekerjaan yang menggunakan metode rigging ini diantaranya adalah :

  • Industri Perkapalan
  • Industri Pertambangan
  • Industri Konstruksi
  • Industri Manufaktur
  • Industri Oil and Gas

Industri-industri tersebut sangat membutuhkan berbagai jenis alat rigging untuk mempermudah pekerjaan pada aplikasinya. Kenapa demikian?? karena memang metode rigging ini fungsinya untuk mempermudah dan meringankan pekerjaan pada aplikasi yang sedang dijalani. Dan aplikasi yang ada pada industri-industri diatas kebanyakan adalah aplikasi yang berat sehingga tenaga manusia sudah tidak sanggup lagi untuk digunakan.

Sedangkan untuk aplikasinya sendiri yang bisa menggunakan metode rigging ini sendiri juga beragam. Tentunya info ini juga kami rasa penting untuk anda ketahui, sehingga anda tidak salah menggunakan alat rigging untuk aplikasi yang anda gunakan. Beberapa aplikasi yang menggunakan metode rigging untuk digunakan yaitu diantaranya :

  • Lifting
  • Lashing
  • Towing

Aplikasi-aplikasi diatas adalah beberapa aplikasi yang memang kebanyakan menggunakan alat-alat dengan beban yang berat, sehingga dibutuhkan bantuan dengan alat rigging sebagai alat pendukung untuk mengerjakan aplikasi tersebut.

Setelah kita berbicara tentang industri dan aplikasi yang biasa menggunakan metode rigging ini. Maka bahasan kita selanjutnya yaitu mengenai apa saja sih jenis alat rigging itu?? Tentunya karena rigging adalah sebuah metode, maka metode tersebut haruslah memiliki banyak variasi. Kenapa demikian?? karena tentunya metode yang dibutuhkan untuk aplikasi lifting, lashing dan towing di berbagai industri tentunya juga bervariasi, baik dari segi pengaplikasiannya maupun keadaan lokasinya.

Dengan memiliki jenis alat rigging yang bervariasi, tentunya metode rigging akan menjadi sangat membantu pekerjaan setiap orang yang sedang ingin menyelesaikan pekerjaannya di Lapangan. Beberapa jenis alat rigging tersebut diantaranya adalah :

  1. Shackle
  2. Masterlink
  3. Wire Clip
  4. Turnbuckle
  5. Thimble
  6. Swivel
  7. Connecting Link
  8. Hook / Ganco / Gancu
  9. Eye Bolt
  10. Load binder

 

Jika anda membutuhkan kesepuluh alat-alat rigging tersebut untuk aplikasi anda atau jika anda membutuhkan jenis alat-alat kapal yang lain, jangan ragu untuk menghubungi staff marketing kami di nomor 021 - 691 9595. Kami adalah distributor resmi alat-alat kapal berkualitas dan tentunya asli.

hubungi asmarines