JENIS MASTERLINK

Pembahasan kami selanjutnya tentang jenis alat rigging yang lain yaitu adalah tentang masterlink. Kami akan membahas jenis masterlink yang saat ini sangat umum diproduksi oleh semua produsen alat-alat rigging diseluruh dunia. Karena memang saat ini banyak sekali orang-orang yang membutuhkan masterlink sebagai alat bantunya. Tetapi yang kami takutkan adalah banyak pengguna masterlink yang menggunakan master link tanpa mengetahui fungsi dari masing-masing jenis masterlink yang ada tersebut.

Walaupun tentunya masih banyak orang-orang yang tau pasti apa fungsi dari setiap jenis masterlink yang ada, tetapi pada artikel kami kali ini, kami ingin menginformasikan tentang jenis-jenis masterlink tersebut bagi anda yang baru saja memulai dunia yang menggunakan peralatan rigging terutama pada artikel ini adalah masterlink.

Dengan mengerti fungsi dari masing-masing masterlink secara benar, tentunya penggunaan dari masterlink yang anda beli dan gunakan akan lebih maksimal. Karena kita semua tau bahwa penggunaan dari masterlink kebanyakan digunakan untuk penggunaan pada aplikasi berat, sehingga akan sangat menyayangkan jika anda tidak menggunakan masterlink anda secara benar dan maksimal.

Tapi sebelum kami menjelaskan apa saja jenis masterlink yang ada saat ini, terlebih dahulu kami akan membahas sedikit tentang pengertian dari masterlink dan kegunaannya.

Masterlink adalah salah satu jenis alat rigging yang digunakan sebagai alat penyambung yang berbentuk lingkaran yang fungsinya sebagai alat sambung antara hook dan sling, baik itu wire rope sling, chain sling maupun rope sling. Tetapi masterlink biasa atau sangat cocok digunakan untuk menyambung wire rope sling lebih dari satu, sehingga menjadi satu rangkaian yang bisa anda lihat pada gambar dibawah ini :

Jenis Masterlink

Bagian paling atas berwarna merah adalah satu satu dari jenis masterlink. Tentunya anda sudah dapat terbayang fungsi dari masterlink itu sendiri setelah melihat gambar diatas. Setelah kita tau apa itu masterlink dan gambarannya, maka selanjutnya poin yang akan kami bahas adalah jenis masterlink itu sendiri yang merupakan inti dari artikel ini. Beberapa jenis masterlink yang perlu anda ketahui adalah :

  1. Weldless Masterlink
  2. Welded Masterlink
  3. Weldless End Link
  4. Weldless Ring
  5. Pear Shaped Link
  6. Assembly Masterlink

Dari keenam jenis masterlink tersebut tentunya memiliki fungsi dan keunggulannya masing-masing saat digunakan pada aplikasinya. Dan keenam jenis masterlink tersebut akan kami coba bahas pada artikel kami kali ini.

 

***

Yang pertama adalah jenis masterlink Weldless Masterlink yang artinya masterlink yang tidak dilas atau disambung yang berarti dicetak langsung.

Jenis Masterlink Weldless

Jenis masterlink weldless ini adalah jenis masterlink yang cocok digunakan untuk penggunaan wire rope sling satu atau dua kaki ( one leg & two legs ). Jika anda menggunakan lebih dari itu tentunya tidak kami sarankan, karena akan mempercepat kerusakan pada masterlink tersebut.

 

***

Jenis masterlink yang kedua yaitu masterlink welded masterlink yang artinya masterlink ini di las disalah satu bagiannya sebagai sambungan.

Jenis Masterlink Welded

Jenis masterlink welded ini adalah jenis masterlink yang kegunaannya sama dengan masterlink weldless yaitu cocok digunakan untuk aplikasi dengan wire rope sling one leg dan juga two legs. Kami juga tidak menyarankan masterlink jenis ini untuk digunakan pada aplikasi sling dengan jumlah kaki lebih dari itu.

 

***

Jenis masterlink yang ketiga yaitu weldless end link, yang artinya sama seperti jenis masterlink yang pertama yaitu masterlink yang tidak dilas atau disambung disemua bagiannya. Tetapi bedanya, jenis masterlink yang satu ini adalah jenis masterlink yang juga digunakan untuk aplikasi lifting dengan menggunakan one leg sling atau two legs sling. Masterlink tipe ini juga dapat diletakkan dibagian atas sling ataupun dibagian ujung bawah sling sesuai dengan kebutuhan di Lapangan, oleh karena itu dinamakan End Links karena peletakannya yang selalu di paling ujung bawah maupun atas.

Jenis Masterlink Weldless End links

Untuk gambar dari jenis masterlink end links ini dapat anda lihat pada gambar diatas. Untuk bentuknya sendiri terlihat lebih ramping dan kurus, sehingga terlihat lebih kecil.

 

***

Jenis masterlink yang keempat yaitu Masterlink Weldless Ring yang artinya masterlink ini tidak mengalami pengelasan atau penyambungan pada badannya dan masterlink ini berbentuk bulat sempurna seperti ring sehingga dinamakan weldless ring.

Jenis Masterlink Weldless Ring

Jenis masterlink ini cocok untuk digunakan untuk semua jenis pengangkatan. Maksudnya dapat digunakan untuk pengangkatan dengan jumlah sling hingga 4 sling atau 4 legs sling. Karena bentuknya yang lebar dan diameter ketebalan yang lebih besar, masterlink ini dapat menampung jumlah sling yang banyak. Tetapi penggunaan masterlink ini sudah tidak distandardkan lagi oleh asosiasi sertifikasi lifting dunia, karena penggunaannya yang dirasa kurang aman.

 

***

Jenis masterlink yang kelima yaitu pear shaped links yang artinya bentuknya seperti buah pir. Untuk gambarnya sendiri dapat anda lihat pada gambar dibawah ini.

Jenis Masterlink Pear Shaped Links

Jenis master link ini sangat cocok digunakan untuk aplikasi lifting dengan menggunakan 2 kaki atau multi legs sling. Bentuk bawahnya yang lebih besar memungkinkan masterlink ini untuk dipasangkan dengan 2 wire rope sling. Tetapi jika anda memasukkan one legs sling atau satu sling kedalamnya tentunya sling tersebut akan mudah dapat bergerak atau tidak pas, sehingga terjadi gesekan pada badan masterlink yang membuat umurnya lebih cepat.

 

***

Jenis masterlink yang terakhir yaitu jenis masterlink assembly yang artinya masterlink ini adalah masterlink yang disambung sehingga memiliki kaki pengait. Untuk lebih jelasnya dapat anda lihat pada gambar dibawah ini :

Jenis Masterlink Assembly

Jenis masterlink ini adalah jenis masterlink yang sangat cocok untuk digunakan pada aplikasi lifting dengan jumlah kaki 3 ataupun 4 kaki ( 3 or 4 legs ). Jenis masterlink yang satu ini adalah inovasi untuk menggantikan jenis masterlink ring yang bundar, agar kekuatan angkatnya lebih maksimal.

Jika anda membutuhkan salah satu dari keenam jenis masterlink diatas, jangan ragu untuk menghubungi staff marketing kami di 021 - 691 9595. Kami adalah distributor resmi alat-alat rigging dan juga alat-alat kapal berkualitas dan telah tersertifikasi.

hubungi asmarines