JENIS RANTAI

Rantai adalah alat bantu yang terbuat dari material utama logam yang merupakan satu kesatuan dari beberapa mata rantai yang dirangkai menjadi satu sehingga memiliki panjang tertentu. Saat ini banyak sekali jenis rantai yang dijual dipasaran, sehingga kami tertarik untuk membuat artikel yang berjudul jenis rantai ini. Tentunya dengan kami buatnya artikel ini, kami harapkan dapat membantu user untuk menentukan mana rantai yang berguna untuk kebutuhan mereka di Lapangan ataupun sebagai tambahan pengetahuan bagi para pembaca artikel ini.

Di jaman yang serba cepat ini, banyak produsen rantai yang mulai memproduksi rantai dengan berbagai tipe dan jenis guna untuk memenuhi kebutuhan akan usernya. Tentunya selain membantu user, para produsen rantai ini juga ingin meningkatkan penjualannya dengan merangkul para user untuk beralih menggunakan rantai baru yang telah mereka produksi. Untuk itu dengan adanya artikel ini, kami harap para pembaca dapat membedakan mana rantai yang sesuai dengan kebutuhannya dan mana rantai yang tidak. Dengan itu, nantinya para user tidak akan salah dalam membeli rantai yang mereka butuhkan dan tentunya agar tidak ada kerugian karena salah membeli rantai untuk kebutuhan mereka.

Tapi sebelum kami membahas tentang apa saja jenis rantai tersebut, alangkah baiknya kami paparkan terlebih dahulu fungsi atau kegunaan dari beberapa jenis rantai secara umum. Dengan demikian kami berharap para user nantinya dapat menggolongkan sendiri mana aplikasi yang mereka geluti saat ini dengan menggunakan rantai sebagai alat bantunya. Berikut adalah kegunaan rantai secara umum tanpa membedakan jenis rantai masing-masing :

  • Alat angkat : secara umum rantai digunakan untuk alat angkat, dan tentunya hanya rantai yang memiliki nilai breaking load yang sesuai dengan beban angkat tersebut. Dalam hal ini, rantai secara umum dapat digunakan untuk aplikasi angkat berat ( heavy lift ) dan juga angkat ringan ( light lift ). Beberapa contoh aplikasi angkat yang menggunakan rantai yaitu di bidang konstruksi dan perkapalan.
  • Alat tarik : secara umum rantai digunakan untuk alat tarik yang kebanyakan digunakan pada aplikasi transportasi baik itu derek mobil maupun aplikasi lainnya di bidang transportasi tersebut dan juga pada aplikasi perkapalan yaitu tarik kapal maupun perahu dan juga untuk alat tarik jala untuk menjaring ikan di laut dalam kapasitas besar.
  • Alat ikat : secara umum rantai digunakan untuk alat ikat yang kebanyakan digunakan pada aplikasi di bidang logging, rumah tangga ( ikat hewan peliharaan ) dan juga cargo sebagai alat ikat barang.
  • Dekorasi : secara umum rantai digunakan untuk dekorasi ruangan yang desainer dari ruangan tersebut mengkonsepkan desain interiornya bernuansa rantai.

setelah kita sama-sama tau tentang kegunaan rantai secara umum, maka penjelasan kami yang selanjutnya akan lebih kami spesifikan lagi, yaitu menggolongkan jenis rantai pada setiap aplikasi-aplikasi tersebut. Hal ini kami rasa penting agar nantinya para user tidak salah dalam membeli rantai untuk kebutuhan mereka. Sehingga nantinya mereka tidak akan mengalami kerugian materi dan juga waktu. Selain itu akan sangat berbahaya jika menggunakan rantai yang salah untuk aplikasi berat seperti alat angkat dan alat tarik yang tentunya karena akan dapat membahayakan orang-orang yang sedang bekerja disekitar rantai tersebut.

 

JENIS RANTAI BERDASARKAN FUNGSINYA

Karena banyaknya fungsi dari jenis rantai yang diproduksi produsen rantai, maka akan kami coba golongkan jenis rantai tersebut berdasarkan fungsinya agar para user dapat lebih jelas dalam membedakan jenis rantai yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Beberapa jenis rantai berdasarkan fungsinya tersebut yaitu diantaranya adalah :

  1. Rantai Baja
  2. Rantai Besi
  3. Rantai Jangkar
  4. Rantai Stainless Steel
  5. Rantai Galvanis

Kami membatasi jenis rantai tersebut karena kami sesuaikan dengan bidang yang kami geluti saat ini. Karena jika kami paparkan juga jenis rantai diluar bidang yang kami geluti saat ini tentunya akan menjadi tidak etis bagi para penulis yang ingin membuat artikel jenis rantai sesuai dengan bidang mereka. Dalam hal ini contoh jenis rantai yang tidak kami bahas adalah rantai motor, rantai hias, rantai plastik, dll.

Tentunya selain tidak etis bagi para penulis lain, kami juga tidak memiliki pengalaman di bidang lain yang tentunya akan membuat artikel ini kurang terpercaya dengan kami tulisnya jenis rantai yang tidak sesuai dengan bidang kami. Karena kami tidak akan tau apakah ada kesalahan dalam pemaparan tulisan kami tersebut atau tidak.

Sedangkan jenis rantai yang kami geluti yang sudah kami sebutkan diatas tersebut, merupakan jenis-jenis rantai yang menjadi pekerjaan kami sehari-hari. Jadi kami sangat yakin dengan pengalaman kami dengan menulis artikel jenis rantai tersebut. Langsung saja kembali pada pembahasan mengenai jenis rantai berdasarkan fungsinya tersebut, akan kami coba jelaskan satu persatu.

1. RANTAI BAJA

Rantai baja adalah rantai yang terbuat dari material besi baja yang tentunya sangat kuat dan kokoh. Rantai jenis ini dapat anda gunakan pada kebutuhan anda akan angkat berat ( heavy lift ). Kami hanya menyarankan penggunaan rantai baja pada aplikasi heavy lift karena memang rantai ini akan menjadi kurang maksimal digunakan jika anda menggunakannya pada aplikasi light lift ( angkat ringan ). Selain uang yang anda keluarkan lebih besar, tentunya akan sangat timpang jika anda gunakan untuk aplikasi angkat ringan, karena rantai baja memiliki kekuatan besar tetapi malah anda gunakan pada aplikasi ringan.

 

2. RANTAI BESI

Jenis rantai yang kedua adalah rantai besi. Rantai besi ini adalah rantai dengan material besi yang memiliki kekuatan dibawah rantai baja. Biasanya rantai besi digunakan untuk aplikasi ringan seperti light lift pada bidang konstruksi dan alat ikat hewan peliharaan. Rantai ini memiliki kelemahan yaitu rawan pengaratan, sehingga jenis rantai besi ini hanya cocok digunakan di indoor ataupun tempat-tempat yang tidak rawan pengaratan.

 

3. RANTAI JANGKAR

Sesuai dengan namanya, jenis rantai yang ketiga ini adalah rantai yang digunakan untuk aplikasi jangkar pada kapal. Rantai ini terbuat dari material besi baja yang dilapisi cat dan karbon sehingga dapat menahan karat jika dicelupkan pada air laut. Rantai jangkar ini dibuat dengan ukuran lebih besar dari rantai baja, sehingga user akan mudah dalam membedakan kedua jenis rantai tersebut.

 

4. RANTAI STAINLESS STEEL

Rantai Stainless Steel adalah pengembangan dari rantai besi, karena rantai stainless steel ini adalah rantai besi yang dilapisi lapisan stainless steel untuk dapat menahan karat. Mengingat kelemahan dari rantai besi yang sudah kami jelaskan diatas, yaitu tidak tahan terhadap karat, maka para produsen rantai melakukan inovasi dengan memberikan lapisan yang dapat menahan karat dengan kemampuan rantai yang sama. Biasa rantai stainless steel digunakan pada aplikasi di daerah pantai ataupun kapal. Tetapi saat ini banyak para desainer interior menggunakan rantai ini menjadi barang hiasan untuk ruangannya karena kilau dari rantai stainless steel ini yang cantik dan indah.

 

5. RANTAI GALVANIS

Inovasi akan rantai besi  yang kedua yaitu rantai galvanis. Rantai galvanis ini adalah rantai besi yang dilapisi dengan lapisan galvanis yang bahan utamanya adalah seng. Rantai dengan lapisan galvanis ini dapat menahan karat sehingga dapat digunakan untuk aplikasi didaerah rawan karat seperti pantai dan laut. Bedanya dengan rantai stainless steel adalah rantai galvanis ini lebih difokuskan pada penggunaan alat angkat pada daerah rawan pengaratan, sedangkan rantai stainless lebih digunakan pada dekorasi dan pelengkap alat-alat kapal. Lapisan galvanis juga lebih murah, sehingga jika digunakan pada aplikasi angkat juga tidak akan merugikan pembelinya. Sedangkan rantai stainless steel akan sangat sayang digunakan jika tergores saat digunakan untuk aplikasi angkat.

 

Nah beberapa jenis rantai diatas tentunya akan dapat membantu anda dalam menggolongkan kebutuhan anda dengan jenis rantai itu sendiri. Kami berharap artikel ini dapat menjadi inspirasi anda dalam memilih jenis rantai yang sesuai dengan kebutuhan anda. Dan jika anda membutuhkan kelima jenis rantai tersebut, kami dapat menghadirkan kebutuhan akan kelima jenis rantai tersebut untuk anda. Karena kami adalah distributor resmi alat-alat kapal yang menjual kelima jenis rantai tersebut yang tentunya rantai yang kami jual adalah rantai yang baru, berkualitas dan juga bersertifikat, sehingga anda tidak perlu ragu dengan kualitas dan keaslian dari rantai yang kami jual tersebut.

hubungi asmarines