JENIS TALI

Tali adalah kumpulan lapisan linear, benang, ataupun helai yang bengkok atau dikepang bersama dalam rangka untuk menggabungkan helai-helai tersebut kedalam bentuk yang lebih besar dan lebih kuat. Tali memiliki jenis yang berbeda-beda tergantung fungsi asal dari tali tersebut. Jenis tali dapat dibedakan menjadi beberapa tipe yang akan kami jelaskan dibawah ini. Tali dapat dibuat dari bahan berserat panjang dan berserabut, namun umumnya terbuat dari serat alami atau sintetis tertentu. Serat-serat sintetis secara signifikan lebih kuat daripada serat alami, namun juga memiliki kelemahan tertentu.

Sebelum kami menjelaskan tentang jenis tali, kami ingin menjelaskan sedikit tentang tali yang tentunya nantinya akan berkaitan dengan jenis tali itu sendiri.

 

AWAL MULA DICIPTAKAN JENIS TALI

Pada awalnya jenis tali hanya dibedakan berdasarkan material pembuatnya, yaitu menggunakan akar-akaran dan juga menggunakan serat tanaman. Namun seiring perkembangan jaman, manusia kemudian mengembangkan tali-tali sederhana tersebut dengan menggunakan beberapa utas serat serta memilinnya agar menyatu. Dengan diciptakannya tali-tali yang tersebut dari serat ini, mulailah terdapat jenis-jenis tali yang beraneka ragam.

Teknologi pembuatan tali diperkirakan sudah dikenal manusia sejak sekitar 28.000 tahun yang lalu. Hal ini dapat dibuktikan dengan penemuan bentuk tali yang tercetak pada lempung yang terbakar yang ditemukan di Benua Eropa. Sedangkan tali tertua ditemukan di salah satu gua di Lascaux, Perancis yang berupa fosil tali berdiameter sekitar 7 mm. Fosil tali tersebut diperkirakan berasal dari peradaban manusia yang hidup sekitar 15.000 tahun sebelum masehi.

Sedangkan Bangsa yang pertama kali menemukan alat khusus untuk membuat dan memproduksi tali, kemungkinan besar adalah bangsa Mesir kuno, pada sekitar 4000 hingga 3500 tahun sebelum masehi. Mereka menggunakan suatu gelendong ( spindle ) untuk membantu dalam pembuatan tali. Bangsa mesir saat ini menggunakan tali sebagai salah satu peralatan dalam pembangunan Piramida. Pada masa itu batu-batu besar ditarik oleh ribuan pekerja dengan menggunakan tali-temali.

Awal Mula Pembuatan Jenis Tali

 

JENIS-JENIS TALI

Seiring perkembangan jaman, tali dibuat dengan berbagai macam bentuk dan juga material pembuatnya. Dari sebab ini, jenis-jenis tali menjadi semakin beragam pula. Hal ini membuat manusia semakin berkembang dalam hal peradaban dan juga dalam hal pembangunan.

Dengan munculnya berbagai jenis tali yang ada saat ini, pekerjaan manusia menjadi terasa semakin cepat dan juga mudah. Pola pikir mereka dalam menggunakan tali pun semakin beragam, dan menumbuhkan semakin bervariasinya hal-hal baru yang muncul dalam penggunaan berbagai macam jenis tali ini. Hal-hal inilah yang membuat manusia semakin berkembang pesat dalam hal peradaban dan pembangunan yang sudah kami sebutkan diatas. Jenis-jenis tali tersebut dapat dibedakan menjadi beberapa kategori yaitu diantaranya adalah sebagai berikut :

 

JENIS TALI BERDASARKAN MATERIALNYA ( BAHAN PEMBUATNYA )

Jenis tali yang pertama adalah jenis tali yang dapat dibedakan berdasarkan materialnya. Kita semua sudah tahu bahwa tali dari jaman dahulu hingga sekarang pasti mengalami suatu perubahan. Dalam hal ini adalah beraneka ragamnya material pembuat dari tali ini sendiri.

Jenis-jenis tali berdasarkan material pembuatnya dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu :

  1. Tali Tumbuhan dan Hewan
  2. Tali Serat Sintetis
  3. Tali Baja

Dari beberapa material pembuat dari jenis tali yang telah kami jelaskan diatas, harga tali dari setiap material pembuatnya tentunya berbeda-beda. Hal ini dikarenakan berbedanya harga bahan dasar dari masing-masing jenis tali tersebut.

 

1. JENIS TALI TUMBUHAN DAN HEWAN

Jenis tali yang pertama adalah jenis tali dari tumbuhan dan hewan. Jenis tali ini terbuat dari material serat-serat tumbuhan dan juga bulu dan hasil hewan.

  • Yang pertama akan kami jelaskan adalah Jenis Tali dari material serat tumbuhan. Tali ini terbuat dari serat-serat tumbuhan alami yang dapat anda temukan diseluruh belahan dunia. Contoh sebagian dari jenis tali yang terbuat dari serat-serat tumbuhan ini diantaranya : Tali dari serat ganja, tali manila, tali rami, tali katun, tali sabut kelapa, dll. Dari beberapa jenis tali tersebut, tali yang tersedia digudang kami adalah Tali Manila, karena tali manila yang kami jual sangat cocok untuk kebutuhan di bidang perkapalan, lashing dan juga dekorasi.
  • Yang kedua adalah jenis tali dari material bulu hewan dan hasil produksinya. Tali jenis ini biasa digunakan untuk hiasan dan juga pembuatan baju karena jenis tali ini tidak memiliki kekuatan tarik maupun kekuatan angkat sama sekali. Contoh dari jenis tali yang terbuat dari bulu hewan dan produksinya yaitu : Tali Benang Wol, Tali Bulu Ayam, Tali Sutera, dll. *Jenis tali ini tidak tersedia diperusahaan kami.

Jenis Tali dari Tumbuhan

Jenis Tali dari Hewan

2. JENIS TALI SERAT SINTETIS

Jenis tali yang kedua adalah jenis tali dari serat sintetis, yang artinya tali ini terbuat dari serat buatan manusia yang disebut serat sintetis. Serat ini dibuat dari bahan dasar minyak bumi sehingga memiliki kekuatan yang lebih jika dibandingkan dengan jenis tali yang dari hewan dan tumbuhan. Jenis-jenis tali dari tali serat sintetis ini diantaranya adalah :

  • Tali Polypropylene yaitu tali yang dibuat dari serat sintetis yang disebut polypropylene. Tali ini sangat kuat sehingga sangat cocok untuk digunakan pada aplikasi Angkat dan Tarik. Tali ini juga sangat sesuai untuk digunakan disekitar air dan tidak akan membusuk karena air serta tahan terhadap lumut. Tali ini dibagi menjadi 2 jenis yaitu diantaranya : Tali PP Monofilament dan juga Tali PP Multifilament.
  • Tali Nilon yaitu tali yang dibuat dari serat sintetis yang disebut dengan serat nilon. Tali ini memiliki karakteristik sangat kuat bahkan lebih kuat dari serat polpropylene, sehingga banyak digunakan untuk aplikasi angkat dan tarik yang lebih extreme.
  • Tali Polyester yaitu tali yang dibuat dari serat sintetis yang disebut dengan serat polyester. Tali jenis ini kurang cocok untuk digunakan pada aplikasi di bidang industri. Tali ini memiliki kekuatan yang kuat seperti serat polypropylene tetapi lebih cocok untuk digunakan pada aplikasi tarik, rigging dock, blocking dan aplikasi rumah tangga.
  • Tali Polyethylene yaitu tali yang terbuat dari serat sintetis yang disebut dengan serat polyethylene. Sifat dari serat polyethylene ini adalah tidak memiliki nilai breaking load dan tahan air. Tali jenis ini banyak digunakan untuk memancing, mengikat, perkebunan dan juga perikanan.
  • Tali Kevlar yaitu tali yang terbuat dari serat sintetis yang disebut dengan serat kevlar. Serat ini dapat dikatakan lebih kuat dari baja dengan berat yang sama. Tali ini banyak digunakan pada industri Rigging, perkapalan dan alat di kepolisian ( bahan pembuat rompi anti peluru ). *kami tidak menjual tali jenis ini

 

Jenis Tali dari Serat Sintetis

 

3. JENIS TALI BAJA

Jenis tali yang ketiga adalah jenis tali baja yang terbuat dari material baja, sehingga sangat kuat. Tali baja sering disebut dengan nama wire rope yang mungkin terdengar lebih familiar di telinga anda. Wire rope yang kami jual banyak dipakai di perusahaan minyak & gas (oil & gas), perkapalan (shipping), galangan kapal (docking), bongkar muat (stevedoring), pelabuhan, transportasi, konstruksi, crane, alat berat, logistik, perikanan (fishing), kayu (logging), dan tambang (mining).

 

Jenis Tali Baja

 

JENIS TALI BERDASARKAN KEGUNAANNYA

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa setiap jenis tali memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Pada awal mulanya, seutas tali diciptakan oleh manusia tentu memiliki tujuan dan maksud yang berbeda-beda. Dengan adanya tujuan dan maksud yang berbeda-beda inilah muncul banyak jenis dan tipe dari seutas tali.

Kita perlu tahu akan beragamnya jenis tali yang ada disekitar kita saat ini, fungsinya apa? Fungsinya adalah agar kita tidak salah dalam mengaplikasikan sebuah tali yang kita miliki. Jika kita tidak mengetahui hal ini, tentunya akan membahayakan diri kita sendiri dan orang lain. Contohnya : Tali PE / Tali tampar yang tidak memiliki nilai breaking load, anda gunakan untuk mengangkat barang yang berat. Hasilnya nanti akan membahayakan orang yang ada disekitarnya.

Apa sajakah jenis-jenis dari tali jika diklasifikasikan berdasarkan fungsi dan kegunaannya? berikut ini adalah jenis tali berdasarkan fungsi dan kegunaannya :

  1. Tali Angkat
  2. Tali Tarik
  3. Tali Ikat

 

1. JENIS TALI ANGKAT

Jenis tali berdasarkan fungsi dan kegunaannya yang pertama adalah tali angkat. Tali angkat adalah tali yang digunakan pada aplikasi angkat. Aplikasi angkat ini dapat dikategorikan angkat dengan beban yang berat, misalnya pada bidang perkapalan, konstruksi, pergudangan, dll.

Jenis Tali Angkat

Contoh tali angkat yang banyak digunakan untuk aplikasi yang kami sebutkan diatas adalah diantaranya :

  • Tali Polypropylene ( Tali PP )
  • Tali Nilon
  • Tali Baja
  • Tali Kevlar

 

2. JENIS TALI TARIK

Jenis tali berdasarkan fungsi dan kegunaannya yang kedua adalah tali tarik. Tali tarik adalah tali yang digunakan pada aplikasi yang berhubungan dengan kegiatan tarik menarik. Aplikasi tarik ini dapat ditemukan pada bidang perkapalan, logging, kendaraan, dll.

Jenis Tali Tarik

Contoh tali angkat yang banyak digunakan untuk aplikasi tarik yang kami sebutkan diatas adalah diantaranya :

  • Tali Polyester
  • Tali Baja
  • Tali Kevlar

 

3. JENIS TALI IKAT

Jenis tali berdasarkan fungsi dan kegunaannya yang ketiga adalah tali ikat. Tali ikat adalah tali yang digunakan untuk mengikat barang, baik barang berukuran besar maupun berukuran kecil. Aplikasi ikat ini dapat ditemukan pada bidang Cargo, Logging, Perikanan, dll.

Jenis Tali Ikat

Contoh tali angkat yang banyak digunakan untuk aplikasi tarik yang kami sebutkan diatas adalah diantaranya :

  • Tali Polyethylene ( Tali PE )
  • Tali Manila
  • Tali Polyester

 

Setelah kita mengetahui jenis-jenis tali yang telah kami sebutkan diatas, kami harap anda dapat menentukan jenis tali apa yang sesuai dengan kebutuhan anda di Lapangan. Hal ini kami maksudkan untuk mengurangi jumlah kerugian dan kecelakaan kerja yang terjadi anda dan di lingkungan kerja / rumah anda.

Jika anda membutuhkan tali untuk kebutuhan Angkat, Tarik dan juga ikat silahkan hubungi marketing staff kami di nomor 021 - 6919595. Kami adalah distributor resmi tali berkualitas yang kami datangkan dari luar dan dalam negeri. Kami juga menyertakan sertifikat pada setiap tali impor yang kami jual kepada anda, sehingga anda tidak perlu ragu akan keaslian dan kualitas dari barang yang kami jual pada anda.