JUAL HOOK / GANCO

Hook / Ganco adalah alat yang digunakan untuk membantu mengangkat beban dengan cara dikaitkan. Sebuah hook atau ganco biasanya dilengkapi dengan kait pengaman yang gunanya untuk mencegah pelepasan dari kaitan wire rope sling ataupun rantai dari beban yang terpasang.

PT. Anugrah Sukses Marine adalah importir dan distributor alat-alat kapal yang men jual Hook atau ganco dengan berbagai tipe, jenis dan merk sesuai dengan kebutuhan anda.

Sebagai Distributor yang mengutamakan keselamatan pengguna, kami selalu memberikan instruksi cara penggunaan kepada klien kami yang belum tau akan penggunaan dan perawatan Hook atau Ganco itu sendiri. Marketing kami yang berpengalaman akan membantu anda dalam memilih Hook atau ganco yang sesuai dengan kebutuhan anda agar nantinya anda tidak salah dalam menentukan dan membeli Hook atau ganco untuk aplikasi anda.

 

PETUNJUK PENGGUNAAN DAN PERAWATAN HOOK ATAU GANCO

 

Sesuai dengan keterangan diatas, maka kami akan memberikan instruksi berupa bacaan pada artikel ini yaitu petunjuk penggunaan dan perawatan Hook atau Ganco, agar nantinya anda tidak salah dalam menggunakan Hook tersebut pada saat diaplikasikan. Hal ini dibutuhkan untuk meminimalisir kecelakaan kerja yang terjadi di Lapangan. Berikut adalah point-point yang harus anda catat dalam menggunakan Hook atau Ganco ini :

  1. Lakukan pemeriksaan berkala apakah ada keretakan, cuil, bengkok dan faktor lain yang dapat menyebabkan kerusakan pada Hook atau Ganco tersebut.
  2. Lakukan pemeriksaan oleh orang-orang yang sudah berpengalaman.
  3. Untuk penggunaan hook atau ganco bekas harus dilakukan inspeksi dengan magnetik partikel dan Dye Penetrant terlebih dahulu oleh orang-orang yang berpengalaman secara berkala.
  4. Jangan menggunakan hook atau ganco yang sudah mengalami pemegaran leher maksimal 5% dari ukuran semula atau pada saat Hook masih baru.
  5. Jangan menggunakan Hook atau Ganco yang bengkok dan jangan berusaha meluruskan kembali hook yang telah bengkok untuk dipakai kembali.
  6. Berat beban tidak boleh melebihi nilai working load limit pada hook atau ganco tersebut.
  7. Dilarang memperbaiki, meluruskan, mengerjakan ulang ataupun membentuk ulang hook atau ganco dengan cara dipanaskan, dibakar, dilelehkan ataupun di press.
  8. Jangan menggunakan hook atau ganco dengan posisi terhalang benda atau balok.
  9. Jangan menggunakan hook atau ganco dengan posisi dimiringkan.
  10. Tumpuan angkat hook atau ganco harus ditengah lekukan, tidak boleh disamping, depan ataupun belakang lekukan.
  11. Jangan menggunakan hook atau ganco dengan posisi latch kit tidak terkunci dengan baik.
  12. Pastikan wire rope, rantai ataupun webbing sling yang terpasang pada Hook atau ganco tersebut tidak terjepit Latch kit sebelum hook digunakan.
  13. Sudut angkat tidak boleh lebih dari 45 derajat.
  14. Baca dan pahami petunjuk penggunaan sebelum menggunakan hook.

 

BAHAYA MENGGUNAKAN HOOK ATAU GANCO DENGAN TIDAK BENAR

 

Jika anda tidak menggunakan Hook atau Ganco sesuai dengan petunjuk penggunaan dan keamanan yang diberikan oleh supplier, berikut ini adalah bahaya yang bisa terjadi atas pelanggaran penggunaan yang tidak sesuai petunjuk penggunaan dari supplier tersebut :

  1. Beban atau barang yang diangkat bisa terlepas dari Hook dan jatuh.
  2. Barang yang jatuh dapat menyebabkan cedera ataupun kematian pada orang yang berada disekitarnya.
  3. Pengunci atau latch kit akan terlepas jika trigger hook mengalami tekanan.
  4. Mengangkat beban dengan posisi hook miring dapat menyebabkan selip sehingga akan membuat jatuhnya barang atau beban yang diangkat.

Kapan kita harus melakukan inspeksi pada hook? Berikut adalah sedikit tips agar tidak terlambat melakukan inspeksi sehingga hook selalu aman saat diaplikasikan :

  1. Jadwalkan pemeriksaan rutin dari semua hook, khususnya sebelum dan sesudah pemakaian.
  2. Periksa penguncinya, pastikan tidak kendur dan terpasang dengan benar sebelum digunakan.
  3. Periksa sudut pengait hook, tidak boleh melebihi 5% dari sudut awal hook pada saat kondisinya masih baru.
  4. Periksa kebengkokan hook agar ajangan sampai ada kebengkokan. ( periksa dengan menggunakan jangkar sorong ).
  5. Inspeksi harus dilakukan oleh Profesional atau orang yang telah membaca petunjuk penggunaan dan keamanan penggunaan.
  6. pastikan hook terpasang dengan benar dan hammerlock atau pada sling sebelum digunakan.

Jika anda ingin melakukan pemesanan produk Hook dari kami atau jika anda ada pertanyaan jangan ragu untuk menghubungi marketing kami di (021) 691 9595 atau anda juga dapat email marketing kami ke marketing@asmarines.com

kami juga menjual alat-alat rigging lainnya yaitu :