JUAL RANTAI BESI

 

PT. Anugrah Sukses Marine adalah distributor dan importir alat-alat kapal yang menjual rantai besi, rantai stainless steel, rantai baja dan rantai jangkar.

Di industri perkapalan rantai sangat banyak kegunaan dan manfaatnya.

Beberapa kegunaan rantai di atas kapal contohnya untuk mengangkat barang (lifting), menarik barang (towing), untuk menahan pintu ram door dan pintu palka di dek kapal, untuk mengikat jangkar, untuk mengikat ban dan fender yang melindungi sisi kapal dari benturan dan kegunaan lainnya.

Karena fungsi dan aplikasi rantai yang berbeda beda, PT. Anugrah Sukses Marine sebagai importir dan distributor rantai di Indonesia menyediakan berbagai jenis rantai untuk berbagai aplikasi:

1)      Rantai Besi

Rantai Besi atau rantai galvanis adalah rantai yang terbuat dari mild steel dengan finishing galvanis. Rantai ini banyak dipakai sebagai pagar pembatas dan aplikasi dapra yaitu mengikat ban di samping kapal untuk melindungi kapal dari benturan.

Rantai besi kami jual dengan dua kualitas, kualitas standard dan kualitas baik merk Toplink. Perbedaan rantai Toplink dengan rantai galv biasa adalah: Sambungan rantai lebih kuat sehingga breaking load lebih tinggi, lapisan galvanis lebih tebal sehingga lebih tahan karat, ukuran mata yang lebar sehingga saat disambung , ukuran pas tidak banci, dan berat per karung yang pas.

Rantai besi kita jual mulai ukuran 3mm sampai dengan 24mm. Rantai besi dijual per karung berdasarkan berat. Tergantung ukuran, berat per karung mulai dari 50mm untuk ukuran kecil hingga 100 kg untuk ukuran sedang dan 250-300 kg untuk ukuran besar.

Hal yang harus diperhatikan saat membeli rantai besi atau rantai galvanis adalah berat per karung yang tidak sesuai, banyak penjual menjual rantai dengan berat kurang sehingga merugikan pembeli.

2)      Rantai Stainless Steel

Rantai stainless steel adalah rantai yang terbuat dari besi dilapisi dengan chrome sehingga lebih tahan karat. Rantai stainless banyak dipakai di laut karena sifatnya yang tahan karat sehingga tahan lama dalam pemakaian. Kami menyediakan rantai stainless tipe 304 dan 316.

Rantai Stainless tipe 304 harganya lebih murah karena kandungan besi yang lebih banyak. Sama seperti rantai besi, hal yang harus diperhatikan saat membeli rantai Stainless adalah ukuran diameter, pastikan ukuran diameter tidak banci dan berat atau panjang yang sesuai. Banyak toko menjual rantai stainless yang banci dan ukuran tidak sesuai sehingga pembeli dirugikan.

3)      Rantai Baja

Rantai baja adalah rantai yang terbuat dari bahan baku alloy steel. Rantai baja ini sifatnya sangat kuat dan dapat digunakan untuk mengangkat dan menarik barang. Rantai baja yang kami jual mulai dari grade 80 dan grade 100 dengan merk Thiele dari Jerman dan Crosby dari Amerika.

Karena rantai baja banyak digunakan untuk mengangkat barang atau lifting, demi keselamatan operator di lapangan dan barang yang diangkat pastikan anda membeli rantai baja kualitas baik dari vendor terpercaya.

Hal yang harus diperhatikan saat membeli rantai baja:

Yang pertama adalah merk. Banyak pihak menjual rantai baja dengan merk dan kualitas yang tidak jelas. Sesuai standard lifting safety factor rantai baja adalah 4:1 yang berarti rantai baja dengan kapasitas angkat aman 1 ton, seharusnya putus di 4 x 1 ton = 4 ton saat ditest, namun banyak pabrik memproduksi rantai baja tidak sesuai dengan safety factor diatas sehingga tidak aman untuk digunakan.

Untuk keamanan gunakanlah rantai baja merk Thiele atau Crosby yang sudah dipercaya kualitasnya.

Hal kedua adalah vendor. Banyak toko yang menjual rantai baja bekas yang direkondisi dan mengclaim sebagai rantai baja yang baru.

Tidak semua rantai baja bekas kualitasnya jelek, namun untuk menentukan rantai baja tersebut harus ditest terlebih dahulu baik melalui proses NDT (Non destructive Testing) dan Pull Test untuk memastikan rantai tersebut masih dalam kondisi baik dan aman digunakan.

Bagi rantai bekas yang tidak melalui uji diatas disarankan tidak digunakan karena berbahaya.

4)      Rantai Jangkar

Diatas kapal, rantai jangkar digunakan untuk mengikat jangkar saat berlabuh. Rantai jangkar dijual per set dengan panjang 27.5 Mtr dan dilengkapi dengan kenter shackle untuk menyambung dengan rantai jangkar lain.

 

Hal yang harus diperhatikan saat membeli rantai jangkar:

1)      Cek pastikan rantai jangkar yang anda beli dilengkapi kenter shackle. Kadang customer. mendapat harga rantai jangkar lebih murah ternyata saat dikirim tidak dilengkapi kenter shackle

2)      Cek sertifikat rantai jangkar anda dilengkapi sertifikat. Untuk rantai jangkar ukuran kecil kadang datang tanpa sertifikat. Untuk rantai jangkar ukuran besar datang dengan sertifikat class seperti Llyod.

3)      Pastikan rantai jangkar yang anda beli baru. Banyak penjual tidak bertanggung jawab menjual rantai jangkar yang bekas dan banci. Mereka bahkan berani memalsukan nomor sertifikat. Rantai jangkar bekas biasa ukurannya sudah terkikis sehingga tidak tahan lama saat digunakan.

4)      Yang terakhir: Pastikan ukuran dan panjang rantai jangkar anda sesuai, tidak banci dan tidak kurang.

PT. Anugrah Sukses Marine adalah penjual yang menjual berbagai jenis rantai kapal berkualitas dengan harga yang bersaing. Kami tidak menjual rantai bekas, rekondisi sehingga rantai kapal yang kami jual aman digunakan dan tahan lama.

Untuk pertanyaan tentang rantai kapal atau harga rantai kapal terbaru silahkan hubungi sales dan marketing kami.

 

Selain rantai, kami juga menjual alat-alat kapal lainnya yang. Untuk penjelasan lebih detail silahkan hubungi marketing kami di ( 021 ) 691 9595