KABEL BAJA

Kabel Baja adalah nama lain dari wire rope, yang artinya adalah kumpulan dari wire yang dipilin membentuk sebuah strand yang strand tersebut dipilin lagi dari beberapa strand bersama dengan core atau dipilin pada core ( bagian inti kabel baja ). Kabel baja memiliki beberapa konstruksi, dan konstruksi tersebut dapat dibedakan dengan teknik memilin tiap-tiap strandnya. Untuk mengetahui bagian-bagian dari kabel baja tersebut ( wire, strand, core ), ada baiknya anda melihat gambar dibawah ini terlebih dahulu :

Kabel Baja Konstruksi

Setelah melihat bagian-bagian dari kabel baja tersebut, seharusnya anda sudah memiliki gambaran bahkan sudah tahu apa itu wire, apa itu strand dan apa itu core. Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, konstruksi dari kabel baja sangatlah beragam, yang konstruksi tersebut tergantung dari teknik memilin strand dari masing-masing produsen kabel baja ini. Beberapa teknik pembuatan kabel baja ini tidak memiliki nama atau penyebutan khusus, melainkan menggunakan mesin dengan bagian-bagian khusus yang dibuat untuk membuat rangkaian wire dan strand hingga menjadi kabel baja utuh dengan panjang yang telah mereka tentukan di pabriknya. Panjang dari kabel baja biasanya disesuaikan dengan standard internasional agar tidak ada perbedaan pada masing-masing produsen kabel baja diseluruh dunia.

Berikut ini adalah beberapa gambar yang menunjukkan beragamnya bentuk atau bagian-bagian mesin yang membuat atau memproduksi Kabel baja :

 

Kabel Baja Mesin Pembuat Kabel Baja

Kabel Baja Mesin Pembuat Kabel Baja 1

Kabel Baja Mesin Pembuat Kabel Baja 2

Kabel Baja Mesin Pembuat Kabel Baja 3

Kabel Baja Mesin Pembuat Kabel Baja 4

Kabel Baja Mesin Pembuat Kabel Baja 5

Kabel Baja Mesin Pembuat Kabel Baja 6

KABEL BAJA

Dari beberapa gambar diatas, kabel baja dapat diproduksi menjadi bermacam-macam konstruksi. Kenapa kabel baja dibuat menjadi bermacam-macam konstruksi??

Tentunya hal ini menjadi sebuah pertanyaan bagi anda. Jawaban dari pertanyaan ini adalah dilihat dari segi fungsi dan kapasitas dari masing-masing konstruksi kabel baja itu sendiri. Beberapa konstruksi dibuat untuk kebutuhan konstruksi, beberapa dibuat untuk kebutuhan aplikasi elevator, beberapa dibuat untuk kebutuhan crane, beberapa dibuat untuk kebutuhan aplikasi oil and gas, dan lain sebagainya.

Beberapa faktor yang membuat kabel baja memiliki perbedaan kegunaannya saat diaplikasikan di Lapangan :

  • Semakin sedikit jumlah strand, kabel baja akan semakin kaku.
  • Semakin banyak jumlah wire pada tiap strand akan membuat kabel baja lebih lentur.
  • Adanya Core dibagian inti kabel baja membuat kabel baja lebih kaku.
  • Bahan atau material core menentukan tingkat keelastisitasan kabel baja.

Dari beberapa faktor tersebut, kita mulai tau apa yang membuat kegunaan dari tiap-tiap konstruksi kabel baja berbeda-beda. Beberapa aplikasi membutuhkan bermacam-macam kabel baja dengan konstruksi yang berbeda-beda. Dan kali ini kami akan membahas tentang faktor yang membedakan aplikasi kabel baja, yaitu diantaranya :

  • Tingkat keelastisitasan kabel baja, maksudnya adalah aplikasi ini membutuhkan kabel baja yang elastis karena memang penggunaan kabel baja ini berhubungan dengan tekukan yang terus menerus, sehingga kabel baja yang kaku tidak bisa digunakan pada aplikasi ini. Contoh : katrol crane, katrol elevator, katrol tower crane.
  • Tingkat kekuatan kabel baja, maksudnya adalah aplikasi ini membutuhkan kekuatan kabel baja yang sangat kuat, tidak peduli harus kaku atau elastis. Contoh dari aplikasi ini adalah pada towing dan lifting.
  • Tingkat Kekuatan dan Keelastisitasan, maksudnya adalah aplikasi ini membutuhkan kekuatan kabel baja yang sangat kuat dan juga kabel baja yang elastis. Sehingga hal ini membutuhkan konstruksi dari kabel baja yang spesial, biasa dinamakan dengan high performance kabel baja. Contoh dari aplikasi ini adalah crane, tower crane.

 

KABEL BAJA TERLENGKAP

PT. Anugrah Sukses Marine adalah perusahaan distributor dan importir kabel baja terlengkap yang menjual kabel baja berkualitas, baru, asli dan bersertifikat, sehingga anda tidak perlu ragu untuk bertransaksi dengan kami. Kami telah memiliki customer tetap yang ada di seluruh Indonesia dari sabang sampai merauke. Jika anda berminat atau jika anda ingin mengetahui lebih lengkap tentang produk kabel baja kami, silahkan hubungi marketing staff kami yang telah berpengalaman puluhan tahun di nomor 021 - 691 9595.