KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TALI NILON

Pada artikel kami kali ini, kami akan coba untuk membahas tentang kelebihan dan kekurangan tali nilon. Karena pada artikel kami sebelumnya, kami telah membahas tentang kelebihan dan kekurangan dari tali PP. Kedepannya kami juga akan coba untuk membahas tentang kelebihan dan kekurangan jenis-jenis tali yang lain agar anda semua nantinya dapat membedakan dan menyesuaikan kelebihan dan kekurangan setiap jenis tali dengan dengan kebutuhan anda di lapangan.

Langsung saja ke pembahasan kita tentang tali nilon ini. Tali nilon adalah tali yang dibuat dari serat nilon. Sedangkan serat nilon sendiri adalah serat buatan manusia yang dikenal juga sebagai serat terkuat untuk produk pertalian. Tali nilon ini memiliki karakteristik dapat merenggang 10% dari panjangnya sehingga lebih flexible.

Serat tali Nilon sendiri awalnya digunakan sebagai alternatif pengganti dari serat sutera, karena memang serat sutera pada saat itu yang semakin langka dan juga lama untuk proses pengadaan barangnya. Dan hingga sekarang, karena termasuk tali yang kuat, penggunaan tali nilon ini menjadi banyak digunakan manusia untuk kebutuhan alat-alat berat. Jadi tali nilon sangat cocok bagi anda yang bekerja di bidang alat-alat berat.

Tali nilon sendiri memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh jenis tali lainnya.

 

KELEBIHAN TALI NILON

Seperti yang sudah kami sampaikan diatas, bahwa tali nilon memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh jenis tali lainnya. Apa aja sih kelebihan tali nilon ini?? tentunya kami akan memberikan informasi tersebut untuk anda pada poin-poin dibawah ini :

  • Nilai breaking load yang sangat tinggi.
  • Ketahanan terhadap gesekan yang baik.
  • Stretch Properties yang baik. ( stretch properties adalah kemampuan untuk kembali kebentuk semula setelah ditarik ).
  • Lebih elastis karena dapat meregang sebanyak 15% dari bentuk aslinya.
  • Tahan terhadap gentakan / sentakan.
  • Lebih tahan terhadap sinar matahari karena memiliki Melting point 216° C.
  • Ketahanan yang baik terhadap minyak, formaldehyde, dan alkohol.
  • Tidak bisa membusuk.

Naah.. dari beberapa kelebihan diatas tentunya anda dapat memilahnya. Apakah tali nilon ini sesuai dengan kebutuhan anda atau tidak.

Jika kita berbicara tentang kelebihan, tentunya ada juga yang namanya kekurangan. Untuk itu pada poin kami selanjutnya, kami akan coba menjelaskan sedikit tentang kekurangan yang dimiliki tali nilon ini.

 

KEKURANGAN TALI NILON

Karena tali nilon ini adalah tali yang diciptakan dari serat buatan manusia. Tentunya tali nilon ini memiliki kekurangan yang perlu dibahas juga. Anda harus tau tentang kekurangan tali nilon ini karena informasi ini kami rasa sangat diperlukan bagi anda yang ingin membeli tali nilon untuk kebutuhan alat berat anda. Berikut ini adalah beberapa kekurangan yang dimiliki tali nilon :

  • Menyerap air sehingga saat dalam keadaan basah nilai breaking loadnya dapat berkurang 20%
  • Tidak cocok untuk aplikasi rigging karena elastisitasnya.
  • Jika terkena bahan kimia berbahaya bisa meleleh.
  • Tenggelam dalam air.
  • Jika digunakan secara terus menerus maka tali bisa memanas dan kekuatannya berkurang.

Setelah kita tau bersama tentang kelebihan dan kekurangan tali nilon ini, kami sangat berharap anda sudah dapat menentukan apakah tali nilon ini cocok untuk kebutuhan anda di Lapangan atau tidak. Dan jika memang anda membutuhkan tali nilon untuk kebutuhan anda di lapangan, jangan ragu untuk menghubungi marketing staff kami di nomor 021 691 9595.

Kami adalah distributor tali nilon asli dan berkualitas yang kami datangkan langsung dari luar negeri di produsen resminya. Sehingga anda tidak perlu ragu akan kualitas dan keaslian barang-barang yang kami jual. Kami juga selalu memberikan kepada anda sertifikat yang menyertai produk tali nilon yang anda beli, sehingga kami dapat menjamin keamanan inspeksi dan keaslian produk yang kami jual.

hubungi asmarines