PERBEDAAN RANTAI BAJA DAN RANTAI BESI

Saat anda memiliki dua jenis rantai yang berbeda yaitu rantai baja dan rantai besi, dan atau jika pada suatu toko anda melihat kedua rantai tersebut, tentunya akan muncul pertanyaan dibenak anda.. apa perbedaannya?? Jika anda lihat dari segi material tentunya anda sudah pasti tau perbedaan rantai baja dan rantai besi adalah yang satunya dibuat dari material baja dan yang satunya dibuat dari material besi. Tentunya hal tersebut sangat mudah untuk anda jawab, tetapi pada artikel kami kali ini, kami tidak membahas hal tersebut. Yang akan kami bahas pada artikel kali ini adalah perbedaan rantai baja dan rantai besi dari segi atau sudut pandang yang lain.

Dalam hal ini, kami akan lebih membahas dari segi fungsi dan juga kelebihan dari kedua jenis rantai tersebut. Untuk itu kami berharap semoga artikel ini dapat berguna bagi para user yang bergelut di bidang pekerjaan yang membutuhkan rantai sebagai alat bantunya. Jadi kami harapkan seorang user yang membutuhkan rantai nantinya dapat memilih sendiri jenis rantai yang paling sesuai dengan kebutuhannya di Lapangan.

sebelum kami menjelaskan tentang perbedaan dari rantai baja dan rantai besi ini, ada baiknya kami jelaskan dulu apa itu baja dan apa itu besi. Diharapkan dengan adanya penjelasan ini, user dapat membedakan kedua material ini nantinya dari segi pengertiannya dan kekuatannya.

Baja adalah logam paduan, logam besi yang berfungsi sebagai unsur dasar dicampur dengan beberapa elemen lainnya, termasuk unsur karbon. Kandungan unsur karbon dalam baja berkisar antara 0.2% hingga 2.1% dari berat keseluruhan baja tersebut sesuai grade-nya. Elemen berikut ini selalu ada dalam baja: karbon, mangan, fosfor, sulfur, silikon, dan sebagian kecil oksigen, nitrogen dan aluminium. Selain itu, ada elemen lain yang ditambahkan untuk membedakan karakteristik antara beberapa jenis baja diantaranya: mangan, nikel, krom, molybdenum, boron, titanium, vanadium dan niobium.

Sedangkan Besi adalah unsur kimia dengan simbol Fe (dari bahasa Latin: ferrum) dan nomor atom 26. besi berada pada rentang tingkat oksidasi yang lebar, −2 hingga +6, meskipun +2 dan +3 adalah yang paling banyak. Unsur besi terdapat dalam meteorit dan lingkungan rendah oksigen lainnya, tetapi reaktif dengan oksigen dan air. Permukaan besi segar tampak berkilau abu-abu keperakan, tetapi teroksidasi dalam udara normal menghasilkan besi oksida hidrat, yang dikenal sebagai karat. Tidak seperti logam lain yang membentuk lapisan oksida pasivasi, oksida besi menempati lebih banyak tempat daripada logamnya sendiri dan kemudian mengelupas, mengekspos permukaan segar untuk korosi.

 

PERBEDAAN / BEDA RANTAI BAJA DAN RANTAI BESI

Setelah anda mengetahui apa itu baja dan apa itu besi, tentunya anda sudah dapat membedakannya kedua jenis logam ini. Dan pada poin berikutnya kami akan coba menjelaskan tentang perbedaan atau beda rantai baja dan rantai besi, agar nantinya anda tidak salah dalam membeli rantai yang anda butuhkan dan tentunya juga sebagai tambahan pengetahuan yang berharga bagi anda sendiri. Perbedaan / beda rantai baja dan rantai besi tersebut adalah sebagai berikut :

  • Pada segi kekuatan, rantai baja lebih kuat jika dibandingkan dengan rantai besi.
  • Dari segi ketahanannya terhadap karat, rantai baja lebih kuat menahan karat jika dibandingkan dengan rantai besi.
  • Lapisan dari kedua rantai ini juga berbeda. Untuk rantai baja biasanya hanya dilapisi karbon atau cat sedangkan rantai besi biasa dilapisi dengan lapisan galvanis dan juga stainless steel agar dapat tahan terhadap karat.
  • Tingkat kekerasan dari rantai baja lebih keras dan lebih liat jika dibandingkan dengan rantai besi.
  • Dari segi harga, rantai baja lebih mahal jika dibandingkan dengan rantai besi.

Beberapa poin diatas adalah poin-poin yang merupakan perbedaan / beda rantai baja dan rantai besi. Bagi anda yang membutuhkan salah satu dari rantai ini, tentunya harus anda sesuai dengan kebutuhan anda di Lapangan. Apakah anda butuh rantai yang kuat untuk aplikasi angkat?? tentunya anda harus memilih rantai baja. Sedangkan jika hanya membutuhkan rantai untuk aplikasi ringan seperti lashing tentunya anda boleh memilih rantai besi. Atau jika anda membutuhkan rantai yang dapat menahan karat lebih baik tentunya anda dapat memilih rantai besi yang telah dilapisi lapisan galvanis ataupun stainless steel.

Tentunya semua keputusan tersebut ada pada anda sebagai pengguna dari rantai tersebut. Pada poin yang kedua, kami juga ingin menjelaskan sedikit terkait dengan perbedaan / beda rantai baja dan rantai besi jika dikaitkan dengan fungsinya. Tentunya rantai baja dan rantai besi memiliki fungsi yang berbeda-beda karena memang kedua rantai ini sangat berbeda dari segi manapun. Untuk itu kami akan menjelaskan beberapa poin perbedaan / beda rantai baja dan rantai besi dari segi fungsinya :

PERBEDAAN FUNGSI RANTAI BAJA

Rantai baja adalah rantai yang sangat kuat sehingga tentunya rantai ini dibutuhkan oleh aplikasi-aplikasi berat yang menuntut rantai dengan kekuatan tarik yang besar. Beberapa fungsi dari rantai baja tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Lifting Application.
  • Towing Application.
  • Perkapalan.

Naahh.. aplikasi-aplikasi diatas adalah aplikasi umum yang sangat membutuhkan rantai baja sebagai alat bantunya. Sehingga anda dapat mengaplikasikan rantai baja anda untuk aplikasi-aplikasi tersebut.

PERBEDAAN FUNGSI RANTAI BESI

Poin yang kedua yaitu adalah perbedaan besi dengan rantai baja dari segi fungsinya. Untuk rantai besi sendiri adalah rantai dengan nilai breaking load yang rendah. Sehingga tentunya hal ini membuat rantai besi hanya bisa digunakan untuk aplikasi-aplikasi yang ringan saja. Beberapa fungsi dari rantai besi yang banyak digunakan saat ini diantaranya :

  • Dapra
  • Dekorasi
  • Lashing
  • Light Lift
  • Light Towing

Beberapa poin-poin tersebut adalah hal-hal yang perlu anda ketahui terkait dengan perbedaan dari rantai baja dan juga rantai besi. Bagi anda yang membutuhkan rantai baja atau rantai besi yang asli dan berkualitas, jangan ragu untuk membeli rantai-rantai tersebut di perusahaan kami ini, karena kami adalah distributor resmi alat-alat kapal yang menjual barang-barang asli dan berkualitas yang kami datangkan langsung dari negara produsennya,  sehingga harga yang kami tawarkanpun adalah harga langsung dari produsen kami.

hubungi asmarines