PETUNJUK PEMASANGAN & PENGGUNAAN EYE BOLT

Definisi dari Eye Bolt adalah alat yang berfungsi sebagai sarana / penyambung antara barang yang akan diangkat dengan sling. Eye bolt memiliki ulir seperti mur yang fungsinya untuk menancapkan eye bolt tersebut kedalam benda yang akan diangkat, dan eye juga memiliki mata lingkaran yang berguna sebagai lubang pengait antar barang dengan alat angkat ( Hook, Shackle, dll ).

Kekuatan angkat dari Eye Bolt ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu diantaranya :

  1. Ukuran Eye Bolt.
  2. Material : Eye bolt yang terbuat dari baja tentunya lebih kuat dari pada yang terbuat dari material stainless steel. Dan eye bolt yang direkomendasikan untuk mengangkat hanyalah yang terbuat dari baja.
  3. Sudut Angkat : Eye Bolt hanya bisa digunakan untuk mengangkat sampai dengan sudut angkat 45°. Semakin besar sudut angkat yang digunakan ( semakin mendekati 45° ) akan semakin berkurang kekuatan angkat dari Eye Bolt tersebut.

KELEBIHAN DARI EYE BOLT

Semua peralatan buatan manusia pastilah memiliki kelebihan dan kekurangan. Hal yang pertama kami bahas tentang eye bolt ini adalah kelebihan dari eye bolt itu sendiri. Apa saja kelebihan-kelebihan dari Eye bolt ini  :

  • Dapat digunakan untuk mengangkat beban yang tidak memiliki lubang kait.
  • Memiliki banyak variasi ukuran, sehingga lebih flexible.
  • Penggunaannya juga lebih flexible, karena dapat dilepas dan dipasang kembali.

KEKURANGAN EYE BOLT

Setelah berbicara tentang kelebihan, tentunya sekarang kami akan membahas kekurangan dari eye bolt ini. Berikut adalah kekurangan yang anda dapatkan jika menggunakan eye bolt sebagai alat angkat anda :

  • Karena posisinya yang tetap tegak lurus saat sudah dipasang, eye bolt ini tidka dapat mengangkat benda dengan sudut sling yang sempit ( lebih dari 45° ).

PETUNJUK PEMASANGAN & PENGGUNAAN EYE BOLT

Sebelum anda mengetahui tentang tata cara penggunaan eye bolt, terlebih dahulu anda harus mengetahui tipe-tipe dari Eye Bolt itu sendiri. Eye bolt terbagi menjadi 2 jenis atau 2 tipe yaitu diantaranya :

  • Plain Pattern : Dikhususkan hanya untuk pengangkatan lurus.

Petunjuk Pemasangan dan Penggunaan Eye Bolt Plain Pattern

  • Shoulder Pattern : Dapat digunakan untuk pengangkatan dengan sudut maksimal 45°, tetapi dapat juga digunakan untuk pengangkatan lurus.

Petunjuk Pemasangan dan Penggunaan Eye Bolt Shoulder Pattern

Gambar diatas tentunya sudah dapat membantu kita untuk mengetahui bentuk dari kedua tipe eye bolt tersebut. Tetapi sebelum user menggunakan eye bolt pada saat aplikasi lifting, diharuskan terlebih dahulu untuk membaca petunjuk penggunaan eye bolt untuk menghindari kecelakaan kerja. Berikut ini adalah petunjuk penggunaan eye bolt yang baik dan benar :

  • Working Load Limit (WLL) eye bolt yang tertulis dikatalog adalah nilai working load dari eye bolt sebelum dikurangi dengan rumus pengurangan pengangkatan dengan eye bolt ( dikurangi 25% untuk pengangkatan lurus dan dikurangi 30% untuk pengangkatan maksimal 45°).
  • Working load limit (WLL) Eye bolt akan berkurang jika eye bolt digunakan untuk mengangkat barang ( sesuai dengan rumus diatas ).
  • Jika dilakukan pengangkatan dengan sudut, tipe eye bolt yang harus digunakan adalah tipe shoulder pattern eye bolt, tidak boleh menggunakan plain pattern eye bolt.
  • Jika mengangkat dengan eye bolt, maka sling yang digunakan untuk mengangkat, posisinya harus sejajar arak lekuk mata eye bolt.

Petunjuk Penggunaan Eye Bolt Shoulder Pattern Untuk Angkat

  • Sudut angkat eye bolt maksimal adalah 45°.
  • 1 Sling tidak boleh digunakan untuk mengangkat dengan 2 eye bolt, sehingga membentuk segitiga.

Petunjuk Penggunaan Eye Bolt Shoulder Pattern Untuk Angkat 2

  • Jika ketebalan dari benda yang diangkat lebih dari panjang diameter eye bolt, maka gunakanlah satu baut untuk mengunci ulir eye bolt tersebut. Tetapi jika ketebalan dari benda yang diangkat sama atau kurang dari ukuran diameter eye bolt, maka gunakanlah 2 baut untuk mengunci eye bolt tersebut dari atas dan bawah.

Petunjuk Penggunaan Eye Bolt Plain Pattern Untuk Angkat

  • Jika benda yang diangkat terbuat dari besi dan lubang ulirnya tidak tembus, maka ketebalan benda yang diangkat harus 1.5 x diameter mata eye bolt.
  • Jika benda yang diangkat terbuat dari alumunium dan lubang ulirnya tidak tembus, maka ketebalan benda yang diangkat harus 2.5 x diameter mata eye bolt.

Petunjuk Penggunaan Eye Bolt Plain Pattern Untuk Angkat 2

 

Dari penjelasan diatas kami harapkan anda dan user lainnya yang membaca artikel ini sudah dapat memahami sepenuhnya tentang tata cara pemasangan dan penggunaan eye bolt ini. Jika anda masih memiliki pertanyaan seputar eye bolt dan alat-alat rigging lainnya, jangan ragu untuk menghubungi kami di 021 - 6919595