PETUNJUK PENGGUNAAN THIMBLE

Thimble adalah salah satu alat rigging yang berfungsi untuk menjaga bentuk alami dan melindungi mata wire rope sling agar tidak tertekuk, terkikis dan agar permukaan wire rope sling tidak cepat aus.

Thimble ini sangat berguna untuk menahan hentakan pada mata wire rope sling, sehingga membuat mata wire rope sling tetap berbentuk alami dan tahan lama untuk pemakaiannya.

Maksud dari menjaga bentuk alami mata adalah menjaga bentuk mata tetap seperti kondisi awal dibuatnya walau terkena hentakan dan gesekan. Berikut ini adalah contoh gambar dari wire rope sling yang dilengkapi thimble :

Petunjuk Penggunaan Thimble

Dari gambar diatas terlihat bahwa thimble dibagian mata melindungi mata wire rope dan menjaga bentuknya tetap, tidak berubah.

PENJELASAN 

Untuk cara pembuatan wire rope sling dengan menggunakan thimble seperti gambar diatas adalah sebagai berikut :

1. Hand Splice Wire Rope Sling

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menganyam wire rope sling menggunakan thimble, yang dapat diikuti melalui nomor strand yang dibuka dan dianyam. :

Petunjuk Penggunaan Thimble Pembuatan Sling Anyam

 

2. Mechanical Splice Wire Rope Sling

Langkah-langkah dalam pembuatan wire rope sling dengan menggunakan thimble adalah sebagai berikut :

  • Siapkan Kebutuhan pemasangan wire rope sling yaitu :

a. Ferrule sesuai ukuran wire rope.

Petunjuk Penggunaan Thimble Siapkan Ferrule

b. Wire Rope yang telah dipotong sesuai kebutuhan.

Petunjuk Penggunaan Thimble Siapkan Potongan Wire Rope

c. Thimble sesuai ukuran wire rope

Petunjuk Penggunaan Thimble Siapkan Thimble

 

  • Langkah awal adalah masukkan wire rope yang telah dipotong kedalam lubang ferrule dan buat tekukan yang didalamnya sudah disisipkan thimble dan kencangkan.

Petunjuk Penggunaan Thimble Masukkan Wire Rope

  • Setelah wire rope sudah dimasukkan ferrule dan dikencangkan, masukkan wire rope sling tersebut pada mesin press di bagian ferrulenya, seperti gambar dibawah ini :

Petunjuk Penggunaan Thimble Press Ferrule

  • Operasikan mesin press dan dice pada mesin press tersebut akan menekan ferrule sehingga ferrule aku berubah bentuk dan mengunci wire rope sehingga wire rope sling bisa terbuat.

Petunjuk Penggunaan Thimble Wire Rope Sling

 

Jika anda membutuhkan Thimble dan atau ingin membuat wire rope sling ditempat kami, kami menyediakan Thimble, Ferrule dan juga Wire Rope yang akan membantu memenuhi kebutuhan anda dengan harga yang bersaing. Segera hubungi marketing kami untuk pemesanan dan pertanyaan terkait dengan alat-alat kapal. Staff Marketing kami akan membantu memenuhi kebutuhan alat-alat kapal yang anda butuhkan.