PETUNJUK PENGGUNAAN TURNBUCKLE

Turnbuckle adalah salah satu jenis alat Rigging yang digunakan untuk mengatur ketegangan sling. Sling yang dimaksud adalah wire rope sling, chain sling, rope sling dan alat-alat lainnya yang dapat diatur ketegangannya. Turnbuckle banyak digunakan untuk aplikasi struktur bangunan, struktur jembatan, pagar, sistem kontrol penerbangan, rigging, lashing, ring tinju, struktur panggung, instalasi pipa, instalasi tiang listrik, komunikasi radio dan lain sebagainya.

PETUNJUK PENGGUNAAN

Sebelum menggunakan turnbuckle untuk anda gunakan di aplikasi nyata. Anda / Seorang operator / orang-orang yang terlibat harus mengetahui terlebih dahulu petunjuk penggunaan dari turnbuckle dengan benar. Berikut ini adalah petunjuk penggunaan turnbuckle yang sesuai dengan standard internasional :

  1. Turnbuckle dirancang untuk beban statis dan biasanya disambungkan dengan wire.
  2. Jangan menggunakan turnbuckle melebihi nilai working load limit (WLL) turnbuckle tersebut. Lihatlah tabel working load limit turnbuckle yang akan anda gunakan terlebih dahulu pada katalog / brosurnya untuk memastikan kapasitas WLL turnbuckle tersebut.
  3. Turnbuckle tipe stub end tidak memiliki nilai working load. Kekuatannya dapat dilihat dari kualitas sambungan las pada turnbuckle itu sendiri.
  4. Untuk penggunaan pada aplikasi yang mengalami banyak getaran, diharuskan melengkapi turnbuckle dengan lock nuts. Lock nuts biasanya diberikan bersamaan dengan turnbuckle dan terkadang juga dijual terpisah.
  5. Turnbuckle tipe Jaw ends datang dengan hardware yang berbeda tergantung pada ukurannya. Untuk ukuran 1/4" sampe dengan 5/8", turnbuckle Jaw ends ini dilengkapi dengan bolt & nut (Mur Baut). Sedangkan untuk ukuran 3/4" sampai dengan 1-1/2" dilengkapi dengan mur dan penguncinya (cotter key & bolt).
  6. Turnbuckle tidak dirancang untuk mengangkat barang.
  7. Jika menggunakan turnbuckle untuk mengangkat barang, harus digunakan untuk pengangkatan lurus saja. Tidak bisa digunakan untuk pengangkatan dengan sudut.

Turnbuckle memiliki mata dikanan kirinya yang digunakan sebagai pengait. Dan terdapat 3 jenis mata yang digunakan pada tipe-tipe turnbuckle itu sendiri, diantaranya :

  1. Jenis mata (Eye) - berbentuk bulat seperti lubang kait hook dan tidak memiliki pengunci, sehingga digunakan untuk aplikasi temporary.
  2. Jenis mata (Hook) - berbentuk hook (cantolan) dan tidak juga memiliki pengunci. Tetapi dapat digunakan untuk aplikasi yang memiliki lubang kait temporary maupun permanen.
  3. Jenis mata (Eye) - berbentuk seperti katapel/ketapel dan memiliki pengunci pada ujungnya sehingga membuatnya lebih aman digunakan untuk aplikasi permanen dan temporary.

Jika anda membutuhkan turnbuckle untuk kebutuhan anda di Lapangan, jangan ragu untuk menghubungi marketing kami. Marketing staff kami telah berpengalaman bertahun-tahun dalam bidangnya sehingga jika anda mengalami kesulitan, marketing kami dapat memberikan solusi terbaik sesuai kebutuhan anda. Kami menjual turnbuckle dari Amerika (Crosby) dan juga China yang dapat dijamin baru dan berkualitas.