Tali Nilon

Serat Nylon adalah salah satu serat terkuat yang pernah diproduksi manusia. Kenyataan ini menjadikan tali nylon sebagai salah satu tali terkuat. Telah terbukti bahwa tali nylon 6,5" sama kekuatannya dengan tali manila 10" dan lebih tahan 15 kali daripada tali manila dalam keadaan yang sama pemakaiannya. Harganya lebih mahal 5x dari tali manila. Dapat merenggang 10% dari panjangnya. Nylon termasuk dalam kelompok serat sintetis.

Tali nylon mempunyai sifat licin, enteng dan tahan terhadap gesekan. Juga tahan terhadap air laut namun tidak tahan terhadap asam-asam kimia semacam acid dan alkali. Karena licinnya maka bila membuat mata dari tali nylon diperlukan masuk dalam untai-untainya paling sedikit 4x bahkan lebih baik 6x. Tali nylon banyak dipakai juga sebagai buntut atau ujung tros dari kawat untuk menyandarkan kapal karena lebih enteng dan tahan terhadap tegangan. Biasanya ujung ini panjangnya 6 fathom atau 6 x 1,83 meter. Ukuran standar dari tali dalam perdagangan adalah fathom. Untuk panjang tali di Inggris adalah 120 fathom sedangkan di Amerika mempunyai ukuran panjang 200 fathom. Di negara-negara Eropa maupun Asia dimana berlaku sistem metrik panjang tali dalam perdagangan adalah 220 meter. Namun harap diingat bahwa 220 meter adalah sama panjang dengan 120 fathon.

Tali Nylon yang berbahan PA (Polyamide) merupakan salah satu serabut sintesis. Menurut Klust (1983a), PA diproduksi dalam beberapa tipe yang berbeda sesuai dengan komponen kimia masing-masing serat sifat-sifatnya. Setiap tipe ditandai dengan suatu bilangan yang ditambahkan pada setiap nama umum dan penunjukkan jumlah atom karbon dalam komponen (monomer). Tipe PA yang umum di pasaran adalah PA 6.6 dan PA 6. Polyamide juga dikenal dengan nama dagang nylon.

Polyamide 6.6 mempunyai dua komponen, hexamethylene diamine dan adipic acid yang masing-masing mengandung 6 atom karbon. Serabut ini dikembangkan tahun 1935 oleh W.H. Carothers (USA) salah seorang ilmuwan terkenal dalam bidang ilmu kimia tentang macro molecules.

Dalam praktek, karena bentuk, permukaan dan warna tali PP Multifilament dan tali Nylon hampir sama banyak orang salah mengartikan tali PP Multifilament sebagai tali Nylon padahal keduanya adalah tali yang berbeda. Tali PP Multifilament terbuat dari serat Polypropylene sedangkan tali Nylon terbuat dari serat nylon. Dari segi harga tali nylon harganya lebih mahal tetapi punya keuntungan yaitu breaking load, ketahanan gesek, dan ketahanan gentak yang lebih baik. Selain itu tali nylon juga punya ketahanan terhadap panas yang lebih baik.

PT. Anugrah Sukses Marine adalah importir dan distributor tali Nylon / Nylon rope dari Korea merk Dong Yang dan Manho. Untuk informasi lebih lanjut, harga tali Nylon / Nylon rope silahkan hubungi kami di (021) 6919595.