Tali PP / Tali Polypropylene

Tali PP atau tali Polypropylene adalah sejenis tali tambang yang diproduksi dari bahan plastik polypropylene. Karena polypropylene adalah bahan turunan dari minyak, maka harga tali PP / tali polypropylene sangat bergantung pada harga minyak.

Proses produksi tali PP atau tali polypropylene adalah:

1) Biji plastik polypropylene diekstrusi sehingga menghasilkan serat / filament.

2) Filament dipilin menjadi strand.

3) Strand dipilin kembali menjadi tali.

Tali PP atau polypropylene sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu:

1) Tali Polypropylene Monofilament atau PP Mono

2) Tali Polypropylene Multifilament atau PP Multi

Keduanya mempunyai bahan dasar yang sama yaitu serat polypropylene. Yang membedakan keduanya adalah proses produksi dan ukuran serat yang dihasilkan dari proses produksi tersebut.

Tali Polypropylene monofilament (PP Mono) ukuran seratnya lebih besar sedangkan tali Polypropylene Multifilament (PP Multi) ukuran seratnya lebih kecil. Secara fisik, jika dipegang PP Mono mempunyai permukaan lebih kasar dan benangnya lebih besar besar, sedangkan PP Multi saat dipegang halus.

 

Breaking load tali PP Mono dan PP Multi hampir sama, tetapi tali PP Multi punya beberapa keuntungan dibanding PP Mono yaitu ketahanan terhadap gentakan dan gesekan yang lebih baik. Jadi walaupun dari segi harga tali PP Multi lebih mahal tetapi daya tahan yang lebih lama membuat banyak pemilik kapal memilih PP Multi untuk aplikasi menambat (mooring) dan menarik (towing) kapal mereka.

Karena secara fisik dan penampilan PP Multi bentuknya sama seperti tali Nylon, banyak orang menyebut PP Multi sebagai nylon, padahal mereka adalah tali yang berbeda. Tali Nylon dibuat dari serat Nylon, mempunyai breaking load dan ketahanan gesek yang jauh lebih baik, tetapi lebih berat dan harga lebih mahal dibanding PP Multi.

PT. Anugrah Sukses Marine adalah importir dan distributor tali PP Mono dan PP Multi di Indonesia. Kami adalah agen resmi tali PP merk Dong Yang dan Manho dari Korea.

Tali PP atau tali Polypropylene yang kami jual banyak dipakai di pasaran untuk aplikasi mooring (tali tambat), towing (tali tarik), lashing (mengikat barang), logging, perkebunan, tambang, jala jala, tangga, dekorasi, packing, kebutuhan industri dan rumah tangga lain.

Spesifikasi tali PP yang kami jual:

1) Tali Polypropylene Monofilament (Tali PP Mono)

Warna: Putih strip biru

Permukaan: kasar

Ukuran: variasi mulai dari 6mm s/d 144mm (cir 14”)

Panjang: +/- 220 Mtr/coil

Di air: Mengambang

2) Tali Polypropylene Multifilament (Tali PP Multi)

Warna: Putih polos

Permukaan: halus

Ukuran: variasi mulai dari 6mm s/d 96mm (cir 12”)

Panjang: +/- 220 Mtr/coil

Di air: Tenggelam

Untuk harga tali PP / harga tali polypropylene, katalog tali PP, dan informasi lain tentang tali PP / tali polypropylene silahkan hubungi marketing kami.