HOOK ATAU GANCO

Melanjutkan dari artikel sebelumnya, Hook dapat dibedakan dari beberapa jenis menurut faktor-faktor yang berbeda pula. Dari artikel sebelumnya telah ditulis jenis hook berdasarkan jenis penyambungnya. Dan anda juga telah tahu bagaimana memasang eye hook pada wire rope sling yang benar. Untuk itu sekarang kami akan menuju pembahasan tentang beberapa jenis hook lainnya, yaitu diantaranya :

 

 

JENIS HOOK ATAU GANCO MENURUT BENTUK DAN KEGUNAANNYA

Menurut bentuk dan kegunaannya, hook dapat dibedakan menjadi 11 macam jenis yaitu :

 

  • SLING HOOK

Sling hook dapat digunakan pada wire rope sling ataupun chain sling. Sling hook ini diaplikasikan di general industry atau semua industri yang membutuhkan wire rope sling dan chain sling untuk alat pengangkatan. berikut adalah gambar dari sling hook tersebut :

 

  • GRAB HOOK

Grab hook digunakan sebagai pemendek rantai agar sesuai dengan kebutuhan panjang rantainya di Lapangan. Grab hook ini juga digunakan pada berbagai macam industri yang menggunakan rantai sebagai peralatan pendukung pekerjaan. Berikut ini adalah contoh gambar dari Grab Hook tersebut :

 

  • FOUNDRY HOOK

Foundry Hook digunakan pada aplikasi pengecoran, yaitu khususnya pada industri konstruksi. Berikut ini adalah contoh gambar dari foundry hook tersebut :

 

  • SORTING HOOK

Sorting Hook ini digunakan pada aplikasi pengangkatan pipa-pipa, karena bentuknya disesuaikan dengan bentuk pipa. Sorting hook ini digunakan pada tiap industri yang memiliki pipa-pipa untuk pendukung pekerjaannya misalnya pemasangan pipa gas di jalan atau semacamnya. Berikut ini adalah contoh gambar dari Sorting Hook tersebut :

 

  • BARREL HOOK

Barrel Hook ini digunakan pada aplikasi pengangkatan drum-drum atau bisa juga disebut dengan barrel. Barrel Hook ini digunakan pada industri yang menggunakan Drum sebagai alat pendukung kegiatan pekerjaannya misalnya industri distribusi minyak atau semacamnya. Berikut adalah contoh gambar dari Barrel Hook tersebut :

 

  • SLIDING CHOCKER HOOK

Sliding choker hook ini digunakan untuk mengikat atau mengunci barang yang akan diangkat dengan posisi Choker ( Mencekik / mengikat ) agar tidak terjatuh. Hook jenis ini banyak digunakan pada industri-industri berat yang banyak mengaplikasikan Lifting Equipment. Berikut adalah contoh gambar dari Sliding Choker Hook tersebut :

 

  • ANCHOR LINE HOOK

Anchor Line Hook biasa digunakan untuk winch line dalam aplikasi menambat kapal. Anchor line Hook ini khusus digunakan hanya pada industri perkapalan. Berikut ini adalah contoh gambar dari Anchor line Hook tersebut.

 

  • SWIVEL HOOK

Swivel Hook adalah hook dengan penyambung yang memiliki poros sehingga dapat berputar saat mengangkat barang. hook ini didesign memiliki poros sebagai alat untuk menyeimbangkan beban saat berputar dan juga mempertahankan bentuk wire rope agar tidak cepat rusak. Hook ini dapat digunakan pada berbagai industri Lifting. Berikut ini adalah contoh gambar dari Swivel Hook tersebut :