KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TALI MANILA

Pada artikel kami sebelumnya, kami telah membahas tentang kelebihan dan kekurangan tali PP dan tali nilon. Dan pada artikel kami kali ini, kami akan coba untuk membahas tentang kelebihan dan kekurangan tali manila yang saat ini banyak digunakan orang-orang di berbagai bidang pekerjaan. Beberapa aplikasi yang biasa menggunakan tali manila sebagai alat bantunya yaitu diantaranya :

  • Perkapalan
  • Lashing
  • Logging
  • Cargo
  • Perlombaan
  • Dll.

Kelima aplikasi tersebut adalah sebagian bidang yang biasa menggunakan tali manila sebagai alat bantunya. Dan tidak menutup kemungkinan masih banyak lagi bidang pekerjaan dan kegiatan-kegiatan lingkungan yang menggunakan tali manila sebagai alat bantunya.

Sebelum kami masuk pada pembahasan kelebihan dan kekurangan tali manila ini, kami akan jelaskan sedikit tentang apa itu tali manila untuk menambah pengetahuan anda tentang tali manila ini. Tali manila adalah tali yang dibuat dari serat pohon sejenis pisang-pisangan yang dinamakan pohon abaca. Pohon jenis ini banyak dibudidayakan di Negara Fhilipina, sehingga tidak heran tali manila ini namanya diambil dari salah satu ibukota negara Fhilipina yaitu Manila.

Karena dibuat dari serat alami, tali manila ini dapat meregang hingga 25% dari panjang aslinya. Tetapi walaupun begitu setelah mengalami peregangan, tali manila tidak bisa langsung kembali pada ukuran aslinya tidak seperti tali nilon. Dan karena dibuat dari serat alami, tali manila juga memiliki karakteristik dapat menyerap air. Untuk itu inilah salah satu alasan kenapa tali manila banyak digunakan di lingkungan perkapalan.

Setelah kita mengetahui sekilas tentang tali manila ini, maka bahasan yang akan kami bahas selanjutnya adalah tentang kelebihan dan kekurangan tali manila ini. Tetapi untuk pembahasannya akan kami pisah, dengan alasan agar kalian dapat membacanya dengan mudah dan dapat menggolongkannya dengan mudah pula. Untuk bahasan pertama yaitu kami akan mulai dengan membahas kelebihan tali Manila.

 

KELEBIHAN TALI MANILA

Setiap yang diproduksi manusia pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Dan pada bahasan kami kali ini, kami ingin membahas tentang kelebihan tali manila. Kelebihan tali manila ini dapat anda asumsikan untuk mencari kecocokan apakah tali manila ini sesuai dengan kebutuhan anda atau tidak jika dilihat dari segi kelebihannya.

Karena yang menjadi kelebihan tali manila tentunya menjadi daya jual dari tali manila tersebut. Apa aja sih kelebihan tali manila ini?? penasaran kan??

Beberapa kelebihan tali manila yang tidak dimiliki jenis tali lainnya yaitu diantaranya adalah :

  • Harga yang murah
  • Lebih lentur ( tidak terlalu kaku )
  • Tidak mudah pecah
  • Tidak dapat meleleh
  • Menyerap air
  • Bentuk dan tampilannya terlihat natural dan klasik ( cocok untuk dekorasi ruangan )

Salah satu sifatnya yang menyerap air membuat tali manila ini banyak digunakan untuk pembuatan jala-jala dan tangga kapal. Karena walaupun dalam keadaan basah apalagi air laut memiliki kadar garam yang tinggi, tali manila masih sanggup mengatasinya dan dapat bertahan.

Setelah kita membahas tentang kelebihan dari tali manila ini, maka poin kami selanjutnya kami akan coba untuk membahas kekurangan dari tali manila.

 

KEKURANGAN TALI MANILA

Jika kita telah membahas kelebihan tali manila, maka ada baiknya kita juga membahas tentang kekurangan tali manila. Kekurangan tali manila ini dapat anda asumsikan dari segi hal-hal yang tidak sanggup dilakukan oleh tali ini. Sehingga jika salah satu atau beberapa hal tentang kekurangan tali manila ini ada pada aplikasi yang anda gunakan, maka kami sarankan untuk tidak menggunakan tali manila sebagai alat bantu aplikasi anda.

Karena jika anda nekat menggunakan tali manila ini jika tidak dapat mengatasi apa yang ada di aplikasi anda, tentunya akan membahayakan atau merugikan anda sendiri nantinya. Beberapa kekurangan tali manila yang harus anda perhatikan ini yaitu diantaranya adalah :

  • Rentan terhadap bahan kimia
  • Tidak memiliki nilai breaking load yang tinggi, sehingga tidak cocok digunakan untuk aplikasi lifting dan towing.
  • Nilai breaking loadnya dapat berkurang saat dalam keadaan basah.
  • Rentan terhadap sinar UV.

Nah sekarang kita sudah tau tentang kelebihan dan kekurangan tali manila ini. Jadi kami sarankan pada anda untuk memperhatikan dan lebih bijak dalam memilih tali manila untuk aplikasi anda. Jika anda membutuhkan tali manila sebagai alat bantu aplikasi anda, jangan ragu untuk menghubungi marketing staff kami di nomor 021 - 691 9595.

hubungi asmarines